FORMAT DAFTAR NILAI KELAS 2 K2018 SEMESTER GANJIL TERBARU

Format Daftar Nilai Kelas 2 K-2013 Semester Ganjil  Terbaru

Format Daftar Nilai Kelas 2 K-2013 Semester Ganjil  Terbaru - Penilaian merupakan komponen yg sangat penting dalam sistem pengajaran,sedangkan sistem pedagogi itu sendiri merupakan implemtasi kurikulum, menjadi upaya buat menciptakan belajar pada kelas.
Fungsi primer evaluasi dalam kelas merupakan buat menentukkan keberhasilan pedagogi. Hasil-output dicapai eksklusif bertalian dengan dominasi tujuan-tujuan yang menjadi sasaran.

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 lebih komplek jika dibandingkan dengan evaluasi pada kurikum KTSP. Dalam proses penilain kurtilas, seorang pengajar harus melakukan evaluasi menurut 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, evaluasi pengetahuan serta evaluasi keterampilan.

Salah satu adaministrasi yg harus disediakan pada penilaian adalah adanya buku nilai. Buku nilai berfungsi menjadi dokumentasi nilai siswa mulai evaluasi harian (PH), penilaian tengah semester (Perguruan Tinggi Swasta) dan penilaian akhir semester/Tahun(PAS/PAT). Karena adalah hal yg baru, admin sangat kesulitan mendapatkan buku evaluasi kurtilas yang sesuai menggunakan kebutuhan.

Berdasarkan hal tadi, kami mencoba untuk membuat format kitab   penilaian kurtilas yg bisa memenuhi kebutuhan admin secara langsung menjadi seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini berbasis tema karena dalam sistem pedagogi kurikulum 2013 pada sekolah dasar dilaksanakan pada bentuk tema, kecuali buat pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mulok.
Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan pada pembuatan kitab tematik yang nir konsisten. Misalnya saja. Pada kitab tematik kelas atas semester 2 tahun pelajaran 2017/2018, mata pelajaran Matematika dan Penjas orkes berada pada luar muatan kitab tematik. Tetapi pada tahun pelajaran 2018/2019, muatan pelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk kembali ke dalam kitab tematik.
Pelaksanaan evaluasi pada kurikulum 2013 nir jauh tidak selaras menggunakan evaluasi kurikulum KTSP yaitu meliputi penilaian harian, penilaian tengah semester serta evaluasi akhir semester. Penentuan bobot evaluasi buat tiap-tiap periode penilaian diserahkan pada sekolah masing-masing.

Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan, pada Buku Panduan dijelaskan bila dalam satu KD dengan materi yg sama dilakukan dua kali evaluasi menggunakan tehnik yg sama (misal pada Kompetensi Dasar (KD) 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali), maka nilai yang diambil nilai maksimum. Tetapi apabila evaluasi dilakukan menggunakan tehnik yg tidak selaras (misal praktek, produk dan proyek), maka nilai akhir dipengaruhi dengan mencari homogen-rata berdasarkan ketiga nilai tersebut. Adapun materi Format Daftar Nilai Kelas 2 K-2013 Semester Ganjil  Terbaru bisa didownload dalam menu yang sudah kami sediakan di bwah ini:

  1. Link Download: Daftar Nilai B Indonesia 2 Revisi 2017.xlsx
  2. Link Download: Daftar Nilai Matematika 2 Revisi 2017.xlsx
  3. Link Download: Daftar Nilai PAI-BP 2 Revisi 2017.xlsx
  4. Link Download: Daftar Nilai PJOK dua Revisi 2017.xlsx
  5. Link Download: Daftar Nilai PPKn dua Revisi 2017.xlsx
  6. Link Download: Daftar Nilai SBdP 2 Revisi 2017.xlsx

Demikianlah sekilas tentang materi Format Daftar Nilai Kelas 2 K-2013 Semester Ganjil  Terbaru dan penilaian pada kurikulum 2013 sinkron Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 yg diterbitkan Direktorat Pembinaan SD Dirjen Dikdasmen Kemdukbud RI Tahun 2016.

Comments