MARQUEEPANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2018 SD/MI EDISI REVISI/MARQUEE

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi

Dalam Surat Edaran disebutkan bahwa:
Dengan hormat kami kirimkan dokumen Panduan Penilaian pada SD Edisi Revisi tahun 2016, menggantikan Panduan Penilaian yg diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Desember 2015. Panduan Penilaian Edisi Revisi ini mengakomodasi beberapa hal, antara lain: (1). Perkembangan kebijakan pada bidang pendidikan, khususnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 tahun 2015 mengenai Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik serta Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menegah serta Peraturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 mengenai Standar Penilaian; (dua).hasil pemantauan serta evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 pada sekolah pelaksana; serta (3). Masukan dari banyak sekali pihak pada proses revisi serta uji coba dokumen Panduan Penilaian.

Mengingat pada waktu dekat umumnya sekolah pelaksana Kurikulum 2013 akan melaksanakan pembagian rapor, kami informasikan bahwa format rapor pada Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi ini nir berubah dari edisi sebelumnya: format rapor permanen sama menggunakan format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Desember 2015. Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi bisa dipergunakan menjadi acuan pelaksanaan proses penilaian mulai semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Pada Bulan Desember 2015, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan serta Pusat Kurikulum serta Perbukuan) telah menyusun serta menerbitkan Panduan Penilaian dalam Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya adalah Panduan Penilaian buat SD (SD).

Panduan evaluasi tadi dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik serta satuan pendidikan pada merencanakan dan melaksanakan evaluasi output belajar siswa yg meliputi evaluasi perilaku, pengetahuan, serta keterampilan, pula sebagai pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel serta informatif.

Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain: (1). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; (2). Peraturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 mengenai Standar Isi Pendidikan Dasar serta Menengah; (tiga). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar serta Menengah; (4). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan; (5). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti serta Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain untuk menyesuaikan menggunakan perkembangan dan perubahan kebijakan, mempertimbangkan masukan menurut aneka macam pihak serta output pemantauan serta evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan SD melaksanakan review serta revisi pada pedoman evaluasi yang diterbitkan sebelumnya, menggunakan asa kitab pedoman evaluasi bisa lebih memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu para pendidik dan satuan pendidikan agar bisa melaksanakan penilaian menggunakan baik dan benar.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan pada seluruh pihak atas kiprah sertanya pada menyusun panduan ini, khususnya pada Tim Penyusun dan Tim Ujicoba Lapangan yang telah bekerja keras sehingga panduan ini bisa diselesaikan menggunakan baik. Tetapi demikian, masukan serta saran terutama berdasarkan ketua sekolah, pendidik, serta orangtua siswa sangat diharapkan supaya panduan ini bisa terus disempurnakan di masa yg akan tiba.


Demikian ulasan singkat mengenai Panduan Penilaian Sekolah Dasar/MI Edisi Revisi semoga bermanfaat.


Comments