BUKU GURU DAN SISWA KURIKULUM 2018 REVISI 2018 KELAS II SEMESTER 2

 Secara generik mengenai Buku Guru serta Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas II Semester dua  dapat kami uraikan secara singkat menjadi berikut.
Tentang Buku Guru Pembelajaran Tematik Terpadu KelasII
BukuGuru disusun buat memudahkan para guru pada melaksanakan pembelajaran
tematikterpadu. Buku ini mencakup hal-hal menjadi berikut.
  1. Jaringan tema yg memberi citra kepada guru mengenai suatu tema yangmelingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam setiap aktivitas pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu buat menggambarkan pembelajaran yangmenyatu serta mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna buat membentuk sikap serta konduite positif,dominasi konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi,kemampuan merampungkan masalah, inquiri, kreativitas, dan pribadireflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian murid.
  6. Informasi yang menjadi acuan aktivitas remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan hubungan pengajar serta orang tua, yang menaruh kesempatan kepada orangtua buat ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di tempat tinggal .
  8. Petunjuk penggunaan kitab murid. Kegiatan pembelajaran pada buku ini dirancanguntuk menyebarkan kompetensi (perilaku, pengetahuan, dan keterampilan) siswamelalui kegiatan yang bervariasi. Aktivitas tadi mencakup hal-hal sebagaiberikut.

  1. Membuka pembelajaran dengan cara yang menarik perhatian murid, seperti mengamatigambar, membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan,demonstrasi, pemecahan kasus, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga anak didik dapat mengorganisasi informasiyang disampaikan (apa yang dipandang, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan anak didik yang diperoleh sebelumnya agar murid dapat mengaitkanpengetahuan terdahulu menggunakan yang akan dipelajari.
  4. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi tugas yg dapat membuatkan kepandaian tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan buat melatih keterampilan atau konsep yang sudah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yg akan menguatkan pemahaman murid.
Dan berikut adalah link download Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas II Semester dua :


TentangBuku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II
  1. Buku Siswamerupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yg akan memudahkan para siswaterlibat aktif pada pembelajaran.
  2. Buku Siswadilengkapi menggunakan penerangan lebih rinci mengenai isi serta penggunaan sebagaimanadituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatanpembelajaran yg terdapat pada Buku Siswa lebih adalah model kegiatan yg dapatdipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diperlukan mampumengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut menggunakan memanfaatkanalternatif-alternatif aktivitas yang ditawarkan di pada Buku Guru, ataumengembangkan ilham-wangsit pembelajaran sendiri.
  4. Pada semesterII masih ada 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema diuraikanke pada 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan buat 1 hari.penjelasan lebih rinci tentang kegiatan pembelajaran dituangkan pada BukuGuru.
  5. Strukturpenulisan buku semaksimal mungkin memuat pendekatan saintifik, yaitu mengamati,menanya, menalar, mencoba, serta mengomunikasikan.
  6. Muatanaktivitas anak didik pada buku ini meliputi 4 kompetensi inti dan memuat 3 ranah,yaitu ranah kognitif, psikomotor (skill), serta afektif.
  7. Buku inibersifat serba-meliputi (self contained) supaya bisa digunakan oleh orangtua secara mandiri buat mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiapakhir pembelajaran, terdapat kolom buat orang tua dengan subjudul KegiatanBersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yg dapat dilakukanorang tua beserta anak didik. Orang tua dibutuhkan berdiskusi dan terlibat aktifdalam kegiatan belajar siswa.
  9. Tekspelajaran membaca yg merupakan konsumsi anak didik, wacana-wacana yg terdapat di bukusiswa diperuntukkan bagi pengajar serta murid.
Berikut ini adalah daftarTema dan Subtema Buku Kurikulum 2013 Kelas dua Semester dua sbb:

Tema5 Pengalamanku

Subtema 1 : Pengalamankudi Rumah
Subtema 2 : Pengalamankudi Sekolah
Subtema 3 : Pengalamankudi Tempat Bermain
Subtema 4 : Pengalamankudi Tempat Wisata

Tema6 Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema 1 : Hewan diSekitarku
Subtema dua : MerawatHewan di Sekitarku
Subtema 3 : Tumbuhan diSekitarku
Subtema 4 : MerawatTumbuhan

Tema7 Kebersamaan

Subtema 1 : Kebersamaandi Rumah
Subtema 2 : Kebersamaandi Sekolah
Subtema tiga : Kebersamaandi Tempat Bermain
Subtema 4 : Kebersamaandi Tempat Wisata

Tema8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah
Subtema dua : MenjagaKeselamatan di Rumah
Subtema 3 : AturanKeselamatan di Perjalanan
Subtema 4 : MenjagaKeselamatan pada Perjalanan

Link download Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas II Semester 2 sbb:
Demikian materi Buku Guru serta Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas II Semester 2 yg kami bagikan semoga bermanfaat.

Comments