RPP LITERASI KURIKULUM 2018 KELAS 4 TEMA 8 EDISI REVISI TERBARU

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru

Berikut merupakan keliru satu contoh RPP Literasi Kelas 4 Tema 8 dalam rendezvous ke 1, dan perlu dimengerti arsip yg kami bagikan di akhir pos ini merupakan merupakan 1 file yang berisikan 1 tema dan terdiri sejumlah rendezvous dalam tema 8 tadi, sehingga 1 arsip 1 tema.

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar/MI
Kelas / Semester
: 4 (Empat) / dua (Dua)
Tema
: 8. Daerah Tempat Tinggalku
Sub Tema
: 4. Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran Ke
: 1 (Satu)
Alokasi waktu
: 1 Hari

A.MATERI

  • Berbicara, membaca dan menulis.

B.KOMPETENSI INTI

  1. Menerima serta menjalankan ajaran kepercayaan yangdianutnya.
  2. Memiliki perilaku amanah, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri pada berinteraksi dengan keluarga,sahabat dan pengajar.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan caramengamati [mendengar, melihat, membaca] serta menanya dari rasa ingin tahutentang dirinya, makhluk kreasi Tuhan serta kegiatannya, serta benda-benda yangdijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual pada bahasayang jelas serta logis serta sistematis, dalam karya yg estetis pada gerakanyang mencerminkan anak sehat, serta pada tindakan yang mencerminkan perilakuanak beriman dan berakhlak mulia.

C.KOMPETENSI YANG DINILAI


No

Kompetensi

Keterangan

1
Pengetahuan 
Memahami teks lisan, tulisan, juga gambar/visual
2
Keterampilan
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis.
3
Sikap
Kemandirian dan percaya diri

D.DISKRIPSI KEGIATAN

Sekolah harusmenjalankan program menggunakan konsisten supaya kemampuan literasi anak didik dapatberkembang menggunakan baik. Guru akan membimbing siswanya buat aktivitas berbahasalisan, membaca pemahaman, dan menulis.

E.TUJUAN

  1. Dengan kegiatan membaca cerita, anak didik dapatmenyebutkan tokoh-tokoh pada teks bacaan.
  2. Dengan kegiatan membaca dan berdiskusi, siswadapat menyebutkan jenis pekerjaan sinkron loka hidup penduduk.

F.Media/ Alat BantuBelajar

Teks literasi berjudul Masohi, Selalu InginKembali.
G.PENDEKATAN & METODE

Pendekatan
Strategi
Teknik
Metode
Scientific

: Cooperative Learning

: Example Non Example

: Membaca, menulis, diskusi serta presentasi

H.KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.guru menaruh salam
2.kelas dilanjutkan menggunakan do’a dipimpin oleh keliru seseorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a merupakan siswa anak didik yg hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.siswa diingatkan buat selalu mengutamakan perilaku disiplin setiap ketika serta menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru menaruh penguatan mengenai pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.pembiasaan membaca 15 mnt dimulai menggunakan pengajar menceritakan mengenai kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, kuliner/minuman sehat , cerita wangsit serta motivasi . Sebelum membacakan kitab pengajar menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak anak didik mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·Apa yang tergambar dalam sampul buku.
·Apa judul buku
·Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·Pernahkan engkau membaca judul buku seperti ini
6.melakukan komunikasi  tentang kehadiran murid.
7.mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yg relevan.
8.guru menyiapkan fisik serta psikhis anak dalam mengawali aktivitas pembelajaran serta menyapa anak.
9.menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti

a.Kegiatan Berbahasa Lisan (15 mnt)
  1. Guru meminta seorang murid untuk merogoh galat satu benda yg dibawanya menurut rumah serta mendeskripsikannya di depan sahabat- temannya.
  2. Siswa lain diminta buat menyimak serta diberi kesempatan buat bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya tiga mnt saja
  4. Guru lalu meminta murid lain buat maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama buat anak didik ketiga.
  5. Guru menyebutkan pada semua murid bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada 3 orang yg maju ke depan kelas buat menggambarkan benda. 

b.Kegiatan Membaca Pemahaman (30 mnt)

  1. Ambil satu teks menurut Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 mnt.
  3. Pada kesempatan ini guru pula membaca teks yang sama. Partisipasi guru pada membaca sangat berguna bagi murid karena pengajar bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada sahabat disebelahnya. Guru berkeliling buat memastikan seluruh berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta murid buat menuliskan satu kata sulit pada potongan kertas kecil serta menempelkannya pada papan tulis (mampu jua pengajar meminta murid membicarakan istilah sulit kemudian pengajar menuliskannya pada papan tulis).
  6. Guru membahas satu istilah sulit menggunakan siswa. Pengajar bertanya kepada siswa, siapa yang mampu menemukan arti galat satu istilah sulit tadi.
  7. Siswa harus menyebutkan arti kata tadi. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya pengajar membahas kata sulit yg lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat istilah-kata sulit yg sudah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 mnt)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan pada kertas HVS yg dibagikan sang guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yg dilakukan dihari sebelumnya (bila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka anak didik harus mengingat kegiatan dalam hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa lalu menuliskan kegiatan yang dilakukannya tadi (berolahraga, ke tempat tinggal nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Pengajar mengingatkan anak didik buat menulis menggunakan mencantumkan apa yg dilakukan; siapa yg terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka waktu berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah aktivitas menulis selesai, guru sanggup meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
c.Kegiatan Menulis (30 mnt)
  1. Kegiatan menulis bisa dilakukan pada kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu aktivitas yg dilakukan pada hari sebelumnya (jika aktivitas menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa wajib mengingat aktivitas dalam hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yg dilakukannya tersebut (berolah raga, ke tempat tinggal nenek, berkebun, pergi ke kota, serta sebagainya). Guru mengingatkan murid buat menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yg terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, dan bagaimana perasaan mereka waktu berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis terselesaikan, guru bisa meminta setiap siswa buat membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

d.Bentuk Kegiatan Kelas

  1. Pada Kegiatan Berbasis Literasi: siswa diminta buat membaca cerita berjudul Masohi, Selalu Ingin Kembali.
Alternatif Kegiatan Membaca:

·Alternatif 1:

Siswa diminta membaca dalam hati (senyap). Pengajar menaruh waktu selama 5-10 mnt kepada anak didik buat membaca dan memahami isi bacaan.
·Alternatif dua:

Guru menunjuk satu murid untuk membacakan bacaan secara nyaring di depan kelas. Siswa diminta untuk memperhatikan artikulasi saat membaca. Siswa lain diminta buat menyimak.
·Alternatif 3:

Guru meminta beberapa siswa buat membaca bacaan tersebut dibaca.

  1. Kemudian, pengajar meminta siswa buat menjawab pertanyaan dalam buku siswa dari cerita yang telah dia baca.
150 menit
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan serta kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan kabar berdasarkan murid lainnya..
  4. Salam serta do’a epilog.

15 menit

I.SUMBER DAN  MEDIA

  1. Buku Pedoman Pengajar Tema 7 Kelas 4 dan BukuSiswa Tema 7 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Software Pengajaran Sekolah Dasar/MI buat kelas 4semester dua menurut JGC revsi 2017
  3. Teks berdasarkan “Aku Cinta Membaca”

J.PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasilpembelajaran dilakukan oleh pengajar buat mengukur taraf pencapaian kompetensipeserta didik. Hasil penilaian digunakan menjadi bahan penyusunan laporankemajuan hasil belajar serta memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadapmateri ini dapat dilakukan  sesuaikebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasilkarya/projek dengan rubrik evaluasi output karya atau menyesuaikan dengan pengajar.
a)Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan pembiasaan Literasi:

Penilaian Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                 :………..
3. Momen Spesial     :………….

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru


Mengetahui
Kepala Sekolah,




........................................
NIP. ..........................................
................, ..................... 2018
Guru Kelas IV,




........................................
NIP. ..........................................

Apabila ternyata terdapat pengunjung yg ketinggalan kereta, ech keliru belum ketemu yg sebelumnya silahkan kunjungi link berikut:


Download Link:   RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 8.docx
Semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 8 Edisi Revisi Terbaru ini bisa dipergunakan melengkapi administrasi pembelajaran khususnya guru kelas 4 dan biasanya dalam jenjang SD. Mohon maaf buat kelas yg lain sabar ya ?? Masih proses.

Comments