KHUSUS SOAL UKK SMA KELAS 11

Khusus Soal UKK Sekolah Menengah Atas Kelas 11

Khusus Soal UKK Sekolah Menengah Atas Kelas 11 - Penilaian pendidikan merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan dalam rangka  mengetahui sejauhmana kompetesi murid telah tercapai bedasarkan acuan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan bunyi pasal 58 Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 1 menyatakan bahwa evaluasi output belajar siswa dilakukan oleh pendidik buat memantau proses, kemajuan, dan pemugaran hasil belajar siswa secara berkesinambungan. Tahapan penilaian pendidikan dimulai berdasarkan ulangan harian, ulangan tengah semester, akhir semester, ujian sekolah dan ujian nasional. Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yg dilakukan sang satuan pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di akhir semester. Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD dalam semester tadi.
Berdasarkan ketentuan Permendiknas No 20 Tahun 2007 mengenai Standar Penilaian bahwa Ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas dilakukan oleh pendidik pada bawah koordinasi satuan pendidikan, sedangkan pada Kurikulum 2013 baku penilaian masih ada pada Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016 mengenai Standar Penilaian. Berdasarkan hal tersebut di atas maka pendidik atau guru berkewajiban serta berhak melakukan penilaian terhadap anak didiknya di bawah koordinasi sekolah sebagai satuan pendidikan. Ketentuan tadi mengisaratkan bahwa guru memegang peranan sangat penting buat mengetahui kemajuan belajar peserta didiknya melalui ulangan akhir semester. Hal ini sangat relevan menggunakan ciri evaluasi pendidikan dimana pihak yang paling ideal pada melakukan evaluasi pendidikan merupakan guru menjadi pendidik. Hal ini sangat berkaitan erat menggunakan tindak lanjut selesainya output penilaian tersebut diketahui. Tindak lanjut tersebut dapat berupa pengayaan dan pengayaan yg hanya dapat dilakukan oleh pengajar sebagai pihak yg paling tahu dengan ciri peserta didiknya.

Implementasi prinsip-prinsip penilaian pendidikan tadi di lapangan kerap menemui kasus dengan beragamnya latar belakang satuan pendidikan yg secara nyata masih menghadapi hambatan teknis. Beban kerja guru yg dirasa masih sangat berat jika wajib menyelenggarakan evaluasi pendidikan secara mandiri walaupun itu sekedar ulangan akhir semester. Sementara tuntutan administrasi pengajar pada kaitannya dengan peningkatan jenjang kepangkatan yg terkait menggunakan gaji memerlukan bukti fisik rekam jejak mengevaluasi siswa sangat dituntut.  Tahapan penilaian pendidikan yg lumayan panjang mulai menurut mempersiapkan kisi-kisi soal, kartu soal, pengetikan, editing, tray out, evaluasi, analisis penilaian serta tindak lanjut adalah sebuah pita lebar yg pada syarat normal saat ini sangat sulit dipenuhi guru. Akan namun secara ideal hal itu adalah galat satu sarat pada upaya mengetahui tingkat perkembangan murid pada dominasi kompetensi.

Masalah tadi adalah perkara umum yang dialami oleh semua jenjang pendidikan baik berdasarkan taraf dasar maupun menengah. Sehingga pada mengatasi permasalahan tersebut ditempuh beberapa upaya menggunakan tanpa meninggalakan hakekat dari prinsip evaluasi pendidikan tadi.  Pendidik beserta pendidik lainya yg dari dari satu satuan pendidikan atau dari beberapa satuan pendidikan bisa berkolaborasi dalam menciptakan instrument penilaian pendidikan tadi. Wadah yg umum dipakai merupakan Kelompok Kerja Guru buat taraf pendidikan dasar dan MGMP buat tingkat satuan pendidikan menengah.

Ulangan akhir semester  adalah kegiatan yg dilakukan sang pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di akhir semester satu. Cakupan ulangan  akhir semester mencakup semua indikator yg merepresentasikan semua KD dalam semester satu. Ulangan akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  mulut, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

Ulangan kenaikan kelas  merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik pada akhir semester genap buat mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi semua indikator yg merepresentasikan KD pada semester tersebut. Ulangan kenaikan kelas bisa berbentuk tes tertulis,  verbal, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas serta produk.


  1. Soal UKK Sekolah Menengah Atas TIK Kelas 11.zip
  2. Soal UKK SMA Sosiologi 1 Kelas 11.rar
  3. Soal UKK SMA Sosiologi dua Kelas 11.rar
  4. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Sosiologi tiga Kelas 11.rar
  5. Soal UKK SMA Sosiologi 4 Kelas 11.rar
  6. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Sejarah 1 Kelas 11.rar
  7. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Sejarah dua Kelas 11.rar
  8. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Sejarah 3 Kelas 11.rar
  9. Soal UKK SMA Fisika Kelas 11.zip
  10. Soal UKK Sekolah Menengah Atas PAI 1 Kelas 11.rar
  11. Soal UKK Sekolah Menengah Atas PAI 2 Kelas 11.rar
  12. Soal UKK SMA Matematika Kelas 11.zip
  13. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Kimia Kelas 11.zip
  14. Soal UKK SMA Geografi 1 Kelas 11.rar
  15. Soal UKK SMA Geografi dua Kelas 11.rar
  16. Soal UKK SMA Geografi 3 Kelas 11.rar
  17. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Ekonomi Kelas 11.zip
  18. Soal UKK Sekolah Menengah Atas Biologi Kelas 11.zip
  19. Soal UKK Sekolah Menengah Atas B. Inggris 1 Kelas 11.rar
  20. Soal UKK SMA B. Inggris dua Kelas 11.rar
  21. Soal UKK Sekolah Menengah Atas B. Inggris tiga Kelas 11.rar
  22. Soal UKK Sekolah Menengah Atas B. Inggris 4 Kelas 11.rar
  23. Soal UKK Sekolah Menengah Atas B. Inggris 5 Kelas 11.rar
  24. Soal UKK Sekolah Menengah Atas B. Indonesia 1 Kelas 11.rar
  25. Soal UKK Sekolah Menengah Atas B. Indonesia 2 Kelas 11.rar
  26. Soal UKK SMA Antropologi Kelas 11.zip

Demikian semoga materi Soal UKK Sekolah Menengah Atas Kelas 11 dapat bermanfaat
Link terkait:

Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya.

Comments