DOWNLOAD FORMULIR SUPERVISI KELAS TERBARU GRATIS

Pengertian Supervisi Kelas

Menurut Wajowasito dan Poerwadarminta,  secara etimologis pengawasan dialih bahasakandari bahasa Inggris, yaitu “Supervision” merupakan supervisi.

Sedangkan menurut Ametembun, mengungkapkan bahwa dipandang daribentuk perkataannya, supervisi terdiri dari 2 buah kata super + vision :Super = atas, lebih, Vision = lihat, tilik, awasi. Makna yg terkandung daripengertian tersebut, bahwa seorang supervisor memiliki kedudukan atau posisilebih dari orang yg disupervisi, tugasnya merupakan melihat, menyelidiki ataumengawasi orang-orang yang disupervisi. Demikian jua para pakar dalam bidangadministrasi pendidikan memberikan kesepakatan bahwa supervisi pendidikanmerupakan disiplin ilmu yg memfokuskan diri pada pengkajian peningkatansituasi belajar-mengajar.

Supervisi yang dilakukan oleh pengawas satuan pendidikan,tentu memiliki misi yg tidak sinkron menggunakan supervisi oleh ketua sekolah. Dalamhal ini pengawasan lebih ditujukan buat memberikan pelayanan kepada kepalasekolah dalam melakukan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisienserta membuatkan mutu kelembagaan pendidikan.

Sependapat dengan Razik  yang menyatakan bahwa pada konteks pengawasanmutu pendidikan, maka supervisi sang pengawas satuan pendidikan antara lainkegiatannya berupa pengamatan secara intensif terhadap proses pembelajaran padalembaga pendidikan, kemudian ditindak lanjuti dengan pemberian feed back.

Rifa’i merumuskan istilah pengawasan adalah pengawasanprofesional, karena hal ini di samping bersifat lebih spesifik pula melakukanpengamatan terhadap aktivitas akademik yg mendasarkan dalam kemampuan ilmiah,dan pendekatannya pun bukan lagi pengawasan manajemen biasa, namun lebihbersifat menuntut kemampuan professional yang demokratis serta humanistik olehpara pengawas pendidikan.
Dalam penelitian ini, yg dimaksud supervisi adalah bantuandalam pengembangan situasi belajar-mengajar sang pengawas sekolah agarmemperoleh syarat yg lebih baik.

Bagi yang memerlukan formulir yang akan melakukan supervisi pengajar kelas khususnya bagi kepala sekolah yg akan melaksanakan kegiatan tadi, silahkan anda download file nya di bawah postingan ini. 

Formulir ini saya sengaja sisihkan agar dalam saat mendownloadnya anda tidak terlalu gundah, sebagai akibatnya nanti dalam ketika pengerjaannya anda nir lagi direpotkan buat membuat formulir tadi. Setelah anda mendownloadnya, lalu anda sesuaikan dengan syarat di sekolah anda masing-masing.

Download Formulir Supervisi Kelas Terbaru Gratis di bawah ini :


Sumber: s3mlah


Comments