BUKU GURU DAN SISWA KURIKULUM 2018 KELAS 5 SEMESTER 1 REVISI 2018


 Download Buku Guru serta Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Revisi 2017

Kurikulum 2013 atau yangsering diklaim (Kurtilas) dalam perjalan penerapan di masing-masing sekolahsampai menggunakan tahun pelajaran 2017/2018 telah mengalami aneka macam perubahan ataurevisi, sebagai akibatnya apabila pendidik kurang komunikatif sudah bisa dipastikanakan ketinggalan zaman.

Di pada Kurikulum 2013terdapat Buku Guru serta Buku Siswa yang masing-masing mempunya fungsi dankedudukan yang sendiri-sendiri, meskipun pada dasarnya mempunya kecenderungan, namununtuk mempermudah dan memperjelas berikut ini.

I.Kedudukan serta Fungsi Buku Guru

BukuGuru  adalah pedoman bagi pengajar pada melaksanakan pembelajaran pada kelas.berikut ini penjelasan tentang fungsi kitab guru.

A.Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Seorang Guru harus mempelajariterlebih dahulu cara penggunaan Buku Guru. Pengajar dibutuhkan menemukan fakta menjadi berikut.
  1. Urutan acuan bahan ajar yangdikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan KompetensiDasar dari masing-masing muatan pelajaran, yg lalu dipadukan  pada satu tematertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing temayang berisi kompetensi dasar serta indikator dari masing-masing muatan pelajaranyang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yg dikembangkandari subtema menggunakan tujuan supaya pengajar secara bertahap dapat menyelenggarakanproses pembelajaran yg sinkron dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai murid.
B.Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
Buku Pengajar menyajikanhal-hal menjadi berikut.

  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yangharus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran menurut masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yangdapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  gurusudah menyiapkan media-media pembelajaran yg diharapkan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaranyang dilakukan pada menyelenggarakan proses pembelajaran supaya dapat membantuguru pada menyusun planning pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematismengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan tentang teknik serta instrumenpenilaian yg bisa dipakai pada setiap pilihan pembelajaran yg mungkinmemiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yangsesuai dengan pilahan pembelajaran yg ada pada Buku Siswa.
II.Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku Guru dipergunakan sebagai pedoman aktivitaspembelajaran buat memudahkan siswa pada menguasai kompetensi eksklusif. Bukuini juga digunakan buat melaksanakan aktivitas-kegiatan dalam prosespembelajaran (activities based learning) di mana isinyadirancang dan dilengkapi dengan contoh-model lbr kegiatan agar anak didik dapatmempelajari sesuatu yg relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalammengikuti proses pembelajaran melalui aktivitas mengamati, menanya, mencoba,menalar, berdiskusi dan menaikkan kemampuan berkomunikasi baik antartemanmaupun dengan gurunya. Guru  dapat berbagi atau memperkaya materidan aktivitas lain yang sinkron dengan tujuan pembelajaran yg telah ditetapkan.

Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswayang dapat dirinci menjadi berikut.
  1. Panduan bagi siswa dalam melaksanakankegiatan-aktivitas pembelajaran
  2. Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang tua
  3. Lembar Kerja Siswa
  4. Penilaian dan Portofolio
  5. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
  6. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
  7. Sebagaialat/instrumen pembantu bagi siswa pada melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harianyang sudah dilakukan. 
Download Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 Revisi 2017:
Buku Pengajar Kelas V Tema lima Revisi 2017.pdf
Buku Pengajar Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Pengajar Kelas V Tema dua Revisi 2017.pdf
Buku Pengajar Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Pengajar Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf
Download Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas lima Revisi 2017:
Buku Siswa Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf



Comments