CARA MENGGUNAKAN VPN DI ANDROID TANPA ROOT SECARA GRATIS

Cara menggunakan VPN di Android tanpa root secara gratis. Apa itu VPN? Singkatnya VPN (Virtual Private Network) adalah membuat suatu jaringan yg bersifat privat pada dalam suatu jaringan yang bersifat publik (internet). Dengan VPN ini, setidaknya kamu bisa mendownload aplikasi yg nir tersedia pada negara engkau , permanen kondusif bermain media umum di Wifi publik, buat internet gratis bisa, serta masih poly lagi yang sanggup engkau manfaatkan dengan VPN ini.
Lalu bagaimana si cara memakai VPN pada android? Ada tiga cara yg bisa kamu lakukan. Ketiga cara tadi antara lain menggunakan memanfaatkan fitur VPN bawaan android, memakai pelaksanaan Open VPN Connect, serta menggunakan aplikasi ketiga buat android. Semuanya akan aku jelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

1. Memanfaatkan Fitur VPN Bawaan Android

Android mempunyai dukungan terintegrasi buat VPN jenis PPTP serta L2TP. Tentunya engkau dapat terhubung ke jenis VPN ini tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga manapun.

Sebelum masuk ke tutorial penggunaan, kamu wajib membuat akun VPN PPTP terlebih dahulu pada website penyedia layanan VPN misalnya tcpvpn.com, freevpn.us, sshwus.com, serta lain-lain. Berikut cara menciptakan akun VPN PPTP di situs Tcpvpn.

Pertama, buka web www.tcpvpn.com. Disana akan tersedia beberapa server yg sanggup engkau pilih di antaranya Server Asia, Eropa, serta Amerika. Saya sarankan jika engkau menginginkan koneksi yg cepat serta stabil, pilih Server Asia dengan negara Singapore.

Setelah memilih negara Singapore, pilih pada tab PPTP VPN serta pilih server mana yang akan kamu gunakan. Sampai saat artikel ini dibentuk, tersedia 6 server Singapore yang sanggup dipilih. Create Username and Password untuk melanjutkan.

Isikan username serta password sinkron keinginan engkau . Jika telah, klik Create Premium Account.

Catatlah IP, Username serta Password buat dipakai pada proses selanjutnya. Perlu diketahui membuat akun VPN pada website tcpvpn hanya berlaku selama lima hari. Apabila telah lewat lima hari, kamu tinggal ulangi cara di atas menggunakan menggunakan username yg tidak sama.

Nah, jika sudah mempunyai akun saatnya untuk mengkoneksikan akun VPN tadi menggunakan fitur bawaan android. Caranya, pulang ke Setelan >> Selengkapnya/Lainnya >> VPN.

Klik dalam Menambahkan profil VPN serta isi data-data yang ada sesuai akun yang telah dibuat tadi, perhatikan serta ikuti prosesnya sesuai pada gambar di bawah. Kalau sudah, klik OK.

Nah buat mengkonekannya, klik dalam tulisan VPN serta tunggu hingga VPN terhubung.

Jika sudah terhubung, kita akan mengecek apakah server dari jaringan kita sudah berganti atau belum. Untuk mengeceknya, buka browser serta masuk ke web whatismyip.com.

Selamat, kini engkau telah bisa menggunakan VPN di android kamu.

2. Menggunakan Open VPN Connect

Cara yg ke 2 yang mampu engkau manfaatkan buat mampu mengkoneksikan VPN di android adalah dengan bantuan aplikasi Open VPN Connect. Download serta install aplikasi tersebut di Google Play Store juga pada website resminya, atau jika kamu nir mau ribet klik pada tautan pada bawah.


Sama misalnya cara pertama, kamu diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Di samping akun, engkau jua wajib mempunyai sebuah Config buat Open VPN Connect ini. Config ini umumnya sudah disediakan sang website penyedia VPN.

Oke untuk cara membuat akun untuk Open VPN Connect caranya sama saja seperti cara yang pertama. Buka website Tcpvpn serta pilih server serta negara mana yang akan dipakai. Kali ini saya mencontohkan untuk memakai negara United States.

Yang membedakan dengan cara menciptakan akun yang pertama adalah pada tab yg dipilih. Apabila dalam cara pertama engkau pilih tab PPTP, maka pada cara ke 2 ini kamu pilih tab OpenVPN TCP atau OpenVPN UDP. Saya lebih menyarankan OpenVPN UDP lantaran sinkron pengalaman aku OpenVPN UDP ini koneksinya lebih unggul dibanding OpenVPN TCP, walaupun aku belum mengetahui letak disparitas keduanya :D.

Silahkan kamu download config Open VPN terlebih dahulu kemudian extract. Selanjutnya buatlah akun seperti cara yang pertama serta catat Username serta Passwordnya.


Oke sesudah terselesaikan membuat akun, saatnya kita hukuman. Buka pelaksanaan OpenVPN Connect yang telah diinstall. Sentuh pada bulatan tiga menurun di pojok kanan atas serta pilih Import lalu pilih Import Profile from Sekolah Dasar card.


Carilah lokasi dimana kamu menyimpan config Open VPN yang telah kamu download serta extract tadi. Sudah ketemu? pilih pada us-udpvpn.com-25000.ovpn serta sentuh Select.


Masukkan username serta password yang telah kamu buat. Centang Save untuk menyimpan password serta terakhir sentuh Connect. Apabila timbul Select Certificate, pilih Continue.


Seperti inilah tampilan Open VPN jika sudah terhubung.


Terakhir cek server negara kamu apakah sudah terkoneksi dengan VPN atau belum.


3. Menggunakan Aplikasi Layanan VPN Android

Cara yang terakhir yang bisa digunakan untuk menghubungkan android kamu dengan VPN adalah dengan menggunakan aplikasi yang bertebaran di internet. Mungkin cara inilah yang paling umum digunakan oleh para pengguna VPN karena yang sangat mudah serta simpel dalam proses penggunaannya.

Aplikasi VPN untuk android sangat banyak, dari mulai yang gratis hingga berbayar. Untuk yang gratis, saya mempunyai beberapa rekomendasi untuk kamu gunakan. Di antaranya VPN Master, Turbo VPN, Touch VPN, serta Psiphon VPN. Di bawah ini saya akan jelaskan cara penggunaan Turbo VPN.

Pertama, tentunya kamu harus mendownload serta install Turbon VPN ini. Silahkan pergi ke Google Play Store serta cari turbo VPN, atau klik pada tautan di bawah ini.

Download Turbo VPN (Gratis)

Buka Turbo VPN serta sentuh gambar dunia di pojok kanan atas.


Pilih server negara mana yg akan kamu pakai. Disini aku mencontohkan menggunakan negara Canada.

Sentuh Oke untuk melanjutkan serta tunggu hingga berhasil terhubung.


Oke serta seperti biasa kamu cek apakah android kamu sudah terhubung dengan VPN atau belum.

Kekurangan dari cara ketiga ini merupakan berdasarkan kecepatan koneksi internet. Karena jika saja ada satu juta orang yang mengunduh aplikasi layanan vpn, maka otomatis juga ada satu juga orang yang mengakses server yang sama yang disediakan oleh layanan vpn tersebut. Sehingga server akan penuh serta mengakibatkan akan menurunnya kecepatan internet.

Oke begitulah cara memakai VPN pada android tanpa root. Silahkan kamu pilih salah satu cara yang menurut kamu paling enak digunakan. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan share artikel ini ya. Selamat mencoba serta semoga berhasil.

Comments