JANGAN LAKUKAN LIMA HAL INI JIKA INGIN GINJAL ANDA SEHAT

Kebiasaan yg Dapat Merusak Ginjal - Bentuknya mirip biji kacang panjang terletak sempurna di bawah tulang rusuk kita, ginjal merupakan keliru satu organ penting dalam tubuh yg wajib selalu dijaga kesehatannya. Beberapa fungsi utama ginjal bagi tubuh termasuk detoksifikasi darah, menyaring limbah metabolisme yg dibuang melalui air seni , serta sebagai pengatur kadar air dalam tubuh serta membuangnya apabila terjadi kelebihan volume. Plus, ginjal juga berfungsi menjadi penampung air waktu tubuh memerlukannya.
Selain itu, organ penting ini pula membantu mengatur tingkat kalsium serta fostat dalam tubuh. Dalam kinerjanya, ginjal akan mengeluarkan hormone spesifik yang membantu mengatur fungsi tubuh misalnya tekanan darah serta pembentukan sel-sel darah merah atau eritrosit. Hal ini sangat penting sekali guna menyalurkan oksigen serta nutrisi-nutrisi yang diharapkan ke semua bagian tubuh.
Oleh karena itu, fungsi ginjal yang baik dan normal sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kerusakan dalam ginjal dapat ditandai dari gejala-tanda-tanda luar, yg paling umum termasuk merupakan perubahan warna dan jumlah urin, pusing-pusing, muntah, kurang darah, masalah pernafasan, acapkali merasa kedinginan tanpa sebab, gampang capek atau kelelahan, gatal-gatal kulit, bau ekspresi, serta sakit tiba-tiba yg bersumber menurut dalam tubuh, terutama di area ginjal. Lebih lanjut, ini dia beberapa hal yg seharusnya nir Anda lakukan agar kesehatan ginjal permanen terjaga:

1. Kurang Minum Air Putih
Kurang minum air putih telah terbukti  berdampak sangat tidak baik bagi kesehatan ginjal kita. Seperti telah disebutkan sebelumnya, galat satu fungsi penting ginjal merupakan buat menguras residu metabolism dalam tubuh dan mengatur produksi eritrosit. Ketika tubuh kekurangan asupan air putih, maka genre darah yg menuju ginjal akan terganggu lantaran darah menjadi lebih terkonsentrasi. Hal ini akan berdampak dalam menurunnya kinerja ginjal buat membuang racun dari pada tubuh, akibatnya terjadilah akumulasi racun yg bisa mengancam kesehatan kita.
National Kidney Foundation (NKF) merekomendasikan minum air putih minimal 10 – 12 gelas buat orang dewasa. Hal ini sangat bagus buat menjaga kesehatan ginjal permanen optimal serta menjaga tubuh tetap terhidrasi atau nir kekurangan cairan tubuh.
2. Konsumsi Kopi Berlebihan
Asupan kafein berlebih bisa menyebabkan gangguan hipertensi, yang pada akhirnya akan membuat ginjal bekerja terlalu keras. Hal ini lambat laun akan membuat ginjal sebagai rusak atau tidak mampu bekerja dengan semestinya. Menurut sebuah penelitian tahun 2002, yang diterbitkan dalam jurnal Kidney International (KI), disebutkan bahwa kafein sangat erat kaitannya menggunakan batu ginjal lantaran bisa mempertinggi ekskresi kalsium dalam urin.
Namun hal ini nir menimbulkan perkara kesehatan berfokus bila kafein dikonsumsi dalam dosis yang masuk akal atau tidak hiperbola. Dosis yg dianjurkan adalah 1-dua cangkir kopi serta 3 cangkir the kecil dalam sehari. Selain itu, disarankan juga buat mengurangi kafein menurut sumber-asal lain termasuk minuman ringan berenergi, coklat serta beberapa obat-obatan tertentu yg mengandung kafein.
3. Mengonsumsi Garam dalam Jumlah Tinggi
Terlalu poly mengonsumsi makan-makanan yg mengandung garam bisa mengakibatkan kerusakan serius dalam ginjal disertai dengan komplikasi kesehatan lainnya. Disebutkan bahwa ginjal melakukan metabolisme 95% dari sodium yang dikonsumsi lewat makanan. Sedangkan asupan sodium yang hiperbola dapat menyebabkan ketegangan berlebih yg justru jelek bagi kesehatan organ ginjal.
Dengan kata lain, mengonsumsi sodium pada dosis yang tinggi membuat ginjal bekerja lebih keras lagi untuk menghilangkan kelebihan garam pada tubuh. Akibatnya, hal ini menjadikan berkurangnya fungsi ginjal dan retensi air pada tubuh. Retensi air disisi lain dapat mempertinggi tekanan darah, yang selanjutnya semakin memperburuk kesehatan ginjal.
Lebih lanjut lagi, asupan garam berlebih dapat mempertinggi kadar protein urin, yg sebagai galat satu penyebab terjadinya penyakit ginjal. Asupan sodium harian yg direkomendasikan untuk kesehatan nir boleh melebihi dosis 5 gram. Satu sdt garam sekitar mengandung 6 gram sodium.
4. Mengonsumsi Alkohol
Mengonsumsi alcohol dalam dosis wajar sebenarnya tidak berdampak serius bagi kesehatan, namun jarang sekali seorang yg biasa mengonsumsi alcohol memperhatikan jumlah takaran yang diminumnya. Oleh karena itu, mengonsumsi alcohol usahakan tidak wajib dilakukan sama sekali. Minum alcohol berlebih sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama ginjal. Hal ini akan membentuk asam urat yg disimpan dalam renal tubulus serta mengakibatkan obstruksi tubular.
Jika telah demikian, maka yg bersangkutan mempunyai risiko tinggi terkena gagal ginjal. Selain itu, alcohol pula mengakibatkan dehidrasi sehingga mempengaruhi fungsi ginjal secara normal. Daripada mengonsumsi minum-minuman memabukkan yang justru tidak baik bagi kesehatan tubuh, sebaiknya dialihkan terhadap aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Boleh pula dengan belajar melakukan meditasi yg benar buat memperoleh kedamaian hati dan pikiran.

5. Kurang Tidur
Kurang tidur adalah masalah kesehatan generik yg berkaitan menggunakan cara hayati terkini yang telah berubah. Para ahli kesehatan menyarankan bahwa seorang wajib tidur menggunakan nyenyak setidaknya antara 6-8 jam sehari supaya tubuh tetap sehat secara holistik. Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi atau pemugaran dalam organ dan sel-sel dalam tubuh. Sehingga bila Anda kekurangan tidur, maka proses regenerasi ini akan terhambat. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan ginjal serta organ-organ lainnya pada tubuh. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kurang tidur pula bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis (penyumbatan pembuluh darah).

Comments