RPP K13 KELAS 4 TEMA 2 EDISI REVISI

RPP K13 Kelas 4 Tema dua Edisi Revisi

RPP K13 Kelas 4 Tema dua Edisi Revisi - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah planning aktivitas pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan aktivitas pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar serta Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pada dasarnya setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang relatif bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau dalam awal semester atau juga bisa disusun dalam athun baru pelajaran dimulai, tetapi yg paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilakukan sang pengajar secara berdikari serta/atau berkelompok pada sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, serta disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah. 
Baca jua: RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Edisi Revisi
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat pula dilakukan sang pengajar secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi sang dinas pendidikan atau tempat kerja Kementerian Agama setempat.

Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip menjadi berikut:
  1. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan spesifik, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, serta/atau lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik buat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, ide, inovasi, dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang didesain buat membuatkan kegemaran membaca, pemahaman majemuk bacaan, dan berekspresi pada aneka macam bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan pulang serta tindak lanjut RPP memuat rancangan acara hadiah umpan pulang positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan dalam keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar pada satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi keterangan serta komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sinkron menggunakan situasi serta syarat.
Komponen RPP

Sesuai menggunakan pedoman dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan:
  1. identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. kelas/semester,
  4. materi pokok,
  5. alokasi waktu dipengaruhi sinkron menggunakan keperluan buat pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yg tersedia dalam silabus serta KD yg harus dicapai,
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan memakai istilah kerja operasional yang bisa diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi,
  8. materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yg relevan, serta ditulis pada bentuk butir-butir sinkron dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. metode pembelajaran, digunakan sang pendidik buat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya siswa mencapai KD yg disesuaikan dengan ciri peserta didik dan KD yang akan dicapai,
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran buat mengungkapkan bahan ajar,
  11. sumber belajar, bisa berupa: kitab , media cetak serta elektro, alam kurang lebih, atau sumber belajar lain yg relevan,
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan epilog, dan
  13. penilaian output pembelajaran
Sebagai gambaran konkret dan lebih jelas dan bermakna silahkan download materi RPP K13 Kelas 4 Tema dua Edisi Revisi dalam menu link download di bawah ini:
RPP K13 Kelas 4 Tema dua Subtema 1
4.2.1.dua. Sumber Energi.doc
4.2.1.tiga. Sumber Energi.doc
4.dua.1.4. Sumber Energi.doc
4.2.1.5. Sumber Energi.doc
4.dua.1.6. Sumber Energi.doc
4.dua.1.6. Sumber Energi 2z.doc
RPP K13 Kelas 4 Tema dua Subtema 2
4.dua.dua.1. Manfaat Energi.doc
4.dua.dua.dua. Manfaat Energi.doc
4.2.2.3. Manfaat Energi.doc
4.dua.dua.4. Manfaat Energi.doc
4.dua.2.lima. Manfaat Energi.doc
4.dua.2.6. Manfaat Energi.doc
RPP K13 Kelas 4 Tema dua Subtema 3
4.dua.tiga.1. Energi Alternatif.doc
4.2.3.2. Energi Alternatif.doc
4.2.3.3. Energi Alternatif.doc
4.2.tiga.4. Energi Alternatif.doc
4.dua.tiga.5. Energi Alternatif.doc
4.2.3.6. Energi Alternatif.doc
RPP K13 Kelas 4 Khusus Literasi Sekolah.
4.dua.4.1. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.2.4.2. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.2.4.tiga. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.dua.4.4. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.dua.4.lima. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.2.4.6. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
Demikian ulasan singkat materi RPP K13 Kelas 4 Tema dua Edisi Revisi dengan harapan dapat membantu bapak dan mak dan pengunjung yg dalam kesempatan kali ini tepat pada situs kami. Kurang dan lebihnya mohon maaf yg sebesar-besarnya.
Link download lainnya:
RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Update Terbaru
RPP K13 Kelas 1 Tema 1 Update Terbaru
RPP K13 Kelas 1 Tema 2 Update Terbaru
RPP K13 Kelas 1 Tema tiga Update Terbaru
RPP K13 Kelas 1 Tema 4 Update Terbaru
RPP Matematika K-2013 Revisi 2017 Kelas 5 Semester 1
RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 4
RPP K13 Kelas 2 Tema 2 Subtema 4
RPP K13 Kelas 2 Tema tiga Subtema 4
RPP K13 Kelas dua Tema 4 Subtema 4
Semoga waktu luang yg anda pakai untuk berkunjung pada blog kami ini bermanfaat, sehingga suatu waktu akan berkunjung pulang atau bahkan anda sudi menjadi pelanggan kami dengan cara ketikkan email anda pada kotak yg tersedia.

Comments