RPP K13 KELAS 2 TEMA 1 SUBTEMA 4

RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana aktivitas pembelajaran tatap muka buat satu rendezvous atau lebih. RPP dikembangkan berdasarkan silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 merupakan Peraturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan dipertegas pada Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar serta  Pendidikan Menengah.
Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip menjadi berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat dalam siswa buat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, ide, inovasi serta kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yg didesain buat membuatkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi pada berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan acara hadiah umpan kembali positif, penguatan, pengayaan, serta remedi.
  6. Penekanan dalam keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, serta sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi kabar serta komunikasi secara terintegrasi, sistematis, serta efektif sesuai menggunakan situasi serta kondisi.

Komponen-Komponen Penyusunan RPP

Sedangkan Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, merupakan sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu dipengaruhi sesuai dengan keperluan buat pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yg tersedia pada silabus serta KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yg dirumuskan dari KD, menggunakan menggunakan istilah kerja operasional yg bisa diamati serta diukur, yg mencakup sikap, pengetahuan, serta keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD serta IPK, tetapi secara substansial tujuan pembelajaran adalah penjabaran rinci berdasarkan indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD serta IPK)
  7. Kompetensi Dasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat informasi, konsep, prinsip, serta mekanisme yg relevan, serta ditulis dalam bentuk buah-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik buat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yg diadaptasi menggunakan karakteristik peserta didik serta KD yg akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran buat membicarakan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, bisa berupa buku, media cetak dan elektronika, alam kurang lebih, atau asal belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, serta epilog; serta 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Link Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 4

Semoga menggunakan kami bagikan materi RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 4 buat ke depannya administrasi pembelajaran menjadi lengkap, dan akan memperlancar aktivitas proses belajar mengajar di satuan pendidikan.

Baca juga:
  1. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 [ download ]
  2. RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema dua [ download ]
  3. RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 [ download ]

Terima kasih atas kunjungannya kami selalu siap mendapat kritikan, saran serta masukan, serta jangan dilupakan buat materi berikutnya tetap akan segera kami update.

Comments