DOWNLOAD RPP K13 KELAS 2 TEMA 1 SUBTEMA 3

Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 3

Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 3 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan planning kegiatan pembelajaran tatap muka buat satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus buat mengarahkan aktivitas pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 mengenai Pembelajaran pada Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah.
Pada dasarnya setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik buat berpartisipasi aktif, dan menaruh ruang yg relatif bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandirian sinkron menggunakan bakat, minat, serta perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau dalam awal semester atau juga dapat disusun pada athun baru pelajaran dimulai, tetapi yg paling perlu diperbaharui sebelum aplikasi pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat dilakukan sang pengajar secara berdikari serta/atau secara berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah dengan memakai fasilitas Kelompok Kegiatan Pengajar (KKG/MGMP). 

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bisa pula dilakukan sang pengajar secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, serta disupervisi oleh dinas pendidikan atau tempat kerja Kementerian Agama setempat.

Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip menjadi berikut:

  • Perbedaan individual peserta didik diantaranya kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan spesifik, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  • Partisipasi aktif peserta didik.
  • Berpusat pada siswa buat mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan, dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca serta menulis yg dirancang buat menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman majemuk bacaan, serta berekspresi pada aneka macam bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik serta tindak lanjut RPP memuat rancangan acara anugerah umpan pulang positif, penguatan, pengayaan, serta remedi.
  • Penekanan pada keterkaitan serta keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, serta keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi fakta dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, serta efektif sesuai dengan situasi dan syarat.

Komponen RPP

Sesuai menggunakan panduan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:

  • identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  • kelas/semester,
  • materi utama,
  • alokasi waktu dipengaruhi sinkron menggunakan keperluan buat pencapaian KD dan beban belajar menggunakan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yg harus dicapai,
  • tujuan pembelajaran yg dirumuskan berdasarkan KD, menggunakan menggunakan kata kerja operasional yg dapat diamati serta diukur, yg mencakup: perilaku, pengetahuan, dan keterampilan,
  • kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi,
  • materi pembelajaran, memuat: keterangan, konsep, prinsip, dan mekanisme yg relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai menggunakan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  • metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik buat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya siswa mencapai KD yang diubahsuaikan menggunakan karakteristik siswa dan KD yg akan dicapai,
  • media pembelajaran, berupa indera bantu proses pembelajaran untuk mengungkapkan materi pelajaran,
  • sumber belajar bisa berupa: kitab , media cetak serta elektronik, alam kurang lebih, atau sumber belajar lain yang relevan.
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, serta epilog, dan
  • penilaian hasil pembelajaran.
Baca balik :
RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 1
RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 2
Sebagai gambaran lebih jelas serta bermakna silahkan download materi RPP K13 Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 dalam menu link download pada bawah ini:
Link Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 3


Demikian ulasan singkat materi Download RPP K13 Kelas dua Tema 1 Subtema 3 dengan harapan bisa membantu bapak serta bunda serta pengunjung yang pada kesempatan kali ini sempurna dalam situs kami. Kurang serta lebihnya mohon maaf yg sebesar-besarnya.

Comments