CEK KECEPATAN FLASHDISK KAMU DENGAN 5 SOFTWARE HEBAT BERIKUT INI

Pernahkah engkau merasa jengkel waktu sedang mengcopy sebuah arsip ke flashdisk kamu terasa sangat lambat? Apalagi arsip nya itu berukuran sangat besar sampai bergiga-giga, tentunya hal ini akan membuatmu sangat kesal menunggu karena menghabiskan poly saat yg berhargamu kan. Sebenarnya berapa si kecepatan flashdisk yang kamu punya? Belum tahu? Yuk simak cara cek kecepatan USB Flashdisk engkau dengan 5 aplikasi berikut ini.



Cara Cek Kecepatan Flashdisk

USB Flashdisk tidak mempunyai kecepatan yang sama. Antara USB 2.0 dan USB 3.X tentunya memiliki kecepatan yang tidak selaras. Ada kalanya di antara flashdisk menggunakan jenis dan brand yang sama akan mempunyai perbedaan kecepatan baca dan tulis yg signifikan. Memang bila dilihat secara kasat mata kamu nir akan menemukan perbedaannya, perbedaan itu akan terlihat hingga engkau benar-benar menggunakannya.

Oleh karena itu nir ada salahnya bagi engkau buat menguji kecepatan flashdisk yang kamu punya. Proses pengujian inilah yg dianggap "benchmarking". Prosesnya sendiri relatif gampang, siapapun bisa melakukannya. Kamu hanya perlu galat satu dari perangkat lunak berikut dan prosesnya relatif klik-klik saja loh. Lantas apa saja aplikasi yg dimaksud? Cek di bawah ini.

1. USB Flash Benchmark

Dibanding software pengecek kecepatan USB lain, USB Flash Benchmark inilah yang dari saya paling ideal. Mengapa nir, perangkat lunak ini akan menguji kecepatan flashdisk engkau dengan sangat lebih jelasnya serta menyeluruh hingga ke akar-akarnya loh.


Dengan tampilan yang sangat sederhana menciptakan USB Flash Benchmark ini sangat ringan serta efektif. Hebatnya lagi, hasil uji kecepatan flashdisk engkau dapat diunggah dan dibagikan melalui tautan yg dapat engkau lihat hasilnya di situs resminya loh. Pasti deh aku yakin kamu akan mengacungkan jempol sesudah menggunakan aplikasi ini.

Download - USB Flash Benchmark (Gratis)

2. USBDeview

Diurutan kedua ada USBDeview. USBDeview adalah salah satu aplikasi penguji kecepatan flashdisk yang dikembangkan oleh Nir Sofer berdasarkan NirSoft, sebuah perusahaan yang telah menciptakan lebih berdasarkan 100 perangkat lunak portable gratis.


Apa yg bisa dilakukan oleh USBDeview? Dari namanya saja kita memahami bahwa software ini bisa menampilkan detail flashdisk yang kamu miliki. Lebih lengkap software ini memiliki fitur:
  • Menampilkan seluruh perangkat USB yg terhubung.
  • Menampilkan seluruh perangkat USB yg telah terhubung sebelumnya.
  • Menampilkan detail rincian penghasil pengembang USB.
  • Aktifkan, nonaktifkan, atau mencopot pemasangan perangkat USB.
  • Menjalankan tes kecepatan perangkat USB.

Dari fitur yg ditawarkan, USBDeview tentunya nir kalah saing menggunakan perangkat lunak yang lain kan. Kamu jua mampu mempublikasikan hasil uji kecepatan dengan aplikasi ini tentunya.

Download - USBDeview (Gratis)

3. Parkdale

Pernahkan engkau mendengar nama perangkat lunak ini sebelumnya? Tidak? Ya, memang Parkdale ini adalah aplikasi yang kurang terkenal. Mungkin lantaran namanya mirip sama salah satu kuliner khas Indonesia kali ya wkwkwk.


Tapi jangan galat, walaupun kurang populer tapi perangkat lunak ini memiliki tiga fitur yg keren loh. Fitur QuickAccess, FileAccess serta BlockAccess bisa kamu manfaatkan buat mengecek kecepatan flashdisk engkau .

Caranya pun cukup mudah, disini saya mencontohkan memakai fitur QuickAccess. Pilih ukuran file size (1GB secara default), ukuran blok (abaikan saja 64 kByte), lalu klik start. Untuk flashdisk ukuran mini misalnya flashdisk berukuran dua-4 GB, arsip size cukup 100 MB saja.

Download - Parkdale (Gratis)

4. Check Flash

Berbeda dengan perangkat lunak penguji kecepatan flashdisk yang lain, Check Flash tidak dapat melakukan pengujian flashdisk dengan satu klik saja. Apakah sulit digunakan? Tidak sama sekali. Tapi jika kamu benar-sahih menginginkan hasil yang cepat, engkau relatif dengan memakai USB Flash Benchmark atau USBDeview saja.


Check Flash memiliki fitur:
  • Tiga mode pengujian: File Temp, Logical Drive, dan Physical Drive.
  • Penguji tes kecepatan baca dan tulis: Small pattern set, full pattern set, write pattern, dan verify pattern.
  • Empat pengujian panjang: One full pass, Burn it!, Manual, dan Until first error found.

Tingkat pengujian menggunakan Check Flash ini membutuhkan ketika yang cukup usang. Terkadang sanggup mencapai ketika hampir 30 mnt. Oleh karenanya, saya hanya merekomendasikan Check Flash ini apabila kamu menginginkan output yang lebih seksama.

Download - Check Flash (Gratis)

5. Crystal Disk Mark

Yang terakhir terdapat Crystal Disk Mark. Software ini dapat pula dipakai buat mengecek kecepatan HDD dan SSD. Namun sayangnya, output yang diberikan tidak sedetail dan seinformatif misalnya software yg lainnya.


Fitur krusial yg dimiliki Crystal Disk Mark:
  • Menggunakan implementasi DiskSpd Microsoft (open source).
  • Empat jenis uji: Seq Q32T1, 4K Q32T1, Seq, dan 4K.
  • Passes per test antara 1-9.
  • File size per test antara 50 MB hingga 32 GB.
  • Random Data and Zero Fill.

Download - Crystal Disk Mark (perdeo)

Yup, itulah kelima aplikasi hebat yang sanggup engkau pakai buat mengecek kecepatan flashdisk yang kamu punya. So, bagi engkau yg berencana ingin membeli flashdisk usahakan lakukan pengujian dulu menggunakan keliru satu dari lima perangkat lunak di atas ya, izin nggak galat beli wkwkwk.

Oke sekian serta terima kasih.

Original written by Saikat Batsu on March 6, 2009.

Comments