PRINSIPPRINSIP PTK PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PRINSIP-PRINSIP PTK [PENELITIAN TINDAKAN KELAS], Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran,  Action Research berkembang menjadi classroom Action Research (CAR) = Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai suatu penelitian terapan, PTK sangat berguna bagi guru buat menaikkan proses dan kualitas atau output pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahapan-tahapan PTK, guru bisa menemukan penyelesaikan bagi kasus yang terjadi pada kelasnya sendiri, serta bukan di kelas pengajar yang lain. Tentu saja dengan menerapkan aneka macam ragam teori serta teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain itu, menjadi peneliti simpel, PTK dilaksanakan bersamaan guru melaksanakan tugas utama yaitu mengajar pada pada kelas, tidak perlu wajib meninggalkan anak didik. Dengan demikian, PTK adalah suatu penelitian yg inheren pada guru, yaitu mengangkat masalah-masalah aktual yang dialami sang guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, dibutuhkan guru mempunyai peran ganda, yaitu sebagai praktisi dan sekaligus peneliti
1.Tindakandan pengamatan pada proses penelitian yang dilakukan nir boleh menggangguatau Mengganggu aktivitas utama, contohnya bagi guru nir boleh sampaimengorbankan aktivitas atau proses belajar mengajar. Menurut Hopkins (1993:57-61), pekerjaan primer guru merupakan mengajar, dan apapun metode PTK yangkebetulan diterapkan, seyogyanya nir berdampak mengganggu komitmen gurusebagai pengajar. Ada tiga hal yg dapat dikemukakan berkenaan dengan prinsippertama ini. Pertama,pada mencobakansesuatu tindakan pembelajaran yang baru, selalu terdapat kemungkinan bahwasetidak-tidaknya pada awal-awalnya hasilnya kurang memuaskan dari yangdikehendaki. Bahkan mungkin kurang menurut yg diperoleh dengan “cara lama ”Lantaran bagaimanapun tindakan perbaika tadi masih pada taraf dicobakan.pengajar harus menggunakan pertimbangan serta tanggung jawab profesionalnya dalammenimbang-nimbang : jalan keluar” yg akan mereka tempuh pada rangkamemberikan yg terbaik kepada anak didik. Kedua,iterasi menurut daur tindakan pula dilakukan dengan mempertimbangkanketerlaksanaan kurikulum secara holistik, khususnya berdasarkan segi pembentukanpemahaman yang mendalam yg ditandai sang kemampuan menerapkan pengetahuanyang dipelajari melalui analisis, sintesis serta penilaian berita, bukanterbatas dari segi tersampaikannya GBPP kepada anak didik dalam rukun saat yangtelah dipengaruhi. Ketiga,penetapansiklus tindakan pada PTK mengacu kepada penguasaan yg ditargetkan dalam tahapperancangan, dan sama sekali tidak mengacu pada kejenuhan informasisebagaimana lazim dipedomani pada proses iteratif pengumpulan data penelitiankualitatif.

2.Masalahguru. Masalah penelitian yg diusahakan sang pengajar seharusnya merupakan masalahyang cukup merisaukannya, serta berpijak menurut tanggung jawab profesionalnya. Gurusendiri harus memiliki komitmen ini jua diharapkan menjadi motivator intrinsikbagi guru buat “bertahan” dalam aplikasi kegiatan yg jelas-kentara menuntutlebih berdasarkan yang sebelumnya diperlukan dalam rangka aplikasi tugas-tugasmengajarnya secara rutin. Dengan kata lain, pendorong utama pelaksanaan PTKadalah komitmen profesional untuk memberikan layanan yang terbaik kepada anak didik.dilihat berdasarkan sudut pandang ini, desakan buat sekedar mengungkapkan utama bahasansesuai menggunakan GBPP dapat serta perlu ditolak karena alasan profesional yangdimaksud .

3.Tidak terlalu menyita ketika. Metodepengumpulan data yang digunakan nir menuntut saat yang hiperbola bagi guru,sebagai akibatnya berpeluang menggangu proses pembelajaran pada kelas. Dengan kata lain,sejauh mungkin wajib digunakan prosedur pengumpulan data yg bisa ditanganisendiri sang guru, ad interim guru tetap aktif berfungsi menjadi pengajar yangbertugas secara penuh. Sebagai gambaran, penggunaan tape recorder memang akan menghasilkanrekaman yang lengkap dibanding menggunakan perekaman manual, tetapi peningkatan waktuyang dibutuhkan buat mencermati data melalui pemutaran ulang mungkin akansegera terasa berlebihan. Oleh karena itu, dikembangkan teknik-teknik perekamanyang cukup sederhana, tetapi bisa membuat keterangan yg cukup signifikanserta dapat dipercaya.

4.Metode serta teknik yangdigunakan nir boleh terlalu menuntut berdasarkan segi kemampuan juga waktunya.

5.Metodologi yg digunakan harus terpola cermat, sehingga tindakandapat dirumuskan dalam suatu hipotesis tindakan yang dapat diuji pada lapangan.pengajar bisa membuatkan strategi yg dapat diterapkan pada situasi kelasnya,serta memperoleh data yg dapat digunakan buat “menjawab” hipotesis yang dikemukakanoleh karena itu, meskipun dalam dasarnya “terpaksa” memperbolehkan “kelonggaran– kelonggaran” namun penerapan asas – asas dasar jajak taan kaidah permanen harusdipertahankan.

6.Permasalahan atau topik yang dipilih wajib benar – benar nyata, menarik,sanggup ditangani, serta berada pada jangkauan kewenangan peneliti buat melakukanperubahan. Peneliti harus merasa terpanggil buat mempertinggi diri.

7.Peneliti harus tetap memperhatikan etika serta tata krama penelitian sertarambu – rambu aplikasi yg berlaku umum. Dalam penyelenggaraan PTK, guruharus selalu bersikap konsisten menaruh kepedulian tinggi terhadap proseduretika yang berkaitan menggunakan pekerjaannya. Hal ini krusial ditekankan karenaselain melibatkan para anak didik, PTK juga hadir pada suatu konteksorganisasional, sehingga penyelenggaraannya pun harus mengindahkan rapikan kramakehidupan berorganisasi. Artinya, prakarsa PTK wajib diketahui oleh pimpinanlembaga, disosialisasikan pada rekan – rekan dalam forum terkait, dilakukansesuai menggunakan tata krama penyusunan karya tulis akademik, di samping tetapmengedepankan kemaslahatan subjek didik.

8.Kegiatan penelitian tindakan dalam dasarnya harus adalah gerakan yangberkelanjutan ( on – going ), karena skope peningkatan serta pengembangan memangmenjadi tantangan sepanjang saat. Meskipun kelas, sekaligus mata pelajaranmerupakan cakupan tanggung jawab bagi seseorang guru, tetapi pada pelaksanaan PTKsejauh mungkin harus digunakan classroom exceeding perspective dalam artipermasalahan nir dilihat terbatas dalam konteks kelas dan / atau matapelajaran tertentu, melainkan dalam perspektif misi sekolah secara holistik.perspektif yg lebih luas ini akan terlebih – lebih lagi terasa urgensinya,apabila pada suatu PTK, terlibat lebih berdasarkan seseorang peneliti. Dapat jugadilakukan kolaborasi pada antara 2 atau lebihguru pada satu sekolah dan / atau pengajar berdasarkan sekolah lain, termasuk dosen LPTK.

Comments