MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY


Penguasaan kelas yg baik merupakankebutuhan pokok pada pembelajaran. Hal ini dikarenakan penguasaan kelasmerupakan kapital dasar pada mewujudkan pembelajaran efektif. Guru jua akanlebih mudah melaksanakan tugasnya jika berhasil menguasai kelas dengan baik.salah satu tanda keberhasilan pada dominasi kelas ialah terciptanya iklimkelas yang menyenangkan bagi murid.

Guru bukanlah menjadi satu-satunya sumberilmu, namun lebih sebagai fasilitator, motivator, dinamisator dalam prosespembelajaran, menggunakan metode mengajar, media dan indera bantu mengajar untukmembantu peserta didik mengembangkan potensinya. Hal tersebut selaras diantara4 konsep pilar prinsip dasar pendidikan dari UNESCO yaitu learning toknow (menuju dominasi ilmu pengetahun), learning to do (menujupenguasaan ketrampilan), learning to be (menemukan jati diri), learningto live together (hayati beserta dalam keragaman). Learning to be (menemukanjati diri) bisa ditemukan dalam iklim kelas.

Iklim kelas merupakan penentu psikologis utamayang mensugesti kegiatan belajar. Pada dasarnya kelas adalah arena belajaryang ditentukan sang emosi. Itu sebabnya pengajar wajib berupaya menciptakansuasana belajar yg menyenangkan. Iklim kelas akan berpengaruh terhadapkemampuan peserta didik pada memusatkan perhatian serta menyerap informasisebanyak-banyaknya. Dengan demikian guru mempunyai kwajiban menata lingkunganyang bisa mendukung situasi belajar menuju kompetensi dasar yg ingindicapainya.

Masalah yang tak jarang ada pada prosesbelajar mengajar merupakan pengajar terpaku dalam suasana yg kaku, terus-menerus danmembosankan. Apalagi jika proses belajar mengajar dilaksanakan dalam jam-jamakhir pelajaran, ditunjang dengan keadaan perut siswa dalam keadaankosong atau lapar, kondisi badan lelah, ditambah hawa yg panas menyengat,mengakibatkan semangat belajar siswa menurun.

Perlu disadari bahwa pembelajaran merupakansuatu interaksi yang bersifat kompleks serta timbal-pulang antara guru dengansiswa serta siswa dengan murid. Selayaknya murid diberi kesempatan yg memadaiuntuk ikut ambil bagian serta diperlakukan secara tepat pada sebuah prosespembelajaran.

Ditengarai bahwa dunia anak adalah duniabermain, namun tak jarang guru melupakan hal ini. Semestinya setiap guru dalamsetiap proses pembelajarannya membentuk suasana yg menyenangkan (fun),menggairahkan (horee), dinamis (mobile), penuh semangat (ekpresif) serta penuhtantangan (chalenge). Berikut ini adalah model pembelajaran Course Review Horay,yang mungkin cocok diterapkandi kelas:

Pengertian Model pembelajaran Course Review Horay
Model pembelajaran Course Review Horay merupakanmodel pembelajaran yang dapat membangun suasana kelas menjadi meriah danmenyenangkan lantaran setiap anak didik yg dapat menjawab benar maka anak didik tersebutdiwajibkan berteriak’hore!’atau yel-yel lainnya yangdisukai. Tujuan berdasarkan yel-yel ini sendiri merupakan 1) untukmenumbuhkan semangat belajar murid, dua) membangun suasanapembelajaran yang menyenangkan, 3) dan mewujudkan interaksi yg akrab antaraguru dengan murid dan siswa dengan siswa.
Jadi, model pembelajaran course review horay inimerupakan suatu model pembelajaran yang bisa digunakan guru agar dapattercipta suasana pembelajaran di pada kelas yg lebih menyenangkan. Sehinggapara siswa merasa lebih tertarik. Lantaran dalam contoh pembelajaran course reviewhoray ini, jika murid dapat menjawab pertanyaan secara benar maka siswatersebut diwajibkan meneriakan istilah “hore” ataupun yel-yel yg disukai dantelah disepakati oleh kelompok juga individu murid itu sendiri.
Model pembelajaran course review horay juga adalah suatu metode pembelajarandengan pengujian pemahaman siswa memakai soal dimana jawaban soaldituliskan dalam kartu atau kotak yang telah dilengkapi angka dan buat siswaatau kelompok yang menerima jawaban atau pertanda menurut jawaban yg benarterlebih dahulu harus eksklusif berteriak “horay” atau menyanyikan yel-yel kelompoknya.
Jadi, dalam pelaksanaan contoh pembelajaran course review horay ini pengujianpemahaman anak didik menggunakan memakai kotak yg berisi nomor untuk menuliskanjawabannya. Dan anak didik yang lebih dulu mendapatkan tanda atau jawaban yg benarharus eksklusif segera menyoraki kata-kata “horay” ataumenyoraki yel-yelnya.

Agarpemahaman konsep materi yg akan dibahas bisa dikaji secara terarah makaseiring dengan perkembangan global pendidikan pembelajaran Corse Review Horaymenjadi salah satu alternative sebagai pembelajaran yg mengarah padapemahaman konsep. Pembelajaran Course Review Horay, merupakan galat satupembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar dengan carapengelompokkan murid ke pada kelompok-kelompok kecil.
PembelajaranCourse Review Horay yg dilaksanakan merupakan suatu pembelajaran pada rangkapengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yg diisi dengansoal dan diberi nomor buat menuliskan jawabannya. Siswa yg paling terdahulumendapatkan pertanda sahih pribadi berteriak horay atau yel-yel lainnya. MelaluiPembelajaran Course Review Horay dibutuhkan bisa melatih murid dalammenyelesaikan masalah dengan pembentukkankelompok kecil.

Langkah-Langkah ModelPembelajaran Course Review Horay
1.Guru menyampaikankompetensi yang ingin dicapai.
2.Guru menyajikan ataumendemonstrasikan materi sinkron topik dengan tanya jawab
3.Guru membagi murid dalamkelompok-grup.
4.Untuk menguji pemahamansiswa disuruh menciptakan kartu atau kotak sinkron dengan kebutuhan serta diisi dengannomor yg ditentukan pengajar.
5.Guru membaca soal secaraacak dan murid menuliskan jawabannya didalam kartu atau kotak yang nomornyadisebutkan pengajar.
6.Setelah pembacaan soal danjawaban anak didik sudah ditulis didalam kartu atau kotak, pengajar serta siswamendiskusikan soal yg sudah diberikan tadi.
7.Bagi yg sahih,siswamemberi tanda check list ( √ ) serta langsung berteriak horay atau menyanyikanyel-yelnya.
8.Nilai anak didik dihitung darijawaban yg benar serta yg poly berteriak horay
9.Guru menaruh rewardvpada yang memperoleh nilai tinggi atau yg poly memperoleh horay.
10.Penutup
KelebihanModel Pembelajaran Corse Review Horay
1.Pembelajarannyamenarik serta mendorong anak didik buat dapat terjun kedalamnya.
2.Pembelajarannya tidakmonoton karena diselingi sedikit hiburan sebagai akibatnya suasana tidak menegangkan.
3.Siswa lebih semangatbelajar karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan
4.Melatih kerjasam

Kelemahan Model Pembelajaran Course Review Horay
1.Siswaaktif dan pasif nilainya disamaka
2.Adanya peluang untukcurang 

Comments