RPP K13 KELAS 4 TEMA 3 EDISI REVISI

RPP K13 Kelas 4 Tema tiga Edisi Revisi

RPP K13 Kelas 4 Tema tiga Edisi Revisi - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah planning aktivitas pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah.

Pada dasarnya setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang relatif bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai menggunakan talenta, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau dalam awal semester atau juga dapat disusun dalam athun baru pelajaran dimulai, tetapi yang paling perlu diperbaharui sebelum aplikasi pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilakukan sang guru secara berdikari dan/atau berkelompok pada sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi sang kepalasekolah/ madrasah. 

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat pula dilakukan sang pengajar secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Prinsip -Prinsi Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual siswa diantaranya kemampuan awal, taraf intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif siswa.
  3. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan, serta kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yg dibuat buat membuatkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan pulang dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan kembali positif, penguatan, pengayaan, serta remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, serta asal belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, serta keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi fakta serta komunikasi secara terintegrasi, sistematis, serta efektif sesuai menggunakan situasi dan syarat.
Sesuai menggunakan panduan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:

  • identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  • kelas/semester,
  • materi utama,
  • alokasi saat ditentukan sinkron menggunakan keperluan buat pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yg tersedia dalam silabus serta KD yang wajib dicapai,
  • tujuan pembelajaran yg dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan istilah kerja operasional yg dapat diamati serta diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, serta keterampilan,
  • kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi,
  • materi pembelajaran, memuat: liputan, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis pada bentuk buah-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  • metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik buat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai KD yg disesuaikan menggunakan ciri peserta didik dan KD yang akan dicapai,
  • media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
  • sumber belajar, bisa berupa: buku, media cetak dan elektronika, alam kurang lebih, atau asal belajar lain yg relevan,
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan:pendahuluan, inti, serta penutup, dan
  • penilaian output pembelajaran
Link Download terdahulu:
RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Edisi Revisi
RPP K13 Kelas 4 Tema dua Edisi Revisi
Sebagai citra nyata dan lebih jelas serta bermakna silahkan download materi RPP K13 Kelas 4 Tema tiga Edisi Revisi pada pilihan menu link download pada bawah ini:
RPP Kelas 4 Tema 3 Subtema 1

RPP Kelas 4 Tema 3 Subtema 2


RPP Kelas 4 Tema tiga Subtema 3


RPP Kegiatan literasi Sekolah:


Demikian ulasan singkat materi RPP K13 Kelas 4 Tema tiga Edisi Revisi dengan asa dapat membantu bapak serta bunda dan pengunjung yang dalam kesempatan kali ini tepat dalam situs kami. Kurang serta lebihnya mohon maaf yang sebanyak-besarnya.

Comments