ZEUS BAPAK PARA DEWA DAN MANUSIA

Zeus adalah raja para yang kuasa dalam mitologi Yunani. Dalam Theogonia karya Hesiodos, Zeus disebut menjadi "Bapak para Dewa serta manusia". Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Zeus merupakan yang kuasa langit dan petir. Simbolnya adalah petir, elang, banteng, serta pohon ek. Zeus seringkali terjadi sang artis Yunani pada posisi berdiri menggunakan tangan memegang petir atau duduk pada tahtanya. Zeus juga dikenal di Romawi Kuno dan India kuno. Dalam bahasa Latin disebut Iopiterilik dalam bahasa Sansekerta dianggap Dyaus-pita.
Zeus adalah dewa mitos Yunani kuno. Diaadalah putra Rhea dan Cronus, dan adalah anak bungsu dari enam anak. AyahZeus, Cronus, memahami bahwa pada akhirnya beliau akan digulingkan sang anaknya, jadiketika Zeus lahir, dia bermaksud menelannya secara holistik. Rhea, mak Zeusmenyerahkan Cronus sebuah selimut yang dibungkus menggunakan batu sehabis Zeus lahirmembodohi Cronus dengan berpikir bahwa itu adalah Zeus. Cronus menelan batuitu. Begitu Zeus tumbuh, dia memaksa Cronus untuk melempar batu serta keduasaudara kandungnya. Zeus pula melepaskan saudara-saudara Cronus menurut sebuahpenjara bawah tanah dan sebagai balasannya dia diberi petir menjadi senjatanya.zeus serta saudara laki-lakinya menggulingkan Cronus dan dia sebagai dewatertinggi Olympus, dan bapak para yang kuasa dan insan.
bacaan lain: tao ke 8
Sebagai Bapak para tuhan dan insan, Zeusadalah yang kuasa yang sangat sulit buat dimengerti. Meskipun Gaia merupakan nenekmoyang yg sebenarnya menurut Dewa, Zeus diproklamirkan sebagai Bapa para dewasetelah dia memimpin saudara laki-laki serta perempuannya, bersama dengan Dewayang telah kehilangan haknya, melawan para Titan dalam perang yg panjang danpahit. Zeus menjadi Bapa manusia yang harfiah saat beliau membentuk insan danmemberi mereka tempat tinggal di muka bumi. Sebagai sanksi atas orang-orang yangdiciptakannya, Zeus membentuk perempuan pertama.
Zeus adalah anak Titans. Titans adalah duabelas anak yang lahir berdasarkan Ouranos dan Gaia. Zeus lahir waktu bumi dan langithampir selesai dalam proses  penciptaan.dewa yg mendahului Zeus terdapat waktu bumi masih pada kekacauan dan tidak adapenghuni insan. Dewa dan dewi primal membangun fondasi buat lingkungan yanglayak huni pada bagian atas bumi namun kreasi mereka hanya dihuni oleh apa yangakan kita anggap menjadi bentuk kehidupan serta monster yg lebih rendah.
Zeus adalah satu dari tiga dewa paling bertenaga,beserta dengan saudara laki-lakinya, Poseidon dan Hades. Sebenarnya, dikatakanbahwa beliau lebih hebat daripada seluruh yang dilakukan Olympians (dan Hades)lantaran banyak ilahi takut padanya dan mencoba menipunya daripada menantangnyadengan benar. Sebagai dewa langit, Zeus memegang kendali absolut atas angin,badai petir, hujan, kelembaban, awan, petir serta cuaca. Dia mengendalikanpergerakan bintang, siang dan malam, mentari serta bulan; tetapkan umurmanusia dan mengendalikan pengaruh ketika. Dia jua mengendalikan kekuatan semuaanak serta saudari, dan bisa juga menyingkirkan atau memberi kekuatan merekajuga.
Zeus memiliki beberapa kendali atas takdir,tapi lebih lemah dibandingkan Moirae. Dia juga lemah dibandingkan menggunakan dewapurba lama . Secara fisik beliau relatif kuat buat mengangkat gunung, dan bisabergerak dengan kecepatan yang luar biasa. Senjata terbesarnya merupakan petir,sanggup mencukur gunung, menguapkan pulau, mengungkep samudera serta menghancurkanseluruh kota. Baut petirnya begitu kuat sebagai akibatnya bisa menghancurkan jenazahpara dewa dan Titans.musuh terbesarnya merupakan badai super besar Typhon, yg lebihkuat berdasarkan semua dewa yang digabungkan.
Zeus disembah oleh setiap orang Yunani. Diadipandang menjadi pelindung raja. Orang-orang takut baut kilatnya. Denganbantuan Poseidon, Zeus membanjiri semua bumi, menenggelamkan sebagian besarumat insan.
Zeus cukup kuat untuk memerintahkan semuakekuatan Olympians yang lebih belia dan adik-adiknya. Dia lebih kuat dari padasemua ilahi, kecuali saudara pria saingannya, Poseidon dan Hades, yangolehnya Zeus sporadis melakukan wewenang
Fakta menarik tentang Zeus:
1Zeus dibesarkan sang Gaia, Adamanthea, danseekor kambing bernama Amalthea sehabis ibunya menyelamatkan hidupnya danmengirimnya pergi buat melindunginya.
2. Saudara kandung Zeus adalah Hades, Poseidon,Demeter, Hera dan Hestia.
3. Orang tua Zeus Rhea serta Cronus merupakan raksasaberbentuk insan yg dianggap Titans.
4. Senjata Zeus adalah petir sehingga beliau bisamelempar apapun atau siapapun ketika dia menginginkannya.
5. Simbol Zeus adalah petir, elang, banteng danpohon ek.
6. Adalah satu dari enam anak, serta kemudianmenikahi pacarnya Hera.
7. Ketika Zeus serta saudara laki-lakinyamenggulingkan Cronus, mereka masing-masing menjadi penguasa. Zeus menjadipenguasa langit dan udara; Hades menjadi penguasa orang mati; Poseidon menjadipenguasa air.
8. Zeus menikahi pacarnya Hera namun jugamemiliki anak dengan poly wanita lainnya.
9. Anak-anaknya dengan Hera adalah Ares (dewaperang), Hebe dan Eileithyia (dewi persalinan).
10. Zeus tinggal di Gunung Olympus serta memerintahdewa-yang kuasa Olympus serta insan fana.
11. Zeus memiliki kemampuan untuk meniru suaraorang.
12. Zeus sanggup membangun shift, yang berarti iamampu mengganti dirinya agar terlihat misalnya hewan atau orang lain.
13. Saat marah, Zeus mampu membarui seseorangmenjadi binatang.
14. Kuda Zeus diklaim Pegasus. Pegasus membawapetirnya. Zeus mengajar seekor elang buat mengambil petir selesainya diamelemparkannya.
15. Jupiter adalah Zeus yang setara denganRomawi.
16. Olimpiade antik diadakan setiap tahun untukmenghormati Zeus.
17. Perisai kuat Zeus dianggap Aegis.
18. Zeus percaya pentingnya menjaga istilah-kataseseorang dan akan menghukum siapa pun yg membohongi atau menipu orang laindalam bisnis.
19. Zeus diyakini telah menikah 3 kali.istri-istrinya merupakan Metis, Themis, serta Hera.
20. Zeus juga ayah berdasarkan Ares, Athena, Apollo,Artemis, Aphrodite, Dionysus, Hebe, Hermes, Heracles, Helen of Troy,Hephaestus, Perseus, Minos, the Muses, serta the Graces.
21. Meski Zeus tinggal di Gunung Olympus dia sukamengunjungi bumi. Dia memiliki banyak anak yang mempunyai mak fana serta diasebagai ayah mereka.
22. Zeus abadi akan tetapi mempunyai kemampuan untukmempengaruhi kehidupan insan fana.
23. Zeus mempunyai anak kembar bernama Apollo danArtemis beserta Leto.
24. Zeus mempunyai anak menggunakan saudaranya Demeterbernama Persephone.
25. Zeus merupakan ilahi Yunani serta tidak mampu matikarena dia kekal. Begitu Kekristenan sebagai terkenal, mitos yang kuasa-yang kuasa Yunanimati dan orang-orang nir lagi mempercayai mereka untuk sebagai fenomena.


Comments