CARA MENULIS TULISAN ARAB DI MICROSOFT WORD ITU TERNYATA MUDAH LOH

Menulis alfabet Arab pada komputer khususnya dalam pelaksanaan Microsoft Word adalah hal yang sangat gampang dilakukan. Bagi engkau seseorang guru yang kebetulan mau mengetik soal bahasa Arab atau bagi mahasiswa/pelajar yg punya tugas ngetik hadits Nabi sekarang nir perlu resah lagi jika kamu sudah mengetahui caranya dalam artikel ini.


Sebenarnya telah banyak yg share tutorial menulis goresan pena Arab pada internet, tetapi sesudah saya periksa satu persatu pembahasan mereka sepertinya kurang lengkap. Maka dari itu dengan artikel ini aku akan mencoba mengungkapkan pulang sekaligus melengkapi apa yang kurang menurut pembahasan yang mereka sampaikan.

Sebelum masuk ke bagian tutorial, krusial aku beritahukan bahwa saya menggunakan Windows 10 dan Microsoft Word 2016. Tapi bagi pengguna Windows serta Word yg lain jangan berkecil hati ya, karena informasi baiknya pada Windows serta Word versi apapun ternyata tutorialnya sama misalnya yang akan saya jelaskan. Yang membedakan hanyalah berdasarkan penempatan pengaturan berdasarkan masing-masing Windowsnya saja.

Oke tanpa perlu berlama-usang lagi, berikut tutorialnya.

Cara Menulis Tulisan Arab pada Microsoft Word

1. Setting Bahasa Arab Pada Windows

Langkah pertama adalah mengatur terlebih dahulu bahasa yg dipakai pada Windows. Nah disinilah yang saya maksud pada atas. Saya memakai Windows 10, maka dari itu saya akan menjelaskan cara menulis arab di word windows 10.

Untuk pengguna Windows versi lain mungkin akan sedikit berbeda penempatan settingannya, akan tetapi intinya merupakan sama, yaitu menambahkan bahasa Arab dalam pilihan bahasa Windows yang dipakai.

Pertama, pulang ke Control Panel serta Pilih Clock, Language, and Region.

Disini kita akan dihadapkan pada 3 pilihan, Date and Time, Language, serta Region. Pilih Language buat melanjutkan.

Nah disana akan terlihat bahasa apa yg telah dipakai dalam Windows. Terlihat pada gambar bahwa saya hanya menggunakan Bahasa Indonesia sebelumnya. Untuk menambahkan bahasa Arab, klik Add a language.


Untuk menambahkan bahasa Arab, cari bahasa yang bernama Arabic. Pilih bahasa Arabic dan klik Open. Sebenarnya nir cuma bahasa Arab, bahasa yang lain juga mampu ditambahkan apabila engkau mau.


Disana akan ditampilkan aneka macam pilihan sesuai negara yang menggunakan bahasa Arab menjadi bahasanya. Untuk lebih universal, sebaiknya kita pilih yang Arabic (Saudi Arabia). Jika telah, klik Add.


Nah maka bahasa yg digunakan Windows akan bertambah menggunakan bahasa Arab.

Buka Software On Screen Keyboard

On Screen Keyboard merupakan aplikasi bawaan berdasarkan Windows. Kamu tidak perlu repot mencari serta mendownload aplikasi menulis arab di komputer yg lain.

Buat apa si perangkat lunak ini? On Screen Keyboard adalah keyboard pada bentuk digital. Jadi, mampu dipakai menjadi pengganti keyboard. Software ini otomatis menyesuaikan karakter alfabet sinkron bahasa yang dipilih. Jadi, dengan perangkat lunak ini engkau sanggup tahu dimana letak huruf-alfabet Hijaiyah pada keyboard.

Buka aplikasi tadi dengan cara, tekan tombol Windows pada keyboard, ketikkan "On Screen Keyboard" tanpa pertanda petik, lalu tekan Enter. Seperti inilah tampilan On Screen Keyboard dengan bahasa Indonesia.


Buka perangkat lunak Microsoft Word

Karena yg dibahas dalam artikel ini merupakan cara menciptakan tulisan arab pada microsoft word, maka silahkan buka Microsoft Word-nya masing-masing dan buatlah sebuah dokumen baru. Bagi pengguna word 2007, 2010, 2013, serta 2016 semuanya sama, tidak ada perbedaan sama sekali.


Sebenarnya nir wajib selamanya pada Microsoft Word, menulis arab pada software lain juga sanggup. Seperti Notepad atau aplikasi sejenisnya yg mampu digunakan buat mengetik.

Mengganti Bahasa Windows ke Bahasa Arab

Untuk membarui/beralih bahasa Windows ke bahasa Arab, caranya klik icon language di Taskbar. Dan pilih bahasa Arabic yg sudah ditambahkan pada langkah awal tadi.


Bisa juga menggunakan memakai shortcut (pintasan) dalam keyboard. Caranya simple, relatif menggunakan tekan Windows+Space secara bersamaan, maka bahasa akan otomatis terganti.

Mulai Mengetik Arab di Word

Ketika bahasa Windows diganti ke bahasa Arab, maka otomatis software On Screen Keyboard akan menyesuaikan karakter hurufnya mengikuti bahasa yg dipilih, yakni bahasa Arab.


Disini saya akan mencontohkan cara membuat goresan pena bismillah pada microsoft word.

Cara mengetiknya bisa menggunakan mengklik alfabet yg ada pada On Screen Keyboard, sanggup pula dengan keyboard laptop/personal komputer dengan memperhatikan letak huruf Hijaiyahnya dalam On Screen Keyboard. Saya lebih menyarankan menggunakan keyboard laptop supaya kita terbiasa dan secara nir sadar akan hafal sendiri dimana letak masing-masing huruf Hijaiyah.

Berikan spasi dalam setiap kata yg sudah paripurna. Jika tidak, maka satu kata menggunakan istilah lainnya akan kontiniu.


Font yg aku pakai dalam model pada atas adalah Arabic Typesetting. Silahkan download di bawah ini bila dirasa kamu membutuhkannya.

Download Arabic Typesetting (Gratis)

Memberikan Harakat serta Tanda Baca dalam Tulisan

Untuk memberikan harakat dan tanda baca, caranya merupakan pada software On Screen Keyboard, klik Shift. Maka karakter yang semula alfabet Hijaiyah, akan berganti dengan beberapa harakat serta pertanda baca. Silahkan beri harakat dalam goresan pena Arab basmallah yang sudah dibentuk tadi.


Disana nir terdapat salah satu harakat yg diperlukan, misalnya dalam alfabet Mim pada kata Ar-Rohman.

Huruf Mim pada kata tersebut seharusnya menggunakan harakat Mad Fathah atau Alif Khanjariah. Tetapi, dalam On Screen Keyboard nir terdapat indikasi baca tadi.

Cara menemukan harakat Alif Khanjariah juga harakat/indikasi baca lain yg nir ada pada Screen Keyboard merupakan menggunakan memanfaatkan Symbol dalam menu Insert yg disediakan sang Microsoft Word.

Pada pilihan menu Insert, klik segitiga terbalik dalam menu Symbol. Kemudian klik More Symbols buat menampilkan seluruh symbol yang disediakan.


Pada kotak Subset, pilih pilihan menu Arabic. Sedangkan dalam kotak Font, pilih (normal text). Silahkan kamu cari Harakat dan tanda baca yang diperlukan. Untuk Alif Khanjariah, Unicode name-nya merupakan Arabic Letter Superscript Alef. Apabila sudah ketemu klik Insert serta dilanjut dengan Close.


Jika kamu melakukannya dengan sahih, maka alfabet Mim dalam istilah Ar-Rohman telah ada harakatnya.

Cara Menyalin Tulisan Arab di Word

Bagian terakhir yang perlu aku tambahkan adalah cara copy paste goresan pena Arab di Word agar tidak terbalik.

Jika pada tulisan biasa/latin cukup dengan cara kuno (Ctrl+C dan Ctrl+V), maka dalam tulisan Arab ini relatif sedikit tidak selaras caranya.

Sebagai model, aku akan menyalin ayat ketiga menurut surat Al-Ikhlas menurut website tafsirq.

Blok ayatnya terlebih dahulu. Kemudian klik kanan serta pilih Copy.


Kemudian pada Microsoft Word, pastikan jenis font yg dipilih sudah mendukung karakter bahasa Arab. Atur juga Paragraph sebagai Align Right (dari kanan ke arah kiri).


Terakhir pada icon Paste, klik tanda panah ke bawah. Disana terdapat tiga pilihan Paste, yakni Keep Source Formatting, Merge Formatting, serta Keep Text Only. Silahkan kamu klik Keep Text Only.


Maka menggunakan cara copy paste tulisan Arab tersebut, ayat output copy paste tidak akan mungkin terbalik.
Demikianlah artikel cara menulis goresan pena Arab pada Microsoft Word ini. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa membantu dan memberikan manfaat. Apabila ada yg ingin ditanyakan atau kritik silahkan tuangkan melalui komentar di bawah, akan aku tunggu dengan senang hati. Terima kasih.

Comments