FREE DOWNLOAD RPP K13 KELAS 2 TEMA 1 SUBTEMA 1

Free Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 1

Free Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 1 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka buat satu rendezvous atau lebih. RPP dikembangkan berdasarkan silabus buat mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik pada upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar serta Menengah serta Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah.
Pada dasarnya setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik buat berpartisipasi aktif, dan menaruh ruang yang relatif bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandirian sesuai dengan bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau dalam awal semester atau jua bisa disusun dalam athun baru pelajaran dimulai, namun yg paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara mandiri serta/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh ketua sekolah/ madrasah. 

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bisa juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antar sekolah atau antar daerah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi sang dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip menjadi berikut:

  • a. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, taraf intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, kebiasaan, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  • Partisipasi aktif siswa.
  • Berpusat dalam siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca serta menulis yg dirancang buat menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman majemuk bacaan, dan berekspresi pada aneka macam bentuk goresan pena.
  • Pemberian umpan kembali serta tindak lanjut RPP memuat rancangan acara anugerah umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  • Penekanan pada keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, serta asal belajar pada satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, serta keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi fakta dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sinkron menggunakan situasi serta syarat.

Komponen RPP

Sesuai dengan panduan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah mengungkapkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan:

  1. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. Kelas/semester,
  4. Materi pokok,
  5. Alokasi ketika dipengaruhi sinkron dengan keperluan buat pencapaian KD serta beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yg wajib dicapai,
  6. Tujuan pembelajaran yg dirumuskan menurut KD, dengan memakai istilah kerja operasional yg bisa diamati serta diukur, yg meliputi: perilaku, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. Kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi,
  8. Materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai menggunakan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. Metode pembelajaran, digunakan sang pendidik buat mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran supaya peserta didik mencapai KD yang diadaptasi menggunakan karakteristik peserta didik dan KD yg akan dicapai,
  10. Media pembelajaran, berupa indera bantu proses pembelajaran buat mengungkapkan bahan ajar,
  11. Sumber belajar, bisa berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, serta penutup, dan
  13. Penilaian output pembelajaran
Sebagai ga,mbaran lebih kentara dan bermakna silahkan download materi Free Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 1 pada pilihan menu link download di bawah ini:
RPP Kelas dua Tema 1 Sub 1 Pb 1 Hidup Rukun di Rumah.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 2 Hidup Rukun di Rumah.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb tiga Hidup Rukun di Rumah.doc
RPP Kelas dua Tema 1 Sub 1 Pb 4 Hidup Rukun di Rumah.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb lima Hidup Rukun di Rumah.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 6 Hidup Rukun di Rumah.doc
Demikian ulasan singkat materi Free Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 1 menggunakan asa bisa membantu bapak serta mak dan pengunjung yang dalam kesempatan kali ini sempurna dalam situs kami. Kurang serta lebihnya mohon maaf yang sebanyak-besarnya.
Rekomendasi jua Link download berikut:

Mohon maaf atas kekurangan kami pada memberikan materi, sebagai akibatnya senantiasa kami selalu menunggu kritik, saran serta masukan dari anda seluruh. Apabila nir keberatan silahkan masukkan email anda buat selalu memperoleh pembaharuan secara eksklusif pada waktu kami melakukan update materi.

Comments