UPDATE RPP K13 KELAS 4 TEMA 4 EDISI REVISI

Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi

Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan menurut silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah.
Pada dasarnya setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa buat berpartisipasi aktif, serta menaruh ruang yg cukup bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandirian sinkron menggunakan bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan sebelum atau pada awal semester atau juga bisa disusun dalam awal tahun pelajaran dimulai, tetapi yg paling perlu diperbaharui sebelum aplikasi pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa dilakukan sang pengajar secara mandiri serta/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah. 

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, serta disupervisi oleh dinas pendidikan atau tempat kerja Kementerian Agama setempat.

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, taraf intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan spesifik, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada siswa buat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, ilham, penemuan, serta kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yg dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik serta tindak lanjut RPP memuat rancangan program anugerah umpan kembali positif, penguatan, pengayaan, serta remedi.
  6. Penekanan dalam keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, serta asal belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi keterangan dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, serta efektif sinkron menggunakan situasi serta syarat.
Sesuai dengan pedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:
  1. identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. kelas/semester,
  4. materi pokok,
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan buat pencapaian KD dan beban belajar menggunakan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yg tersedia dalam silabus dan KD yang wajib dicapai,
  6. tujuan pembelajaran yg dirumuskan menurut KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang bisa diamati dan diukur, yang meliputi: sikap, pengetahuan, serta keterampilan,
  7. kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi,
  8. materi pembelajaran, memuat: warta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk buah-buah sesuai menggunakan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. metode pembelajaran, dipakai sang pendidik buat mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar siswa mencapai KD yg disesuaikan dengan ciri siswa dan KD yg akan dicapai,
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran buat menyampaikan bahan ajar,
  11. sumber belajar, bisa berupa: buku, media cetak dan elektronika, alam sekitar, atau asal belajar lain yg relevan,
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, serta penutup, dan
  13. penilaian hasil pembelajaran
Sebagai citra konkret serta lebih kentara serta bermakna silahkan download materi Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi pada pilihan menu link download pada bawah ini:
RPP Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013
4.4.1.6. Jenis-jenis Pekerjaan.doc
RPP Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Kurikulum 2013
4.4.dua.4. Pekerjaan di Sekitarku.doc
4.4.2.lima. Pekerjaan pada Sekitarku.doc
4.4.2.lima. Pekerjaan pada Sekitarku.doc
RPP Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Kurikulum 2013
4.4.3.1. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.dua. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.tiga. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.tiga. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.tiga. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.4. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.4. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.lima. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
4.4.tiga.6. Pekerjaan Orang Tuaku.doc
RPP Khusus Literasi Sekolah Kelas 4 Tema 4 Kurikulum 2013
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 1.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. Dua.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. Tiga.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 4.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. Lima.doc
Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 6.doc
Demikian ulasan singkat materi Update RPP K13 Kelas 4 Tema 4 Edisi Revisi dengan harapan bisa membantu bapak dan ibu dan pengunjung yang pada kesempatan kali ini tepat pada situs kami. Kurang serta lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Link download lainnya:
Terima kasih sudah berkunjung senantiasa kami selalu berharap kunjungan anda berikutnya.

Comments