RPP KELAS 3 K2018 TEMA 4 EDISI 2018

RPP Kelas tiga K2013 Tema 4 Edisi 2018

RPP Kelas tiga K2013 Tema 4 Edisi 2018 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas pengajar dalam meramunya. 

Perbaikan atau revisi penyusunan RPP Kurikulum 2013 merupakan :
  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama lima karakter, yaitu: religius, nasionalis, berdikari, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, serta Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, serta sekaligus menyelaraskan aneka macam acara dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan hingga sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :
  • pemaduan aktivitas kelas, luar kelas pada sekolah, serta luar sekolah (warga /komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, famili, dan rakyat;

Perdalaman serta perluasan revisi kurikulum 2013 bisa berupa:
  1. penambahan serta pengintensifan aktivitas-aktivitas yg berorientasi dalam pengembangan karakter murid,
  2. penambahan dan penajaman aktivitas belajar siswa, dan pengaturan ulang saat belajar siswa pada sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas utama guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah menggunakan kebutuhan Gerakan PPK.

Pengertian Literasi pada konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, serta menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. 

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. 

Literasi lebih dari sekadar membaca serta menulis, tetapi mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan pada bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan menggunakan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yg sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Namun pembentukan 4C.  Beberapa ahli mengungkapkan pentingnya dominasi 4C menjadi sarana meraih kesuksesan, khususnya pada Abad 21, abad pada mana global berkembang menggunakan sangat cepat serta bergerak maju. 

Penguasaan keterampilan abad 21 sangat krusial, 4 C merupakan  jenis softskill yg dalam implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) merupakan kepandaian kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yg adalah kemampuan berpikir taraf tinggi. Kurikulum 2013 jua menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yg mensyaratkan peserta didik sanggup untuk memprediksi, mendesain, serta memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah menurut HOTS yaitu analisis yg merupakan akal budi pada menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks eksklusif; evaluasi adalah akal budi pada merogoh keputusan menurut keterangan/liputan; dan mengkreasi adalah akal budi pada menciptakan gagasan/pandangan baru-ilham.

Maka nir mungkin lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yg berpusat pada guru, namun kita perlu mengaktifkan anak didik dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus buat PPK merupakan acara yang rencananya akan diadaptasi dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

DOWNLOAD:

  1. RPP Kelas tiga Kurikulum 2013 Tema 4 Subtema 1 Revisi 2018.doc
  2. RPP Kelas tiga Kurikulum 2013 Tema 4 Subtema dua Revisi 2018.doc
  3. RPP Kelas tiga Kurikulum 2013 Tema 4 Subtema 3 Revisi 2018.doc
  4. RPP Kelas tiga Kurikulum 2013 Tema 4 Subtema 4 Revisi 2018.doc

Demikian materi RPP Kelas tiga K2013 Tema 4 Edisi 2018 yang kami bagikan semoga berguna, kurang serta lebihnya mohon maaf.

Buka link download lainnya:

Terima kasih atas kunjungannya kami siap mengupdate materi-materi modern lainnya yang senantiasa selalu ditunggu sang rekan-rekan guru. Semoga berguna

Comments