BUKU PAIBP K13 UNTUK SISWA SD/MI KELAS 123456 REVISI 20182018

Buku PAIBP K13 Untuk Siswa SD/MI Kelas 1,2,tiga,4,5,6 Revisi 2017-2018

Kurikulum 2013 disusun buat menyempurnakan kurikulum sebelumnya menggunakan pendekatan belajar aktif menurut nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah sudah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran, diantaranya, adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Secara khusus, dalam kurikulum 2013, disusun kompetensi inti. Kompetensi inti adalah kemampuan yg harus dimiliki siswa melalui kompetensi dasar yang diorganisasi pada pembelajaran integratif serta pendekatan pembelajaran anak didik aktif.

Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, serta keterampilan yg dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan konduite dalam pengamalan ajaran agama serta budi pekerti sebagai perhatian primer. Tujuan penyusunan kitab ini merupakan buat memberikan panduan bagi pengajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, serta melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta Budi Pekerti. Dalam kitab ini masih ada 5 hal krusial, yg perlu mendapat perhatian spesifik, yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, serta interaksi antara guru dan orang tua siswa.
Baca pula: Buku PAIBP K13 Untuk Pengajar SD/MI Kelas 1,dua,tiga,4,lima,6 Revisi 2017-2018
Dengan demikian tujuan pembelajaran diperlukan dapat tercapai hasil optimal serta selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu berbagi potensi siswa agar menjadi insan yang beriman serta bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta sebagai warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Misi diutusnya Nabi adalah buat menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan menggunakan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah buat menebarkan afeksi pada semesta alam. Dengan demikian, di pada ayat al-Qur’an ini dipakai struktur gramatika yg memperlihatkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak merupakan yg terpenting. Penguatan akidah merupakan dasar. Sementara, ibadah adalah wahana, sedangkan tujuan akhirnya merupakan pengembangan akhlak mulia.

Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yg paling sempurna imannya merupakan yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yg paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.” Dengan istilah lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah serta kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam serta Budi Pekerti diorientasikan dalam pembentukan akhlak yg mulia, penuh kasih sayang, pada segenap unsur alam semesta.

Hal tadi selaras menggunakan Kurikulum 2013 yg dibuat buat menyebarkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Selain itu, siswa nir hanya diharapkan bertambah pengetahuan serta wawasannya, akan tetapi jua meningkat kecakapan dan keterampilannya dan semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa aktivitas keagamaan yg wajib dilakukan siswa pada bisnis memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan konkret serta sikap keseharian yg sesuai menggunakan tuntunan agamanya, baik pada bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat krusial buat menaikkan serta menyesuaikan daya serap siswa menggunakan ketersediaan kegiatan yang ada pada kitab ini. Guru bisa memperkayanya dengan ciptaan dalam bentuk kegiatan-aktivitas lain yang bersumber menurut lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Implementasi Kurikulum 2013 sudah mendapatkan tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan serta penyempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengundang para pembaca memberikan kritik, saran serta masukan buat perbaikan serta penyempurnaan dalam edisi berikutnya. Atas donasi tersebut, penulis mengucapkan terima kasih. Praktis-mudahan kita bisa menaruh yang terbaik bagi kemajuan global pendidikan khususnya di Indonesia.



Demikian semoga materi yang sudah kami bagikan ini yaitu Buku PAIBP K13 Untuk Siswa SD/MI Kelas 1,2,tiga,4,5,6 Revisi 2017-2018 bermanfaat.

Comments