SOAL UAS KTSP KELAS 6 SEMESTER 1 DAN 2

Soal UAS KTSP Kelas 6 Semester 1 serta 2

Penilaian pendidikan merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi buat menentukan pencapaian output belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
  • Penilaian output belajar sang pendidik;
  • Penilaian output belajar oleh satuan pendidikan;
  • Penilaian hasil belajar sang Pemerintah.

Jenis Penilaian Hasil belajar

Penilaian hasil belajar bisa diklasifikasi berdasarkan cakupan kompetensi yang diukur serta target pelaksanaannya.

Jenis Penilaian Berdasarkan Cakupan Kompetensi yg Diukur

Sebagaimana dijelaskan dalam  PP. Nomor 19 tahun 2005 bahwa evaluasi output belajar sang pendidik terdiri atas ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

a. Ulangan Harian

Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik buat menilai/mengukur pencapaian kompetensi selesainya menuntaskan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk ulangan harian selain tertulis bisa jua secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.
Rekomendasi link kami: Panduan menyusun soal berpikir tingkat tinggi
b. Ulangan Tengah Semester

Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yg dilakukan sang pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sesudah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.cakupan ulangan tengah semester mencakup semua indikator yang merepresentasikan semua KD pada periode tersebut. Bentuk Ulangan Tengah Semester (UTS) selain tertulis bisa jua secara mulut, praktik/perbuatan, tugas dan produk.
Baca jua: soal-soal UTS Kelas 6 semester 1 serta 2
c. Ulangan Akhir Semester

Ulangan Akhir Semester  merupakan aktivitas yang dilakukan sang pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di akhir semester satu. Cakupan ulangan  akhir semester meliputi semua indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada semester satu. Ulangan akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  verbal, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

d. Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan kenaikan kelas  adalah aktivitas yg dilakukan sang pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi semua indikator yg merepresentasikan KD dalam semester tadi. Ulangan kenaikan kelas bisa berbentuk tes tertulis,  ekspresi, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas serta produk.
Baca jua: Soal-Soal Ulangan Kenaikan kelas SD/MI lengkap
Berikut ini adalah contoh latihan soal Ulangan Akhir Semester 1 serta 2 SD kelas 6.


Demikian ulasan singkat tentang materi Soal UAS KTSP Kelas 6 Semester 1 serta 2 semoga materi yang kami bagikan saat ini dapat dipergunakan sebagai bahan latihan oleh peserta didik, maupun dipergunakan guru dalam menyusun soal yang dapat sebagai acuannya.

Comments