PANDUAN TEKNIS DAN PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL SEKOLAH DASAR LENGKAP

Muatan Lokal adalah suatu acara pendidikan serta pedagogi yg dimaksudkan buat menyesuaikan isi dan penyampaiannya dengan kondisi masyarakat pada wilayahnya. Muatan Lokal adalah aktivitas kurikuler buat menyebarkan kompetensi yang disesuaikan menggunakan karakteristik khas dan potensi wilayah, termasuk keunggulan wilayah, yg materinya nir bisa dikelompokkan ke pada mata pelajaran yg ada. Substansi mata pelajaran muatan lokal dipengaruhi oleh satuan pendidikan, nir terbatas pada mata pelajaran keterampilan.


Muatan lokal merupakan bagian menurut struktur dan muatan kurikulum yg terdapat dalam Standar Isi di dalam kurikulum taraf satuan pendidikan. Keberadaan mata pelajaran muatan lokal merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yg nir terpusat, menjadi upaya supaya penyelenggaraan pendidikan di masing-masing daerah lebih meningkat relevansinya terhadap keadaan dan kebutuhan daerah yang bersangkutan. Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan nasional sehingga eksistensi kurikulum muatan lokal mendukung serta melengkapi kurikulum nasional.

Muatan lokal adalah mata pelajaran, sebagai akibatnya satuan pendidikan wajib berbagi Standar Kompetensi serta Kompetensi Dasar buat setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester.

Dari hal tersebut kami memberikan kemudahan bapak/ibu guru buat mengembangan kearifan likal dengan mengembangan muatan lokal disekolah dasar masing-masing dengan mendownload Panduan Teknis serta Pengembangan Muatan Lokal Sekolah Dasar Lengkap dibawah ini.



Link Download Panduan Teknis serta Pengembangan Muatan Lokal SD Lengkap :



Comments