TV PANASONIC GAMBARN JADI HITAM PUTIH


Kali ini CARA FLEXI akan membahas tentang pengalaman didalam mereparasi TV jadul merek Panasonic. Servisan kali ini datang dengan keluhan tampilan normal hanya saja warnanya yang nir ada, adanya cuma rona hitam dan putih saja. Selanjutnya sehabis mendengar keluhan berdasarkan pemiliknya televisi aku coba dan memang warnanya hanya hitam putih saja, padahal TV ini jenis TV berwarna.

Setelah mengetahui tanda-tanda kerusakannya casing kubongkar kemudian tak solder ulang patrian-patrian komponennya. Setelah selesei tv taknyalakan tetapi masih samsaja warna permanen hitam putih alias hilang berwarnanya. Selanjutnya saya coba gnti elco-elco pada blok GRB namun juga tidak ngefek.

Kemudian takamat-amati lagi fisik berdasarkan komponen-komponennya sambil aku goyng-goyang eco-elco serta komponen-komponen lainnya hinga jari menyentuh crystal. Coponen saya bungkus stanlis sthil ini terasa goyang seperti patah kakinya. Setelah saya lepas ternyata benar-benar patah pada pangkal solderannya. Maka aku sambungkan kaki crystal tersebut serta aku pasang lagi.

Setelah elesai pemasangan pin crystal tadi televisi saya nyalakan serta kini muncul sudah si Merah Hijau Biru. Tamplan kini telah berwarna dan ketemu lah penyebab hilangnya rona RGB ynag menyababkan tv Warna berubah tampilan menjadi hanya Hitan Putih saja.

Semoga tips singakat mengenai TV Panasonic Gambarn Jadi Hitam Putih tadi mampu membentu sobat CARA FLEXI pada bisnis reparasi TV. Semoga berhasil.

Comments