URUTAN INSTALASI SOUND SISTEM 2 WAY DAN 3 WAY

Urutan instalasi sound system 2 dan tiga way - Ada banyak pendapat mengenai urutan instalasi sound sistem. Setiap soundman memiliki cara tersendiri dalam hal instalasi aksesoris sound sistem. Kali ini saya akan sedikit menaruh dasar dalam aneka macam macam instalasi sound sistem. Menurut yang pernah saya lakukan serta berdasarkan pengalaman.
Perangkat yang dipakai sang sound audio sistem menggunakan beberpa alat diantaranya aduk-aduk, equalizer, speaker menejemen, crossover, amplifier, crossover pasif serta speaker. Instalasi yg paling sederhana akan mempermudah saat berada dilapangan. Berikut aku berikan beberapa jenis instalasi yang bhineka.

urutan Instalasi pada sound sistem 2 way hight dan low

Instalasi ini merupakan instalasi yg sederhana. Biasanya digunakan dalam audio sederhana. Urutan yg digunakan yaitu mulai berdasarkan mixer >> equalizer>> tone control>> amplifier>> crossover passive>> speaker>>.

Dalam instalasi ini akan sangat berhemat power amplifier lantaran yg dipakai merupakan crossover pasif. Jika menggunakan crossover aktif mungkin akan menggunakan dua amplifier buat memisahkan bunyi. Tetapi jika menggunan crossover pasif ini akan berhemat perangkat amplifier. Namun Kelemahan dalam sistem ini masih kalah dengan sistem instalasi yg memakai crossover aktif. Sehingga amplifier yang diguanakan wajib yg powerful serta multi frekunsi.
penggunaan crossover pasif sanggup dihilangkan menggunakan mengganti preamp menggunakan crossover aktif dua way sebelum input amplifier. Atau sanggup pula opsi lain menggunakan mengatur eq streo sebagai dua medan frekuensi. Tetapi amplifier harus streo. Atau menambah satu amplifier.

urutan instalasi sound system tiga way

Sebenarnya pada sistem tiga way tidak jauh beda menggunakan sistem 2 way. Yang menjadi perbedaan adalah pada pembagian suara speaker/speker menejemen. Crossover yang dipakai merupakan crossover aktif serta pasif. Sehinggga pemahaman pada menghandle frekuensi lebih ketat. Terutama dalam eq.

keterangan gambar;
  • pertama audio dioleh berdasarkan mixer
  • kemudian masuk ke pengaturan frekunsi /EQ
  • Dari eq dipisah memakai crossover aktiff maupun speaker menejemen/driverack
  • pembagian kepada amplifier menggunakan dua buah. Supaya kerja amplifier seimbang masing masing amplifier dikususkan senada agar kerja seimbang
  • menuju crosover pasif pada box speaker yg memakai sistem tiga way midlow, mid hig serta twitter.

Opsi lain Perangkat yg dipakai bisa menggunakan crossover aktif 3 way tetapi harus menambah satu amplifier lagi. Sehingga amplifier yang diharapkan yaitu 3 buah maupun 2 perangkat. Ini adalah instalasi sistem yg acapkali dipakai olah kebanyakan sound sistem. Bisa dikatakan sistem 3way low mid high merupaka sistem yang ideal dalam standar instalasi audio sound sistem. Low mid high. Low umumnya ditekan pada sublow dan low mid buat membentuk bunyi yang utuh pada frekuensi 30hz hingga 300hz.
pemahaman urutan instalasi sound system dua way dan tiga way sangat krusial bagi yang keseharianya beranjak dibidang audio sistem.ini hanyalah refrensi menurut pengalaman pribadi. Apabila terdapat keliru mohon koreksi!
semoga berguna!

Comments