PANDUAN PEMBARUAN DAPODIK 2018C
Panduan Pembaruan Dapodik 2017c - berfokus pada pendataan output evaluasi pendidikan pada bentuk nialai akhir dari peserta didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2017.C semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu nilai (SD, Sekolah Menengah pertama, Sekolah Menengah Atas, SMK, dan SLB). Terdapat jua beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan pilihan menu nilai buat dipakai di satuan pendidikan.
Pada beranda aplikasi akan terlihat pilihan menu baru yaitu gerombolan menu NILAI. Kelompok pilihan menu nilai berisi dua sub pilihan menu yaitu pilihan menu RAPOR serta US/USBN. Menu RAPOR memiliki fungsi buat menginput nilai rapor yg diterbitkan setiap semester. Sedangkan menu US/USBN memiliki fungsi buat menginput nilai US serta USBN menurut siswa tingkat akhir yg diselenggarakan di semester genap setiap tahun ajaran.
Pengisian nilai dapat jua dilakukan melalui aplikasi e-rapor. Pada Aplikasi Dapodik versi 2017.C sudah dapat terintergrasi menggunakan e-rapor Sekolah Menengah Atas Versi 2017. Deskripsi dari setiap pembaruan dan pemugaran akan dibahas bersamaan dengan penjelasan teknis terkait persiapan data serta cara input nilai pada bab selanjutnya.
Target Pendataan Nilai Tahun 2017
Pendataan nilai siswa ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama, Sekolah Menengah Atas, SMK, serta SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 target pendataan nilai US/USBN merupakan data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Pendataan nilai Rapor memiliki target yg cukup banyak yaitu terkumpulnya data nilai Rapor seluruh tingkat kelas pada semester
Peran Pengguna
Kewenangan input data nilai diberikan pada guru serta wali kelas. Operator sekolah bertugas menjadi administrator dimana dapat mengakses pengaturan mata penilaian serta pengaturan akun agar guru serta wali kelas dapat login ke pelaksanaan dapodik.
Download Panduan manual pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c
Comments
Post a Comment