RPP KELAS 2 SD/MI TEMA 2 SUBTEMA 2 K13 TERBARU

RPP Kelas 2 Sekolah Dasar/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru

RPP Kelas 2 Sekolah Dasar/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017 ini wajib sudah memunculkan 4 (empat) macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas pengajar dalam meramunya. 
Dan akhir menurut perjalanan pelaksanaan kurikulum 2013 sudah sampai menggunakan revisi tahun 2017 buat kelas 1-2-4-lima, sedangkan kelas 3 dan kelas 6 mengacu dalam revisi tahun 2018 terutama kitab pegangan pengajar serta anak didik.

Perbaikan atau revisi kurikulum 2013 adalah :
  1. mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada pada pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, berdikari, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan menggunakan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai acara serta aktivitas pendidikan karakter yang telah dilaksanakan hingga sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :
  • pemaduan aktivitas kelas, luar kelas pada sekolah, dan luar sekolah (rakyat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan warga ;

Perdalaman dan perluasan materi pada kurikulum revisi dapat berupa:
  1. penambahan dan pengintensifan aktivitas-kegiatan yg berorientasi pada pengembangan karakter murid,
  2. penambahan serta penajaman aktivitas belajar anak didik, serta pengaturan ulang ketika belajar murid di sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas utama guru, Manajemen Berbasis Sekolah, serta fungsi Komite Sekolah menggunakan kebutuhan Gerakan PPK.

Perlu diingat!

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas diantaranya membaca, melihat, menyimak, menulis, serta/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yg dilakukan secara menyeluruh buat membuahkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yg warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. 

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, serta auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, serta Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju menggunakan K-13, bukan sekadar transfer materi. Namun pembentukan 4C.  

Beberapa pakar mengungkapkan pentingnya penguasaan 4C sebagai wahana meraih kesuksesan, khususnya pada Abad 21, abad pada mana global berkembang dengan sangat cepat dan bergerak maju. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) merupakan kepandaian kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yg adalah akal budi tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yg mensyaratkan peserta didik bisa buat memprediksi, mendesain, serta memperkirakan. 

Sejalan dengan itu ranah menurut HOTS yaitu analisis yg merupakan akal budi pada menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian adalah akal budi pada mengambil keputusan dari berita/keterangan; serta mengkreasi adalah akal budi dalam menciptakan gagasan/ilham-wangsit.

Maka tidak mungkin lagi memakai contoh/metode/strategi/pendekatan yang berpusat pada pengajar, namun kita perlu mengaktifkan anak didik dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus buat PPK merupakan acara yang rencananya akan diadaptasi dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan buat 2 hari adalah pendidikan keluarga.

RPP Kelas dua Tema 2 Sub dua Pb 1 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema dua Sub 2 Pb dua Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema dua Sub 2 Pb 3 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema dua Sub dua Pb 4 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas dua Tema 2 Sub dua Pb 5 Bermain pada Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema dua Sub 2 Pb 6 Bermain pada Rumah Teman.docx
Demikian asa kami setelah kami berhasil membagikan materi RPP Kelas 2 Sekolah Dasar/MI Tema 2 Subtema 2 K13 Terbaru ini telah nir timbul lagi istilah belum menyusun/memiliki/print out RPP, karena hal itu hanya sebuah alasan guru pemalas.

Buka juga link download lainnya:
  1. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 1
  2. RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 2
  3. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 3
  4. RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 4
  5. RPP Kelas dua SD/MI Tema 2 Subtema 1

Terima kasih atas segala partisipasi serta kunjungannya semoga bermanfaat. Apabila masih ada keluhan pada waktu anda berkunjung silahkan kirim keluhan anda pada kolom kkomentar atau eksklusif kirim ke email kami di wigunadharma11@gmail.com.

Comments