CARA MENGIDENTIKASI ISI DAN BAGIAN SUATU TEKS

Kompetensi : Mengidentiļ¬kasi isi serta bagian suatu teks

Isi dan Bagian Teks
Teks atau wacana adalah sebuah naskah yang terbentuk menurut paragraf-paragraf yang kohesif serta koherensif. Adapun penerangan lebih lanjut tentang kohesi dan koherensi akan dijelaskan berikut:

1. Kesatuan (kohesi): Di dalam paragraf hanya terdapat satu, konflik yg umumnya dianggap pikiran primer/gagasan/utama/inspirasi pokok/gagasan utama.
Cara menuangkan pikiran primer ada 2 cara, yaitu:
a. Tersurat: pikiran utama kentara tertuang di dalam kalimat dalam sebuah paragraf. Hal itu berarti masih ada kalimat primer pada sebuah paragraf.

Cara meletakkan kalimat utama terdapat 3 cara, yaitu:
1). Pada awal paragraf (paragraf dedukif), pikiran utama dalam paragraf deduktif terletak dalam awal paragraf. Kalimat-kalimat kedua sampai kalimat terakhir adalah kalimat penjelas.

Contoh:
Tempat tinggalku sangat menyenangkan. Kakak dan saudara termuda-adikku serta aku merasa tenteram apabila berada di tempat tinggal . Kami mampu berdiskusi, bercengkerama, serta kadang bersenda gurau buat hal-hal yang lucu. Ternan-temanku jua merasa betah bila belajar pada rumahku. Di samping tempatnya nyaman, jauh berdasarkan kebisingan suara kendaraan beroda empat, pula penghuninya ramah tamah.
Pikiran primer paragraf pada atas adalah rumah yg rnenyenangkan. Perhatikan model kerangka paragraf serta pengembangan paragraf berpola deduksi berikut!

  • Pikiran primer/gagasan primer/ide pokok:

          Keindahan alam yg mengecewakan
  • Pikiran penjelas:

          a. Manusia sudah mengubah segaianya
          b. Hutan sawah, serta ladang tegusur
          c. Pohon sudah ridak ada
          d. Pagar bunga telah berganti
          e. Pembangunan gedung-gedung mewah
Bernostalgia indahnya alam di Batu Malang hanya akan mengakibatkan kekecewaan. Dalam kurun waktu tiga puluh tahun dinamika kehidupan anak-anak manusia sudah mengubah segalanya. Hutan, sawah, dan ladang tergusur oleh banyak sekali bentuk bangunan yang meluncur berdasarkan kota. Ranting dan cabang pohon sudah berganti menggunakan teruji besi. Pagar tanaman bunga bermekaran dengan indahnya sudah diterjang tembok beton yg megah serta kokoh. Batu-batu,gunung telah berubah menjadi gedung plaza megah.

2). Pada akhir paragraf [Paragraf induktif], pikiran utama pada paragraf induktif terletak dalam akhir paragraf. Sebuah paragraf induktif umumnya mempunyai kalimat simpulan yang eksplisit pada bagian akhir paragraf. Oleh karenanya, sebuah kalimat akhir sebuah paragraf induktif umumnya diawali Kata hubung jadi, oleh karenanya, dengan demikian, serta lain-lain.

Contoh:
Belakangan ini batik mulai diincar oleh kaum muda. Alasannya praktis, batik mampu dipakai pada aneka macam kesempatan. Tak hanya sebatas buat program resmi misalnya pada berbagai pasta, batik juga dapat digunakan menjadi busana sehari-hari yang unik. Memang sekarang batik tak hanya identik menjadi busana lawas yg digandrungi kaum tua.

3). Paragraf awal dan akhir paragraf paragraf adonan Paragraf campuran memang nir lazim ditemukan. Pada paragraf jenis ini, kalimat pertama dan kalimat akhir paragraf memiliki maksud yg sama (pengulangan), namun kalimatnya saja yg tidak selaras.

Contoh:
Bagi manusia bahasa merupakan alat komunikasi yg sangat krusial. Dengan bahasa manusia dapat membicarakan isi hatinya kepada sesamanya. Dengan bahasa itu jua manusia dapat mewarisi dan mewariskan, menerima serta menaruh segala pengalamannya pada sesamanya. Tanpa bahasa, orang sulit buat bermasyarakat atau bersosialisasi menggunakan lingkungannya. Jelaslah bahwa bahasa merupakan wahana yg paling penting dalam kehidupnn insan.

b. Tersirat; pikiran utama dalam paragraf ini tidak tertuang pada dalam kalimat utama. Pikiran utamanya menyebar pada seluruh kalimat dalam sebuah paragraf. Jadi, paragraf ini tidak terdapat kalimat utama. Paragraf berjenis narasi (cerita) merupakan satu-satunya jenis paragraf yang letak kalimat utamanya tersirat.
Contoh:
Pada bulan Januari 1946 ada sebuah kapal penumpang bertolak menurut Surabaya ke Jakarta. Di antaranya ada sejumlah penumpang yang merupakan sukarelawan perang dari dari Jakarta. Mereka telah dikirim sang satuannya buat mempertahankan Surabaya. Tidak jauh berdasarkan Selat Madura datang-tiba terjadi ledakan dahsyat. Kapal tersebut telah melanggar ranjau bahari. Perlahan-huma kapal itu karam beserta isinya.

2. Kepaduan [koherensi]: Paragraf yg dibangun sang kekornpakkan semua kalimat pada dalam paragraf tadi. Kalimat yg satu menggunakan yang lainnya tersusun secara logis. Untuk menciptakan paragraf kohesi, bisa menggunakan kata penghubung antarkalimat dan menggantikan sebuah kata dengan istilah ganti tunjuk, kata ganti orang, atau istilah lain yang implisit pada kalimat sebelumnya.

Contoh:
Nadia, Danti, serta Sakila dalam Minggu pagi sudah berada pada Bandara Soekarno-Hatta. Mereka akan berlibur di Bali. Selama di sana mereka akan menginap di rumah nenek. Hal itu akan membuat mereka sangat bahagia. Oleh karena itu, tiada tampak murung ataupun murung dalam wajah mereka.

SOAL DAN PEMBAHASAN
1. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
(1) Semua orang tua tentu berharap supaya kelak anaknya sebagai orang sukses. (dua) lndikator kesuksesan biasanya di1ihat berdasarkan pekerjaan. (tiga) Oleh karena itu, banyak orangtua memilih pendidikan yang sempurna, supaya anaknya bisa bersaing di dunia kerja. (4) Pendidikan yg tepat memang akan menciptakan peluang kerja di masa depan semakin terbuka luas.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat dalam kalimat ....
a. 4                    b. 3             c. 2      d. 1
Pembahasan:
Kalimat utama merupakan suatu kalimat yg mengandung pandangan baru pokok dari paragraf tersebut. Letak kalimat primer terdapat di 2 loka, yaitu kalirnat pertama atau kalimat keempat. Kata kuncinya merupakan ilham pokok, terdapat di awal atau di akhir. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat di awal kalimat karena kalimat tadi mengandung wangsit utama (bagian paling krusial) paragraf. Kalimat-kalimat selanjutnya adalah penjelas.

Jawaban: D

2. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Untuk menambah kompetensi di global kerja, bahasa lnggris perlu dikuasai. Penggunaan bahasa lnggris memiliki nilai krusial buat mendongkrak kemajuan karier. Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, seseorangyang menguasai bahasa lnggris otomatis memiliki peluang kerja. Seseorang yg nir menguasai bahasa lnggris peluangnya lebih kecil buat diterima sebagai karyawan.

Gagasan utama paragraf tersebut merupakan......
a. Penguasaan bahasa lnggris bagi pencari kerja
b. Bahasa lnggris untuk mendcmgkrak kemajuan
c. Dunia kerja semakin komperitif menggunakan bahasa lnggris
d. Peluang kerja bagi yg nir mampu berbahasa lnggris
Pembahasan:
Gagasan primer adalah suatu pandangan baru pokok yang terdapat pada suatu paragraf. Setiap paragraf mempunyai gagasan utama menjadi pengendali. Dikatakan sebagai pengendali karena gagasan pokok itu mengendalikan uraian selanjutnya sehingga gagasan utama dan penjelasnya menjadi satu makna. Gagasan pokok paragraf itu adalah “Penguasaan bahasa inggris bagi pencari kerja."

Jawaban : A

Comments