RPP LITERASI KURIKULUM 2018 KELAS 4 TEMA 7 EDISI REVISI TERBARU

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru

Dalam rangkamenumbuhkan budi pekerti murid, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuahgerakan yang diklaim Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yg bertujuanagar murid mempunyai budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaransepanjang hayat. 
 
Praktikpendidikan perlu berakibat sekolah sebagai organisasi pembelajaran supaya semuawarganya tumbuh menjadi pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah(GLS). Sebaga bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolag (GLS), makadiperlukan sebuah planning yang fundamental yang dilakukan sang pendidik sebagaibukti awal pelaksanaan gerakan tadi menggunakan menyusun Rencana PelaksanaanPembelajaran (RPP) spesifik gerakan Literasi sekolah.

Berikut iniadalah galat satu contoh materi yang kami bagikan dalam akhir model, danmerupakan materi yg terdapat pada tema 7 kelas 4 dalam pelaksanaanpembelajaran semester 2, serta perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikanmerupakan 1 (satu) arsip dalam 1 (satu) tema apabila di hitung secarakeseluruhan materi ini nantinya terdiri menurut 29 halaman. Simak sebagian materitersebut pada bawah ini!

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru

RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
: ...........................................................
Kelas/Semester
; 4 (Empat) / dua (Dua)
Tema
: 7. Inhdahnya Keragaman Negeriku
Sub Tema
: 4. Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran ke
: 1 (satu)
Alokasi Waktu
: 1 hari

A.MATERI

  1. Berbicara, membaca serta menulis.
B.KOMPETENSI INTI

  1. Menerima danmenjalankan ajaran agama yg dianutnya.
  2. Memilikiperilaku amanah, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, serta percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman serta pengajar.
  3. Memahamipengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] danmenanya menurut rasa ingin memahami tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya pada tempat tinggal , sekolah.
  4. Menyajikanpengetahuan faktual dalam bahasa yg kentara serta logis dan sistematis, dalamkarya yg estetis pada gerakan yg mencerminkan anak sehat, serta dalamtindakan yang mencerminkan konduite anak beriman serta berakhlak mulia.

C.KOMPETENSI YANG DINILAI


No
Kompetensi
Keterangan
1

Pengetahuan 

Memahami teks lisan, tulisan, juga gambar/visual
2
Keterampilan
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis.
3
Sikap
Kemandirian dan percaya diri

D.DISKRIPSI KEGIATAN

Sekolah harusmenjalankan acara menggunakan konsisten agar kemampuan literasi murid dapatberkembang menggunakan baik. Guru akan membimbing siswanya buat aktivitas berbahasalisan, membaca pemahaman, dan menulis.
E.TUJUAN

  1. Siswaterbiasa membaca, menulis dan berbicara
  2. Pengetahuansiswa semakin tinggi.
  3. Siswa mudahdalam tahu teks ekspresi, tulisan, juga gambar/visual.
  4. Siswamenegtahui nama suku, bahasa daerah dan kegiatan ekonomi masyarakat.

F.PENDEKATAN& METODE

Pendekatan
Strategi
Teknik
Metode
: Scientific
: Cooperative Learning
: Example Non Example
: Membaca, menulis, diskusi serta presentasi

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru

G.KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.guru memberikan salam
2.kelas dilanjutkan menggunakan do’a dipimpin sang galat seseorang murid. Siswa yg diminta membaca do’a adalah murid siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan anak didik/PPK).
3.siswa diingatkan buat selalu mengutamakan perilaku disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.pembiasaan membaca 15 mnt dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil keliru satu tokoh global, kesehatan, kebersihan, kuliner/minuman sehat , cerita inspirasi serta motivasi . Sebelum membacakan kitab pengajar menyebutkan tujuan kegiatan literasi dan mengajak anak didik mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·Apa yang tergambar pada sampul buku.
·Apa judul buku
·Kira-kira ini menceritakan mengenai apa
·Pernahkan engkau membaca judul kitab misalnya ini

6.melakukan komunikasi  mengenai kehadiran anak didik.
7.mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yg relevan.
8.pengajar menyiapkan fisik dan psikhis anak pada mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9.menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti

a.Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
  1. Guru meminta seorang anak didik buat merogoh keliru satu benda yg dibawanya menurut tempat tinggal dan mendeskripsikannya di depan sahabat- temannya.
  2. Siswa lain diminta buat menyimak dan diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seseorang murid buat berbicara dan menjawab pertanyaan hanya tiga mnt saja
  4. Guru lalu meminta siswa lain buat maju ke depan dan melakukan hal yg sama. Guru melakukan hal yg sama buat anak didik ketiga.
  5. Guru mengungkapkan pada seluruh anak didik bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yg sama. Setiap hari akanada 3 orang yg maju ke depan kelas buat menggambarkan benda.

b.Kegiatan Membaca Pemahaman (30 mnt)

  1. Ambil satu teks menurut Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah anak didik buat membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 mnt.
  3. Pada kesempatan ini pengajar jua membaca teks yang sama. Partisipasi guru pada membaca sangat berguna bagi anak didik lantaran guru mampu dijadikan contoh.
  4. Mintalah anak didik menyampaikan apa yang dibacanya pada teman disebelahnya. Guru berkeliling buat memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta anak didik buat menuliskan satu istilah sulit di potongan kertas mini dan menempelkannya pada papan tulis (sanggup jua pengajar meminta murid mengungkapkan istilah sulit lalu guru menuliskannya pada papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit menggunakan murid. Guru bertanya pada anak didik, siapa yg mampu menemukan arti keliru satu kata sulit tadi.
  7. Siswa harus mengungkapkan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya pengajar membahas kata sulit yg lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-istilah sulit yg telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 mnt)
  10. Kegiatan menulis mampu dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh pengajar.
  11. Siswa diajak mengingat satu aktivitas yg dilakukan dihari sebelumnya (apabila aktivitas menulis dilakukan pada hari Senin, maka anak didik wajib mengingat aktivitas dalam hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yg dilakukannya tersebut (berolahraga, ke tempat tinggal nenek, berkebun, pulang ke kota, dsb).Guru mengingatkan siswa buat menulis menggunakan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yg terlibat, kapan dilakukan, bagaimana aktivitas dilakukan, bagaimana perasaan mereka ketika berkegiatan, dimana mereka melakukan aktivitas.
  13. Setelah aktivitas menulis selesai, pengajar mampu meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya pada sahabat kelompoknya.

c.Kegiatan Menulis (30 menit)

  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yg dilakukan pada hari sebelumnya (jika kegiatan menulis dilakukan dalam hari Senin, maka anak didik wajib mengingat kegiatan dalam hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa lalu menuliskan aktivitas yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan anak didik buat menulis menggunakan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan aktivitas, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana aktivitas dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka ketika berkegiatan.
  4. Setelah aktivitas menulis terselesaikan, pengajar dapat meminta setiap anak didik buat membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

d.Kegiatan Berbasis Proyek

  1. Mengamati serta Mendeskripsikan

Siswa melakukan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, pengajar, siswa, serta penjaga. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang fakta-liputan berikut.

·Asal wilayah.
·Nama suku bangsa.
·Bahasa wilayah yang digunakan sehari-hari.
·Kegiatan ekonomi pada keluarga (contohnya: dalam perdagangan, pertanian, industri, peternakan, atau jasa)

  1. Mempertanyakan serta Menganalisis

Dari hasil wawancara, anak didik menyusun data sebagai berikut.
No
Asal Daerah
Banyaknya
1


2


3


4


5






No
Suku Bangsa
Banyaknya
1


2


3


4


5






No
Bahasa Daerah yg digunakan
Banyaknya
1


2


3


4


5






No
Kegiatan Ekonomi pada Keluarga
Banyaknya
1


2


3


4


5





150 menit








































































Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan output belajar hari ini
  2. Guru menaruh penguatan serta kesimpulan
  3. Siswadiberikan kesempatan berbicara /bertanya serta menambahkan informasi menurut murid lainnya..
  4. Salam serta do’a penutup.

15 menit

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbar

H.SUMBER DAN MEDIA

  1. Buku Pedoman Pengajar Tema 7 Kelas 4 serta Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 (BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2017).
  2. SoftwarePengajaran Sekolah Dasar/MI buat kelas 4 semester 2 dari JGC revsi 2017
  3. Teks berdasarkan“Aku Cinta Membaca”

I.PENILAIAN

Penilaian terhadap proses serta hasilpembelajaran dilakukan oleh guru buat mengukur tingkat pencapaian kompetensipeserta didik. Hasil penilaian dipakai sebagai bahan penyusunan laporankemajuan hasil belajar serta memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadapmateri ini bisa dilakukan  sesuaikebutuhan pengajar yaitu dari pengamatan perilaku, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasilkarya/projek menggunakan rubrik evaluasi hasil karya atau menyesuaikan menggunakan guru.

a)Penilaian ujiunjuk kerja menyajikan aktivitas pembiasaan Literasi:

No
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan

Sangat Memahami teks lisan, tulisan, juga gambar/visual
Memahami teks lisan, tulisan, juga gambar/visual
Cukup Memahami teks lisan, tulisan, juga gambar/visual
Tidak cukup Memahami teks lisan, tulisan, juga gambar/visual
4
Keterampilan
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis  Sangat bagus
Kemampuan berbicara, membaca,  serta menulis bagus
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis Cukup

Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis kurang
3
Sikap
Keseluruhan kegiatan dengan Mandiri serta Percaya diri
Sebagian akbar kegiatan dengan Mandiri serta Percaya diri
Setengah aktivitas aktivitas dengan Mandiri serta Percaya diri
Sebagaian kecil kegiatan kegiatan menggunakan Mandiri dan Percaya diri

Catatan : Centang (√) dalam bagian yg memenuhi kriteria.
Penilaian : (Total nilai/12)x10
Contoh :
= (( tiga+4+4)/12)X10
=  (11/12)X10
= 9,2

Penilaian Catatan Guru
1. Masalah                 :……….
2. Ide Baru                 :………..
3. Momen Spesial    :………….

 Baca juga: RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

Mengetahui
Kepala Sekolah,




...........................................
NIP. .......................................................
................................, ............................. 2018
Guru Kelas IV,




...........................................
NIP. .......................................................

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru


Demikian semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 kelas 4 Tema 7 dapat bermanfaat

Comments