PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA 2011/2012

Cermati isi kutipan berikut untuk menjawab soal No.1 dan dua!
(1) Di Indonesia, penderita penyakit batu empedu masih kurang mendapat perhatian serius. (2) Penyakit ini tidak kalah penting dibandingkan dengan penyakit hati lainnya. Misalnya hepatitis virus kronis, sirosis hati. Dan karsinoma hepatoseluler. (3) Padahal, tanda-tanda dan kompiikasinya berdampak besar terhadap biaya kesehatan. (4) Di Amerika, porto pengubatan penyakit ini yang mana termasuk biaya kombinasi penyakit hati menahun, sirosis hati. Hepatitis kronis C. Dan kelainan pankreas yg menahun. (lima) Pengobatan penyakit tersebui mengeluarkan porto sangat besar .

1. Lsi teks tersebut adalah....
A. Kurangnya perhatian masyarakat Indonesia terhadap penderila penyakit batu empedu.
B. Kegagalan masyarakat Indonesia buat mengatasi penderita penyakit batu empedu.
C. Kewaspadaan masyarakat Indonesia terhadap penderita penyakit batu empedu.
D. Banyaknya penyakit hati yg diderita rakyat Indonesia.
E. Masalah pengobatan penderita batu empedu pada Indonesia.
Jawab: A
Penyelesaian:
Perhatikan paragraf pada soal. Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif. Paragraf deduktif merupakan paragraf yg letak kalimat utamanya pada awal paragraf. Lsi teks tersebut masih ada pada kalimat utama.-‘kalimat ke-1: “Kurangnya gerhglian warga Indonesia terhadap penderita Penyakit batu empedu‘.
2. Kalimat yang rancu strukturnya masih ada dalam angka ?
A. 1                   B.  dua                 C. 3                    D. 4                    E. 5
Jawab: D. 4
Penyelesaian:
Kalimat yg berstruktur tidak wajar adalah kalimat yg penyusunannya nir sinkron menggunakan kaidah bahasa Indonesia. Kalimat angka 4 pada paragraf tersebut rancu lantaran terdapat frasa yang digunakan secara nir tepat_ yaitu " yg mana”. Frasa “yang mana“. “di mana” pada bahasa Indonesia berfungsi buat membandingkan.

Paragraf berikut buat soal angka tiga serta 4.
Bacalah dengan cermat!
Kinerja Industri tekstil serta produk tekstil (TPT) teryata masih cukup bagus. Bahkan, produksi TPT naik dibandingkan dengan tahun lalu. Ekspor TPT juga meningkat. Bukan hanya produksi dan ekspor TPT yang meningkat. Melainkan investasi di sektor industri TPT jua semakin tinggi. Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia adalah AS menggunakan perkiraan naik dua? Person dari Uni Eropa.

3. Kalimat tanya yg sinkron menggunakan isi paragraf tersabut merupakan .....
A. Apa yang mendorong kinerja TPT tetap cantik?
B. Berapa person kenaikan eksporTPT ke Uni Eropa?
C. Mengapa Alaihi Salam menjadi pasar terbesar eksporTPT?
D. Bagaimana kondisi kinerja TPT Indonesia?
E. Mengapa TPT Indonesia tertarik mengekspor ke Alaihi Salam?
Jawab: D
Penyelesaian:
Perhatikan kalimat primer paragraf tersebut. Paragraf ini merupakan paragraf deduktif. Berarti kalimat utamanya di awal paragraf.
Kalimat utama tersebut mengenai syarat kinerja industri tekstil serta produk tekstil (TPT) yg masih cukup rupawan, berarti kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut merupakan "Bagaimana kondisi kinerja TPT Indonesia?“.
4. Arti istilah estimasi pada teks tersebut adalah.....
A. Hasil                                           D. Harapan
B. Target                                          E. Perkiraan
C. Sasaran
Jawab: E
Penyelesaian:
Mencari arti suatu istilah dalam suatu wacanal paragraf/kalimat sanggup kita lakukan dengan memperhatikan konteks/posisi istilah itu pada wacana/paragraf/kalimat. Kalimatnya: Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia merupakan AS menggunakan estimasi naik 27 persen menurut Uni Eropa.
Arti istilah estimasi dalam teks tersebut yang sempurna adalah perkiraan.
Tajuk berikut buat mergiawab soal angka lima serta 6.
Cermatilah menggunakan saksama !
Pendidikan yang dulu diperjuangkan mangkat -matian olah para pejuang kemerdekaan agar semua rakyat mendapatkan hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang eksklusif. Setiap tahun ajaran baru selalu ada keganjilan berulang-ulang yakni kebingungan orangtua mencari sekolah buat anaknya. Ternyata keganjilan itu timbul lantaran kasus lama belum tuntas. 
Standarisasi sekolah masih belum jelas sebagai akibatnya menimbulkan kasta-kasta dalam pendidikan. Sistem kasta tadi menciptakan para orangtua berlomba-lomba buat menerima sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan porto besar agar anaknya mampu masuk pada sekolah favorit. Sementara. Poly anak didik yg tidak sanggup masuk ke sekolah favorit bukan karena kurang pintar melainkan mereka tidak sanggup membayar porto sekolah yang tinggi. Inilah bertentangan dengan harapan pendidikan pada Indonesia.

5. Opini penulis dalarn tajuk tersebul adalah
A. Seluruh warga rnendapatkan hak pendidikan yg sama.
B. Pemerataan pendidikan sudah diperjuangkan mangkat -matian.
C. Pendidikan masih sebagai milik segolongan orang eksklusif.
D. Standarisasi pendidikan akan mengakibatkan keganjilan.
E. Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yg tinggi.
Jawab: C
Penyelesaian
Dalam bacaan, bisa ditemukan informasi serta opini (pendapat). Fakta ialah sesuatu yg konkret. Bisa diindra. Sedangkan opini merupakan pendapat seorang tentang suatu hal. Fakta itu berbicara menurut empiris (kenyataan). Sedangkan opini adalah pendapat, pemikiran, ataupun pendirian. Dari pengertian tersebut maka kebenaran opini bersifat nisbi lantaran mengandung unsur subjektifitas.
Cermati tajuk dalam soal.
Opini penulis dapat ditemukan pada kalimat pertama: “Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu".
6. Pertarunga opini dalam kutipan tadi ditujukan kepada
A. Pemerintah                      D. Orangtua
B. Pendidik                          E. Rakyat
C. Pelajar
Jawab: A
Penyelesaian:
Permasalahan opini dalam kutipan tadi disampaikan secara implisit. Adapun permasalahannya adalah ironi pendidikan pada Indonesia dan kebijakan pendidikan dipegang Pemerintah.

Comments