APLIKASI RAPORT K13 SMA PERMENDIKBUD 23 TAHUN 2018 REVISI 2018

Aplikasi Raport Sebagian orang menganggap bila pelukisan dibuat otomatis menggunakan personal komputer tidak mampu menggambarkan kondisi anak didik yang sebenarnya. Bagi kami anggapan itu sangat galat, karena Aplikasi Raport K13 yang kami buat sesuai menggunakan petunjuk penilaian yg diperlukan. Semakin poly nilai KD yg masuk maka akan semakin variatif deskripsi Nilai yang benar-benar menggambarkan pencapaian hasil belajar siswa dalam satu semester.

Aplikasi RAPORT K13 SMA Permendikbud 23 Tahun 2016 Revisi 2017


Banyak aplikasi Penilaian K-13 yg telah didesain buat membantu para Guru pada melaksanakan tugas. Saran kami jangan tergesa-gesa menciptakan keputusan menentukan Aplikasi Raport K13 yg akan dipakai sebelum mencoba dan membanding-bandingkan.

Pilihlah pelaksanaan Raport yang SEDERHANA, VALID, DESKRIPSI OTOMATIS serta DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN.

  1. Desain sederhana. Sederhana bukan berarti tidak lengkap. Sederhana dalam sebuah desain pelaksanaan bermakna praktis, gampang dipakai, ukuran arsip yg kecil (karena kurang dari 1 mb) dan tidak membingungkan. Kesederhanaan sangat penting, mengingat yg akan menggunakan adalah para pengajar yang belum tentu menguasai personal komputer .
  2. Harus Valid terkait rumus penentuan hasil akhir Nilai, Deskripsi otomatis dan Rentang Interval KKM sinkron petunjuk yang terdapat pada Peraturan Menteri.
  3. Dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yg terkait menggunakan Penilaian.
  4. Dapat menciptakan proses evaluasi yg lebih baik daripada cara-cara manual, menggunakan demikian syarat pembelajaran akan jauh lebih baik.

Beberapa syarat diatas ada di Aplikasi Raport K13 yg berbasis Excel. Kita tahu bahwa acara Excel sudah sangat familier pada sekolah. Aplikasi dengan file yg relatif kecil ini nir berarti minim isi. Namun justru kebalikannya, meskipun mini tetapi isinya komplit. Dengan kecilnya ukuran file diperlukan bisa dengan gampang dipakai menggunakan spesifikasi komputer yg rendah.

Beberapa kelebihan Aplikasi Raport K13 buat SMA ini antara lain;

  1. Deskripsi otomatis. Rumusan pelukisan sesuai kitab petunjuk yg diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berhubungan menggunakan Badan Penelitian serta Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan). Semakin poly nilai yg dientry, semakin variatif pelukisan yg timbul.
  2. Penentuan Interval Nilai Otomatis, baik yang mengacu KKM Tunggal juga KKM Banyak (multi KKM)
  3. Pengisian Nilai Sikap yg sederhana dengan hasil seperti asa.
  4. Penulisan Catatan Wali kelas yang lebih mudah namun permanen variatif.
  5. Pemuatan DKN menggunakan mencantumkan Ranking nilai.
  6. Penerbitan Buku 1 yang sangat bermanfaat bagi Wali Kelas buat mengetahui menggunakan gampang bukti diri siswa.

Kritik saran berdasarkan pembaca dan pengguna selalu kami tunggu, agar pelaksanaan ini sebagai lebih baik.

Download:

Aplikasi RAPORT K13 SMA
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Raport
Panduan Penilaian K13-Sekolah Menengah Atas

Comments