3 CARA MUDAH MENGGUNAKAN SSH DI PC WINDOWS

Tidak misalnya Linux serta Ubuntu, sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH pada dalamnya. Tidak diketahui mengapa pihak developer Windows memutuskan demikan.

Untuk itu supaya Anda dapat memakai SSH di PC khususnya Windows, mau nir mau Anda wajib mencari cara lain supaya Anda bisa melakukan hal itu.


Terdapat 3 cara menggunakan SSH pada PC yg mampu Anda coba lakukan. Di antaranya yakni menggunakan perluasan FireSSH di Waterfox serta ekstensi Secure Shell pada Google Chrome, serta memasang aplikasi Putty.

Bagaimana disparitas penggunaan berdasarkan ketiga cara tersebut? Akan saya jelaskan.
  • Jika Anda lebih menyukai serta berencana buat menggunakan SSH hanya dalam browser Anda, maka pilihlah FireSSH buat Firefox atau Secure Shell buat Chrome.
  • Jika Anda ingin memakai software SSH yg powerfull menggunakan antarmuka serta konfigurasi yang lengkap, pakai Putty. Putty adalah perangkat lunak yg paling populer buat mengkoneksikan SSH di PC karena kemudahannya.

Perlu diketahui buat bisa menggunakan SSH di PC, Anda wajib terlebih dahulu mempunyai akun SSH. Apabila Anda sudah mempunyainya silahkan lanjut ke tutorial, jika belum Anda bisa baca cara membuat akun SSH ini.

Cara Menggunakan SSH di PC Windows

Memakai FireSSH pada Waterfox

Waterfox serta Firefox selama ini memang dikenal dengan ekstensi serta plugin-plugin tambahannya yang powerfull, serta ekstensi FireSSH merupakan keliru satu antara lain.

Akan tetapi FireSSH ini hanya dapat Anda pasang dalam Waterfox, tidak dapat Anda pasang dalam Firefox. Mungkin seiring perkembangan kemajuannya, FireSSH akan dapat Anda pasang di Firefox maupun pada poly peramban web yang lain.

Download Waterfox (Gratis)

Oke saya anggap Anda telah memasang Waterfox yang telah terpasang ektensi FireSSH di dalamnya.

Buka browser Waterfox Anda, klik tombol pilihan menu Waterfox serta arahkan ke Web Developer. Cari serta pilih FireSSH buat menjalankannya.

Pada tampilan FireSSH akan masih ada dua pilihan menu tab, yaitu Main serta Advanced. Pada tab Main, silahkan Anda isi semua kotak yang ada menggunakan fakta akun SSH yang Anda punya yg telah Anda buat sebelumnya.

Kemudian dalam tab Advanced, Anda mampu mengatur tunneling SSH supaya Anda bisa terkoneksi dengan SSH server.


Ada beberapa keuntungan jika Anda telah terhubung dengan SSH, di antaranya akan mencegah malware yang masuk melalui Wifi publik, mengakses sumber daya dari jarak jauh di jaringan lokal, melewati pemfilteran web, serta dapat menjelajah internet seolah-olah Anda sedang berada di negara lain.

Memasang Secure Shell pada Google Chrome

Cara memakai SSH pada PC selanjutnya merupakan dengan memasang ekstensi Secure Shell dalam Google Chrome. Secure Shell sendiri merupakan pelaksanaan web resmi yang dikembangkan sang pihak Google.

Silahkan Anda cari pasang terlebih dahulu Secure Shell ini pada Chrome Web Store.

Untuk menjalankan Secure Shell, klik pada ikon Apps pada Chrome. Anda akan menemukan beberapa pelaksanaan yang sudah terpasang, termasuk Secure Shell keliru satu di antaranya.


Setelah Secure Shell terbuka, silahkan Anda isi kembali kotak-kotak yang ada dengan akun SSH milik Anda dengan memasukkan nama pengguna serta nama host (alamat IP). Anda juga dapat menambahkan argumen baris perintah SSH tambahan jika perlu.


Tidak misalnya FireSSH, Secure Shell ini mempunyai kekurangan yang relatif besar . Yakni Anda tidak bisa mengatur SSH tunneling. Sungguh sangat disayangkan sekali buat aplikasi sekelas besutan Google.

Memanfaatkan Software Putty

Seperti halnya cara memakai ssh di android yang memanfaatkan pelaksanaan bernama KPN Tunnel Revolution, menggunakan ssh pada PC juga mampu memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Putty.

Putty adalah software tunneling SSH paling populer buat Windows waktu ini.

Software ini bersifat open source (gratis), serta bahkan Anda tidak perlu menginstallnya karena sudah tersedia versi portabelnya.

Download Putty (Gratis)

Hal yg mungkin akan Anda keluhkan pada waktu pertama kali memakai Putty merupakan antarmukanya yg tampak relatif sedikit rumit. Namun Anda akan mencicipi kemudahannya setelah Anda mulai menggunakannya.

Untuk mulai menggunakan SSH pada Putty, Anda hanya perlu menjalankan softwarenya, lalu masukkan Host Name (or IP address) sesuai dengan akun SSH yang Anda punya, serta klik Open. Putty akan terhubung ke server serta meminta Anda untuk mengisi username serta password Anda.


Jika Anda tanya saya lebih menentukan memakai SSH atau memakai VPN, aku lebih merekomendasikan Anda menggunakan VPN pada PC. Kenapa? Salah satu alasannya adalah merupakan lantaran memakai VPN jauh lebih gampang dibanding SSH.

Nah itulah 3 cara menggunakan SSH di PC gratis yg mampu aku sampaikan. Saya harap artikel ini mampu membantu Anda yang sedang mencari tutorial connect SSH lewat PC khususnya buat Windows. Oke seperti biasa, silahkan tambahkan, saran atau bahkan rekomendasi cara lain yg mungkin Anda ketahui, saya tunggu melalui kolom komentar pada bawah. Terima kasih.

Comments