TV SHARP ALEXANDER SLIM GAMBARNYA BERGARISGARIS

Kerusakan yg seringkali pada keluhkan pada TV Sharp Alexander Slim adalah kerusakan dalam bagian verticalnya. Seperti yang pernah saya temui dua hari kemudian dan sebelumnya aku pula beberapa kali memperbaiki TV Sharp Alexander Slim menggunakan kerusakan yang hampir sama. Saya masih kurang tahu kenapa TV Sharp ini seringkali mengalami kerusakan pada bagian verticalnya. Tapi jangan kuatir, lantaran kali saya akan coba menjelaskan bagaimana cara memperbaiki TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris Tengah Sampai bawah misalnya gambar pada bawah ini:


Pertama kali TV Sharp Alexander Slim ini di bawah kerumah aku , kerusakan Gambarnya Bergaris Tengah Sampai bawah sih… Melainkan hanya berupa garis mini melintang berdasarkan kanan ke arah kiri saja lebih kurang 2 mm. Saya sudah menduga jika kerusakan misalnya ini paling diakibatkan lantaran IC verticalnya yg rusak/mangkat . Kemudian aku coba nyalakan TV Sharp ini buat memastikan seperti apa kerusakannya. Ternyata memasng benar, gambarnya hanya berupa garis mini melintang (horizontal) saja serta TV pribadi kembali standby. Biasalah… TV Sharp memang paling jago mengenai system proteksi. Sedikit saja terdapat komponen yg rusak maka lampu akan kedip-kedip.

Langsung saja aku buka casing seperti biasa serta saya bersihkan debu-debu yang melekat pada mesin TV Sharp tadi. Nah …ketika mesin TV telah bersih berdasarkan debu, pribadi kelihatan komponen yang rusak yaitu IC verticalnya. Kondisi IC verticalnya telah musnah/pecah sanggup jadi karena sebelumnya terdapat mengalami panas berlebih. Saya sempat galau sih, pasalnya nomor IC verticalnya telah nir kelihatan sama sekali. Tapi untung saja sebelumnya aku pernah memperbaiki TV Sharp Alexander Slim persis seperti ini. Setelah aku jangan lupa-jangan lupa, ternyata TV Sharp ini memakai IC vertical  LA78041 dan TV ini menggunakan Chassis QPWBFE594WJN1, blok Verticalnya memakai dua Supply VCC.

Kemudian IC Vertical tersebut aku ganti menggunakan yg baru dan aku coba nyalakan lagi TV sharp ini. Hasilnya, gambarnya sudah nir kecil lagi. Tetapi kali ini, gambar nya nampak Bergaris-garis, seakitar terdapat 10 garis melintang dalam bagian bawah layar sebagai akibatnya gambar tidak FuLL sampai di bawah. Seperti Pengalaman sebelumnya ini pengaruh ELCO yg telah aus/kemarau. Benar saja, saya coba ukur elco tadi menggunakan ESR meter, Ternyata jarumnya nir berkecimpung sama-sekali. Lihat gambar pada bawah ini:


Akhirnya saya ganti dua elco yang kering tersebut, lantaran elco ini berfungsi buat menapis tegangan + serta - yang mensuply IC vertical. Kemudian aku nyalakan TV kesekian kalinya. Jebre…t,  Hasilnya gambar TV sudah normal Kembali.

Itulah pengalaman aku tentang memperbaiki TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris-Garis dan semoga bermanfaat.

Comments