DAFTAR NILAI KELAS 3 SEMESTER GANJIL K2018 REVISI 2018

Daftar Nilai Kelas tiga Semester Ganjil K-2013 Revisi 2018

Daftar Nilai Kelas tiga Semester Ganjil K-2013 Revisi 2018 - Penilaian adalah komponen yg sangat penting dalam sistem pedagogi,sedangkan sistem pengajaran itu sendiri adalah implemtasi kurikulum, sebagai upaya untuk membangun belajar di kelas. Fungsi primer penilaian dalam kelas adalah buat menentukkan keberhasilan pengajaran. Hasil-output dicapai eksklusif bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yg menjadi target.
Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 lebih komplek jika dibandingkan menggunakan penilaian di kurikum KTSP. Dalam proses penilain kurtilas, seseorang pengajar wajib melakukan penilaian berdasarkan 4 aspek yaitu penilaian spiritual, evaluasi sosial, evaluasi pengetahuan serta evaluasi keterampilan.
Salah satu adaministrasi yang wajib disediakan dalam evaluasi adalah adanya buku nilai. Buku nilai berfungsi sebagai dokumentasi nilai anak didik mulai evaluasi harian (PH), evaluasi tengah semester (PTS) dan evaluasi akhir semester/Tahun(PAS/PAT). Karena adalah hal yg baru, admin sangat kesulitan mendapatkan kitab penilaian kurtilas yang sinkron menggunakan kebutuhan.

Berdasarkan hal tersebut, kami mencoba untuk membuat format kitab   evaluasi kurtilas yang bisa memenuhi kebutuhan admin secara langsung sebagai seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini berbasis tema lantaran dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 pada sekolah dasar dilaksanakan pada bentuk tema, kecuali buat pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mulok.
Ada kesulitan tersendiri pada pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang nir konsisten. Misalnya saja. Dalam kitab tematik kelas atas semester dua tahun pelajaran 2017/2018, mata pelajaran Matematika dan Penjas orkes berada di luar muatan kitab tematik. Tetapi pada tahun pelajaran 2018/2019, muatan pelajaran matematika kelas 4 serta 6 masuk kembali ke dalam buku tematik.
Pelaksanaan evaluasi pada kurikulum 2013 nir jauh tidak sinkron menggunakan penilaian kurikulum KTSP yaitu mencakup penilaian harian, penilaian tengah semester dan evaluasi akhir semester. Penentuan bobot penilaian untuk tiap-tiap periode penilaian diserahkan pada sekolah masing-masing.

Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan, pada Buku Panduan dijelaskan bila pada satu KD dengan materi yg sama dilakukan 2 kali evaluasi dengan tehnik yang sama (misal dalam Kompetensi Dasar (KD) 4.1 melakukan evaluasi praktek dua kali), maka nilai yang diambil nilai maksimum. Tetapi apabila evaluasi dilakukan menggunakan tehnik yang berbeda (misal praktek, produk serta proyek), maka nilai akhir dipengaruhi menggunakan mencari rata-rata menurut ketiga nilai tersebut. Adapun materi Daftar Nilai Kelas tiga Semester Ganjil K-2013 Revisi 2018 bisa didownload pada menu yg teah kami sediakan pada bwah ini:
Link Download: Daftar Nilai K13 Kelas tiga Semester 1 Revisi 2018.xlsx
Demikianlah sekilas penjelasan materi tentang Daftar Nilai Kelas tiga Semester Ganjil K-2013 Revisi 2018 yg sudah disesuai Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 yg diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Dikdasmen Kemdukbud RI Tahun 2016.

Comments