PENGERTIAN JENIS IDE POKOK DAN MENYIMPULKAN PARAGRAF

Pengertian, Jenis, Ide Pokok Dan Menyimpulkan Paragraf

A. PENGERTIAN PARAGRAF
Kata paragraf tentu telah nir asing pada pendengaran kita. Setiap kali membaca teks baik itu teks sastra juga nonsastra, kita niscaya akan menemui banyak paragraf di sana. Sebuah paragraf ditandai dengan kalimat yang menjorok ke pada dengan jeda nir lebih menurut enam ketukan atau spasi. Namun, ada juga yang nir ditandai menggunakan bagian yg menjorok, namun dengan adanya jarak antara paragraf satu dan paragraf lainnya.
Dengan melihat karakteristik-karakteristik fisik paragraf tersebut, saat melihat sebuah bacaan, kita pasti sudah mengetahui mana yg diklaim menjadi paragraf. Namun, apakah paragraf itu? Paragraf adalah rangkaian kalimat yang disusun secara sistematis yang memiliki sebuah ide.

B. KALIMAT UTAMA DAN KALIMAT PENJELAS DALAM PARAGRAF
Sebuah paragraf terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat tadi adalah kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat primer merupakan kalimat yg memuat wangsit pokok atau gagasan utama. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memuat penjelasan kalimat pokok.

a. Kalimat Utama
Kalimat utama dianggap jua kalimat utama atau kalimat topik. Kalimat utama terdiri atas satu kalimat saja. Kita dapat menentukan kalimat utama dari karakteristik-cirinya.
Berikut karakteristik-karakteristik kalimat primer.
  1. Mengandung konflik yg bisa diuraikan lebih lanjut.
  2. Biasanya berupa kalimat lengkap yg dapat berdiri sendiri.
  3. Mempunyai arti atau maksud yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
  4. Dapat dibuat tanpa kata sambung.
  5. Jika terletak pada akhir paragraf, biasanya ditandai dengan kata-istilah "sebagai kesimpulan", "yg krusial", ’jadi", "sang karena itu’, “menggunakan demikian”, atau sejenisnya.
b. Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas terdiri atas beberapa kalimat. Ciri-ciri kalimat penjelas adalah menjadi berikut.
  1. Umumnya kalimat penjelas tidak dapat berdiri sendiri.
  2. Maksud kalimatnya baru jelas setelah dihubungkan menggunakan kalimat lain dalam satu paragraf.
  3. Pembentukan kalimat penjelas umumnya memerlukan donasi kata sambung.
  4. Isi kalimat primer umumnya berupa perincian, warta, contoh, serta data lain yang bersifat mendukung kalimat primer.
JENIS-JENIS PARAGRAF
Berdasarkan Ietak kalimat utama, paragraf dibedakan menjadi empat macam, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf kombinatif, serta paragraf tanpa kalimat utama.
Paragraf deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yg kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Hal-hal yang bersifat generik ditulis atau dijelaskan lebih awal kemudian disusul sang penerangan yang bersifat Iebih sempit atau detail.
Contoh:
Sejak harga bahan bakar minyak (BBM) naik, harga kebutuhan utama pun ikut naik. Harga cabe yg awalnya hanya Rp15.000,00/kg menjadi Rp20.000,00/kg. Harga beras yg awalnya Rp7.500,00/kg menjadi Rp13.500,00/kg. Harga telur yg awalnya Rp18.000,00/kg sebagai Rp25.000,00/kg. Harga minyak goreng pun ikut naik, yaitu menurut Rp15.000,00/kg sebagai Rp19.500,00/kg.

Paragraf lnduktif
Paragraf induktif adalah paragraf yg kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf. Hal-hal yg bersifat perinci dijelaskan atau dituliskan lebih dahulu lalu disusul menggunakan hal yg bersifat generik.
Contoh:
Banjir mengakibatkan kerugian akbar bagi pedagang sebab membuat mereka nir bisa berjualan misalnya umumnya. Banjir menyebabkan kerugian besar bagi petani sebab padi-padi yang akan mereka panen membusuk terendam genangan air. Banjir jua menyebabkan kerugian besar bagi para pengusaha karena poly karyawan yg terlambat bahkan tidak sanggup masuk kantor untuk menjalankan tugas mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa banjir menyebabkan kerugian akbar pada berbagai sektor pekerjaan.
Paragraf Kombinatif [Campuran]
Paragraf kombinatif (adonan) merupakan paragraf yg kalimat utamanya terletak pada awal dan akhir paragraf. Hal-hal yg bersifat umum ditulis terlebih dahulu lalu dipertegas pada bagian akhir
paragraf.
Contoh:
Jadilah orang yang berguna bagi orang Iain agar hidupmu bahagia dan penuh syukur. Jika terdapat orang yang sedang kesulitan, sebisa mungkin tolonglah dia. Apabila ada orang yang meminta bantuan, sebisa mungkin bantulah dia. Jika ada ilmu kebaikan yg bisa ditularkan, sebisa mungkin tularkanlah. Jika terdapat kelebihan rezeki, sebisa mungkin berikanlah pada orang yg kekurangan. Ltulah eksklusif yg bermanfaat bagi orang Iain yg dapat membuatmu hayati senang serta penuh syukur.

Paragraf Tanpa Kalimat Utama
Paragraf tanpa kalimat utama merupakan paragraf yang tidak mempunyai kalimat utama, tetapi mempunyai pandangan baru pokok. Jenis paragraf ini umumnya masih ada pada teks cerita serta biasanya berbentuk deskripsi.
Contoh:
Udara terasa begitu dingin. Daun-daun bergoyang diterpa butiran air menurut langit. Sesekali terlihat seberkas kilat menyambar. Tak usang lalu, Guntur pun ikut menggelegar. (Meskipun nir mempunyai kalimat utama, paragraf tadi memiliki pandangan baru utama, yaitu suasana saat hujan).

MENCARI IDE POKOK PARAGRAF
Setelah tahu jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya, selanjutnya kita akan mempelajari cara yg bisa kita gunakan untuk memilih inspirasi utama dalam paragraf yg memiliki
kalimat primer. Sebagai contoh, perhatikan balik paragraf deduktif berikut.
Sejak harga bahan bakar minyak (BBM) naik, harga kebutuhan utama pun ikut naik. Harga cabe yg awalnya hanya Rp15.000,00/kg menjadi Rp20.000,00/kg. Harga beras yg awalnya Rp7.500,00/kg menjadi Rp13.500,00/kg. Harga telur yg awalnya Rp18.000,00/kg sebagai Rp25.000,00/kg. Harga minyak goreng pun ikut naik, yaitu menurut Rp15.000,00/kg sebagai Rp19.500,00/kg.
Setelah memperhatikan model paragraf tadi, yuk kita tentukan ilham pokoknya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1). Tentukan Kalimat Utamanya
Salah satu karakteristik kalimat primer merupakan memuat pertarungan yang dapat diuraikan lebih lanjut. Dengan mempertimbangkan ciri-ciri tersebut, bisa diketahui bahwa kalimat utama pada paragraf tersebut terletak dalam kalimat pertama. "Sejak harga bahan bakar minyak (BBM) naik, harga kebutuhan pokok pun ikut naik."

2). Tentukan Predikat menurut Kalimat Utama Tersebut
lnti sebuah kalimat adalah predikat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kunci buat mencari inspirasi utama merupakan dengan mengetahui predikat pada kalimat primer.
Sejak harga bahan bakar minyak (BBM) naik —> keterangan
Harga kebutuhan utama —> subjek
Naik -> predikat
Dengan diketahuinya predikat berdasarkan kalimat tadi, bisa diketahui ide pokok dalam paragraf tadi, yaitu "kenaikan harga kebutuhan pokok dampak kenaikan harga BBM".
MENYIMPULKAN PARAGRAF
Menyimpulkan merupakan mencarikan pendapat berdasarkan sesuatu yang diuraikan pada karangan. Untuk dapat menyimpulkan sebuah paragraf, tentu kita harus membaca paragraf tersebut menggunakan intensif. Berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan buat menyimpulkan paragraf.
a. Bacalah teks dengan cermat
    Sebagai contoh, kita pakai pulang model paragraf deduktif yang telah dibahas sebelumnya.
b. Tentukan ide utama paragraf 
     Ide pokoknya adalah kenaikan harga kebutuhan pokok akibat kenaikan harga BBM.
c. Bila diperlukan, tentukan hal-hal krusial dalam menyebutkan kalimat utama atau istilah kunci yang      terdapat pada kalimat-kalimat penjelas.

Hal-hal penting dalam kalimat penjelas ditandai menggunakan alfabet tebal berikut:

  • Harga cabai yg awalnya hanya Rp15.000,00/kg menjadi Rp20.000,00/kg.
  • Harga beras yang awalnya Rp7.500,00/kg menjadi Rp13.500,00/kg.
  • Harga telur yang awalnya Rp18.000,00/kg menjadi Rp25.000,00/kg.
  • Harga minyak goreng pun ikut naik, yaitu berdasarkan Rp 15.000,00/kg menjadi Rp 19.500,00/kg.


d. Tulislah simpulan menggunakan menggabungkan ide utama serta hal-hal penting pada kalimat penjelas menggunakan menggunakan kalimat sendiri.

Simpulan berdasarkan paragraf tadi adalah "Harga kebutuhan utama, misalnya cabai, beras, telur, dan minyak goreng naik akibat kenaikan harga BBM."

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
Cermatilah contoh soal serta pembahasan berikut!
1. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Dampak negatif pemanasan global terus diserukan. Seruan ini disampaikan sehabis Badan Kesehatan Dunia(WHO) memperingatkan makin hangatnya temperatur udara. Hal ini dapat memicu timbulnya penyakit, seperti demam berdarah dan malaria. Lebih Ianjut, WHO melaporkan perubahan iklim bisa menyebabkan lebih menurut 150 ribu kematian serta 5 juta orang terserang penyakit setiap tahunnya. Jumlah ini bisa berlipat ganda pada 2030.

Gagasan primer paragraf tadi merupakan  (UN Tahun 2013 Kode 44)
A. Seruan dampak negatif pemanasan global
B. Iaporan WHO tentang perubahan iklim
C. Peringatan WHO mengenai pemanasan global
D. Tahun 2030 orang akan meninggal karena pemanasan global
Jawaban: A
Gagasan utama disebut pula menggunakan ilham utama. Lde pokok terletak dalam kalimat utama. Kalimat primer paragraf tersebut terletak di awal paragraf, yaitu pengaruh negatif pemanas an global terus diserukan. Predikat kalimat tadi merupakan ”diserukan". Dengan demikian, gagasan utama paragraf tadi merupakan seruan impak negatif pemanasan dunia.
2. Bacalah paragraf berikut!
Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan15ribu orang pertahun mulai2015.target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh antara para pemangku kepentingan.tujuan ini bisa tercapaijika masing-masing pihak mau bekerja sama. Namun, peningkatan kunjungan wisatawan nir boleh mengganggu tujuan utama daerah perlindungan. Wisatawan selama ini didominasi pelancong mancanegara.

Gagasan primer paragraf tadi adalah  (UNTahun 2013 Kode 45)
A. Targetjumlah wisatawan
B. Jumlah kunjungan wisatawan
C. Peningkatan kunjungan wisatawan
D. Pengunjung didominasi pelancong mancanegara
Jawaban: A
Paragraf tersebut adalah paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Kalimat primer paragraf tadi adalah jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Predikat kalimat tadi adalah"ditargetkan". Dengan demikian, gagasan utama paragraf tersebut adalah target jumlah wisatawan.

3. Bacalah paragraf berikut!
Penyakit gigi dalam anak bisa berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yg tidak sahih karena kerusakan gigi, terutama dalam gigi susu. Sementara itu, sakit gigi lantaran gigi berlubang bisa mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.

Gagasan primer paragraf tersebut merupakan  (UN Tahun 2013 Kode 48)
A. Impak penyakit gigi dalam kesehatan
B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar
C. Sakit gigi berlubang dipercaya sepele
D. Gigi susu berlubang menjadi struktur gigi jelek
Jawaban: A
Kalimat utama paragraf tadi merupakan ”Penyakit gigi dalam anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya." Predikat berdasarkan kalimat tadi merupakan berdampak. Dengan demikian, gagasan
utama paragraf tadi adalah "efek penyakit gigi pada kesehatan"
4. Bacalah paragraf berikut!
Sering terjadi pembakaran hutan pada Iahan perkebunan memberikan dampak jelek. Dampak jelek tersebut bisa berupa tanah Iongsor. Jika dibiarkan pada waktu lama , sanggup terjadi banjir. Hal lain yg bisa terjadi merupakan kurangnya cadangan air tanah.
Gagasan utama paragraftersebut merupakan .. .. (UN Tahun 2013 Kode 49)
A. Pembakaran hutan pada Iahan perkebunan
B. Imbas tidak baik pembakaran hutan
C. Banjir serta tanah Iongsor
D. Kurangnya cadangan air
Jawaban: B
Salah satu karakteristik kalimat utama adalah dapat berdiri sendiri. Ciri tersebut ditunjukkan oleh kalimat pertama yang berbunyi "Sering terjadi pembakaran hutan dalam huma perkebunan memberikan pengaruh tidak baik." Predikat dari kalimat tadi merupakan menaruh efek buruk. Dengan demikian, gagasan primer paragraf tersebut merupakan impak jelek pembakaran hutan.

5. Bacalah paragraf berikut!
Di Indonesia jahe mempunyai berbagai nama wilayah. (dua) Di Sumatra disebut halia (Aceh), beuing (Gayo), bahing (Karo), pege (Toba), sipode (Mandailing), iahia (Nias), sipodeh (Minangkabau), page (Lubu), danjahi (Lampung). (tiga) Di Jawa, jahe dikenal dengan jahe (Sunda), jae (Jawa), jhai (Madura), dan jae (Kangean). (4) Sementara itu, pada Sulawesi, jahe dikenal dengan nama layu (Mongondow), moyuman (Poros), melito (Gorontalo), yuyo (Buol), siwei (Baree), laia (Makassar), dan pace (Bugis). Sumber: //id.wikipedia.org/wiki/Jahe

Kalimat utama paragraf tadi ditunjukkan sang nomor
A. (1)                                             C. (3)
B. (2)                                              D. (4)
Jawaban: A
Salah satu ciri kalimat primer adalah mengandung pertarungan yang bisa diuraikan lebih lanjut. Kalimat (2), (tiga), serta (4) adalah uraian atau penjelasan dari kalimat (1 )
.
6. Perhatikan bacaan berikut!
Kotagede telah menjadi pusat kerajinan perakterbesar pada Indonesia. Beragam kerajinan perak yang diolah menjadi beragam bentuk lewat beragam cara dihasilkan pada Kotagede. Kotagede berlokasi 10 km dari pusat kota Yogyakarta. Sejak tahun 1970-an, kerajinan perak Kotagede telah diminati wisatawan mancanegara.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah  (UAN Tahun 2013 Kode 44)
A. Kotagede berdiri dari tahun 1970-an.
B. Perhiasan berdasarkan perak sangat dagi.
C. Kotagede populer menggunakan peraknya.
D. Wisatawan mancanegara seringkali ke Kotagede.
Jawaban: C
Simpulan adalah hasil dari menyimpulkan. Menyimpulkan merupakan mencarikan pendapat menurut sesuatu yg diuraikan dalam karangan. Jika ditinjau berdasarkan kalimat utamanya (kalimat pertama), paragraf tersebut membahas pusat kerajinan perak yg terletak pada Kotagede. Kalimat penjelas pun menjelaskan mengenai kerajinan perak serta lokasi Kotagede. Dengan demikian, simpulan dari paragraf
tersebut merupakan Kotagede populer menggunakan peraknya.

7. Bacalah teks berikut menggunakan akurat!
Tercatat 70% tanah pada Jakarta sudah air Iimbah. Bahkan, Sungai Ciliwung tak luput berdasarkan pencemaran Iimbah. Akibat pencemaran Iimbah tadi, aliran air pada sepanjang Ciliwung terkotori bakteri E Coli jauh pada atas ambang normal serta warna air telah berubah menjadi cokelat dan hitam. Oleh karena itu, tak mengherankan bila harga air di Jakarta sebagai mahal.

Simpulan isi paragraf tersebut merupakan  (UN Tahun 2013 Kode 43)
A. Tercatat 70% tanah pada Jakarta telah Iimbah.
B. Harga air pada Jakarta mahal lantaran air tanah dan sungai sudah .
C. Baik air tanah maupun air sungai bakteri berbahaya.
D. Air tanah pada Jakarta nir layak minum.
Jawaban: B
Salah satu karakteristik kalimat primer, yakni ditandai menggunakan penggunaan kata oleh karenanya. Dengan karakteristik tadi, bisa diketahui bahwa kalimat primer paragraf tadi terletak pada akhir sehingga ilham pokok paragraf tadi merupakan penyebab mahalnya air pada Jakarta. Dalam mengambil konklusi, perlu juga melihat hal-hal penting dalam kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat primer. Hal-hal penting tersebut adalah tanah serta sungai yang air Iimbah. Dengan demikian, simpulan isi paragraf tersebut adalah "harga air pada Jakarta mahal lantaran air tanah dan sungai telah tercemar".

8. Bacalah paragraf berikut!
Cokelat yang acapkali sebagai primadona buat memulihkan rasa stres ternyata dapat mencegah pertumbuhan jerawat seorang. Sebuah penelitian yg dilakukan oleh mahasiswa kedokteran pada University of Miami School of Medicine berhasil membuktikan bahwa cokelat memiliki peran mencegah pertumbuhan jerawat. Responden pada penelitian tadi terdiri atas sepuluh laki-laki berusia ‘I8 sampai 35 tahun. Mereka diminta memakan cokelat murni sebanyak 3 sampai empat ons. Setelah itu mereka harus diet selama seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan hormon jerawat yang kian hari kian memburuk.

Simpulan isi paragraftersebut adalah  [UN Tahun 2014]
A. Cokelat baik buat memulihkan rasa stres.
B. Cokelat diteliti sang mahasiswa kedokteran pada University of Miami.
C. Cokelat memmki kiprah mencegah pertumbuhanjerawat.
D. Responden mengalami pertumbuhan jerawat yg kian memburuk.
Jawaban: C
Kalimat primer paragraf tadi terletak di awal paragraf. Dari kalimat utama diketahui ide utama paragraf, yaitu pencegahan pertumbuhan jerawat dengan cokelat. Dengan mempertimbangkan pilihan jawaban serta pandangan baru utama, bisa diketahui bahwa simpulan isi paragraf tersebut adaiah “cokelat mempunyai peran mencegah pertumbuhan jerawat.“

Comments