FREE DOWNLOAD RPP K13 KELAS 2 TEMA 1 SUBTEMA 2

Free Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 2

RPP adalah rencana aktivitas pembelajaran tatap muka buat satu rendezvous atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan berdasarkan silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar serta  Pendidikan Menengah.
Sehingga dengan berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, itulah terciptanya cara penyusunan RPP dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada siswa buat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, pandangan baru, penemuan dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca serta menulis yg didesain buat mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, serta berekspresi pada aneka macam bentuk goresan pena.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan acara anugerah umpan pulang positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan dalam keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, serta sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi berita dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, serta efektif sinkron menggunakan situasi serta syarat.

Komponen-komponen RPP

Sedangkan Komponen RPP dari Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah menjadi berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai menggunakan keperluan buat pencapaian KD serta beban belajar menggunakan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yg harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, menggunakan menggunakan kata kerja operasional yang bisa diamati dan diukur, yang meliputi perilaku, pengetahuan, serta keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran adalah penjabaran rinci berdasarkan indicator pencapaian kompetensi sebagai akibatnya secara hirarki dituliskan sehabis KD serta IPK)
  7. Kompetensi Dasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat liputan, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, serta ditulis pada bentuk buah-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik buat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya siswa mencapai KD yang diadaptasi menggunakan karakteristik peserta didik serta KD yg akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran buat mengungkapkan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, bisa berupa buku, media cetak dan elektronik, alam lebih kurang, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; serta 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Download RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 2



Demikian penerangan materi Free Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 2 semoga berguna.

Comments