TV CRT GAMBAR LAMA LAMA GELAP DAN KURANG TERANG/REDUP


Pagi tadi aku bisa servisan tv cina yg gambarnya meredup. TV ini ketika pertama dinyalakan memang terlihat normal, tapi hanya hitungan detik gembarnya berubah meredup dan gelap dengan sendirinya. Seperti pengalaman sebelumnya tanda-tanda kerusakan misalnya ini kebanyakan diakibatkan pada jalur ABL terdapat kasus. Masalah ini seringkali lantaran R 33 kΩ terputus atau terbakar. Putusnya R33 kΩ umumnya karena flyback mengalami kerusakan. Gejala kerusakan yg aku dapati kali ini memperlihatkan flyback tidak ada masalah alisa masih rupawan. Mungkin karena R 33 kΩ ini telah tua, hehehe...


Kerusakan gambar meredup ini sebenarnya bisa merusak flyback dan lebih parahnya lagi dapat menghambat tabung/CRT, itu yg aku baca di internet. Memang kelihatannya nir begitu serius karena sekilas TV masih mampu mengeluarkan gambar. Tapi sebenarnya ini masalah yang serius, hmmm... Ngeri pula.

Seperti judul postingan pada atas bahwa gejala kerusakan ini memang telah teratasi dan tidak memerlukan waktu usang. Setelah pengecekan memang ditemukan R pada jalur ABL yg putus, sehabis penggantian, byarr... Gambar tv sudah nir meredup lagi.

Namun masalah lain timbul, Setelah aku amati memang gambarnya nir meredup lagi tapi kok gambarnya kurang terperinci ya... Waduh ternyata terdapat penyakitnya. Pemeriksaan berlanjut, coba putar trimpot screen dalam FBT. Kreeek... Saya putar sampai mentok batas maksimal tetapi gambar malah keluar garis garis. Menandakan bagian screen masih normal. Lantaran ketika diputar masih terlihat ada perbedaan menurut gelap ke terperinci. 

Pemeriksaan dalam tegangan B+, heater serta 180 volt jua nir ada masalah. Dari segi komponen secara fisik pula nir terlihat terdapat yg rusak misalnya elko elkonya. Karena memang dari awal aku nir menyelidiki komponen secara fisik serta langsung saya tuju dalam jalur ABL saja. Eh... Ternyata masih ada kerusakan yang menyusul. Akhirnya pemeriksaan mulai menurut awal lagi deh...
Baca pula: Cara Memperbaiki TV LG Yang Gambarnya Hilang

Coba iseng ganti flyback lantaran telah puyeng dua jam tidak ketemu biang keroknya. Tes, ternyata hehehehe... Masih sama tidak misalnya tersebut. Ganti soket RGB jua dilakukan, lagi lagi tidak menjadikan output. 

Udah puyeng, rokok habis pula... Istirahat dulu sambil mikir. Bukan lagi mikir yang nggak nggak lho, jangan salah paham.

Beberapa ketika lalu aku lanjutkan perburuannya, mata saya eksklusif tertuju pada satu komponen yaitu kapasitor berwanya biru berukuran dua kv dalam jalur G2. Iseng iseng saya lepas keliru satu kakinya menurut PCB. Berharap semoga saja kali ini tv terdapat disparitas atau apa gitu. Saatnya tes, jbreet... Lho... Gambarnya pribadi terperinci alias normal. Alhamdulillah, iseng iseng berbuah cantik.

Sebenarnya aku nir menyangka bila kapasitor berukuran 2 kv ini penyebabnya. Pasalnya yang seringkali aku temukan apabila kapasitor ini rusak atau short maka gambar akan blank hitam/nir terdapat gambar sama sekali. Tapi pulang lagi ini hanya sebuah komponen yg kerusakannya mampu saja berbeda dari yang biasanya kita temukan.

Karena tv telah beres gambarnya jelas dan nir redup lagi, saatnya menutup casing belakang serta sms pemiliknya suruh ngambil. Tangan dah gatal pengen gajian sob..!

Itulah sedikit tips menurut pengalaman langsung aku mengenai TV CRT Gambar Lama Lama Gelap serta Kurang Terang/Redup. Semoga sanggup memberikan manfaat rekan rekan yang mungkin menemukan masalah seperti yang saya temui. Terima kasihdan jangan lupa tulis komentar ya...

Comments