RPP K13 KELAS 4 TEMA 1 UPDATE TERBARU

RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Update Terbaru

RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Update Terbaru - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana aktivitas pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan berdasarkan silabus buat mengarahkan aktivitas pembelajaran siswa pada upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar serta Menengah serta Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah.
Pada dasarnya setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik buat berpartisipasi aktif, dan menaruh ruang yang relatif bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai menggunakan bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau dalam awal semester atau juga dapat disusun dalam athun baru pelajaran dimulai, tetapi yg paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bisa dilakukan sang pengajar secara mandiri dan/atau berkelompok pada sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, serta disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah. 

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat jua dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi sang dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  • Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, taraf intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, kebiasaan, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  • Partisipasi aktif peserta didik.
  • Berpusat pada peserta didik buat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, ilham, inovasi, dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, serta berekspresi dalam banyak sekali bentuk goresan pena.
  • Pemberian umpan balik serta tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  • Penekanan dalam keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, serta asal belajar pada satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi fakta serta komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi serta syarat.
Komponen RPP

Sesuai dengan panduan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar serta Menengah menjelaskan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:

  1. identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. kelas/semester,
  4. materi utama,
  5. alokasi ketika dipengaruhi sinkron menggunakan keperluan buat pencapaian KD dan beban belajar menggunakan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus serta KD yg wajib dicapai,
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang bisa diamati dan diukur, yg meliputi: perilaku, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi,
  8. materi pembelajaran, memuat: kabar, konsep, prinsip, dan mekanisme yg relevan, dan ditulis dalam bentuk buah-butir sinkron menggunakan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar siswa mencapai KD yg disesuaikan menggunakan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran buat mengungkapkan materi pelajaran,
  11. sumber belajar, bisa berupa: kitab , media cetak dan elektronik, alam kurang lebih, atau asal belajar lain yg relevan,
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
  13. penilaian hasil pembelajaran
Sebagai citra nyata serta lebih jelas serta bermakna silahkan download materi RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Update Terbaru pada menu link download pada bawah ini:

RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Subtema 1:
4.0.0.0. Cover Indahnya Kebersamaan.docx
4.1.1.1. Keberagaman Budaya Bangsaku.doc
4.1.1.2. Keberagaman Budaya Bangsaku.doc
4.1.1.tiga. Keberagaman Budaya Bangsaku.doc
4.1.1.4. Keberagaman Budaya Bangsaku.doc
4.1.1.lima. Keberagaman Budaya Bangsaku.doc
4.1.1.6. Keberagaman Budaya Bangsaku.doc
RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Subtema dua:
4.1.2.6. Kebersamaan pada Keberagaman.doc
4.1.2.lima. Kebersamaan dalam Keberagaman.doc
4.1.dua.4. Kebersamaan pada Keberagaman.doc
4.1.2.tiga. Kebersamaan pada Keberagaman.doc
4.1.dua.2. Kebersamaan pada Keberagaman.doc
4.1.dua.1. Kebersamaan pada Keberagaman.doc
RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Subtema 3:
4.1.3.6. Bersyukur Atas Keberagaman.doc
4.1.tiga.5. Bersyukur Atas Keberagaman.doc
4.1.tiga.4. Bersyukur Atas Keberagaman.doc
4.1.tiga.3. Bersyukur Atas Keberagaman.doc
4.1.tiga.dua. Bersyukur Atas Keberagaman.doc
4.1.3.1. Bersyukur Atas Keberagaman.doc
RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Subtema 4:
4.1.4.6. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.1.4.lima. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.1.4.4. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.1.4.tiga. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.1.4.2. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
4.1.4.1. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
Z4.1.4.1 - 6. Kegiatan Pembiasaan Literasi.docx
Demikian ulasan singkat materi RPP K13 Kelas 4 Tema 1 Update Terbaru dengan asa bisa membantu bapak dan ibu serta pengunjung yg pada kesempatan kali ini sempurna pada situs kami. Kurang serta lebihnya mohon maaf yang sebanyak-besarnya.

Comments