FAKTA UNIK PINGUIN KAISAR SI PINGUIN RAKSASA DARI ANTARTIKA


Penguin merupakan galat satu hewan yang eksotis. Burung satu ini memang tidak bisa terbang, tetapi mereka mampu ‘terbang’ dengan cara lain pada pada air. Terlebih mereka dikenal menjadi galat satu perenang yg sangat ulung.
Nah, menurut sekian banyak jenis penguin, terdapat yang dianggap dengan nama penguin kaisar. Sesuai dengan namanya, pinguin yg memiliki nama latin Aptenodytes forsten ini adalah spesies pinguin paling panjang dan berat di dunia, dengan panjang mencapai 122 centimeter serta bobot dari 22 sampai 45kg.
Penguin kaisar merupakan spesies penguin endemik yang tinggal di Antartika. Hewan ini pula sempat dimunculkan sebagai nama karakter antagonis pada serial komik Batman. Selain itu, fauna ini jua dikenal memiliki kemampuan adaptasi secara fisiologis serta melakukan kerjasama buat menyesuaikan diri pada lingkungan yg keras.
Seekor penguin kaisar betina biasanya akan meninggalkan telurnya sampai menetas. Sebagai gantinya, penguin kaisar jantan yang mempunyai ukuran tubuh lebih akbar akan bertugas buat mengerami telur tadi. Tak hanya itu, penguin kaisar jantan juga bertugas melindungi telur itu. Menariknya, selama mengerami telur yg berjalan sampai tiga bulan, penguin raja jantan tidak akan makan apapun.
Penguin kaisar jua adalah spesies burung yg sanggup bertahan pada lingkungan paling dingin, menggunakan suhu hingga -40 derajat Celcius serta kecepatan angin hingga 144km per jam. Untuk bertahan pada lingkungan ekstrem, penguin ini mempunyai lemak setebal dua-3 centimeter. Penguin kaisar adalah seekor hewan pemakan daging. Makanan favoritnya diantaranya adalah ikan, udang serta cumi-cumi.
Selain itu, penguin kaisar adalah seseorang penyelam yg sangat andal. Mereka bisa berenang sampai 15 km serta menyelam menggunakan kedalaman 900 kaki selama 18 mnt. Bahkan seekor bayi penguin kaisar pun tak pernah diajari orang tuanya buat menyelam. Mereka mempunyai kemampuan tersebut secara alami.
Sumber: Binatang.net

Comments