TV AKARI SAKURA 14 MATI STANDBY

Dua hari kemudian saya kedatangan TV Akari Sakura 14" menggunakan tanda-tanda Mati Standby. Kata yg punya tv, kebetulan temen sendiri, enak-enak nonton sepak bola eh tiba-datang tv langsung meninggal. Dia langsung telpon aku katanya suruh lihat tvnya kok mampu tewas sendiri kayak gitu. Saat itu kira-kira jam 7 malam serta aku pula masih ada servisan tv dirumah yg belum kelar. Saya bilang, udah bawa ke sini aja aku nggak bisa kerumah kamu, bila nggak mau ya besok aja. Tapi dia ngotot maunya sekarang karena jam 2 malam ada lagi program champion sepak bola gitu. Akhirnya TV Akari Sakura 14" tadi dibawah kerumah. Dia tanya, kira-kira sanggup langsung kelar nggak nanti...? Saya jawab, sanggup ya mampu tidak, bukak casing aja belum... Candaku sama dia. Dia bilang lagi, OK ntar kalau udah kelar eksklusif SMS aku ya, ada insentif deh... Dengar terdapat istilah bonus, saya pribadi cancel nyervis tv yang belum kelar tersebut buat nyelesaikan tv nya dia.

TV Akari Sakura 14" ini memakai IC HBT TA8690AN dan PTC-80499-01, IC vertikal TA8445K, TR horizontal BU2508DX.

Saya coba nyalakan tv akari ini ternyata memang sahih, tv akari cuma ini cuma nyala lampunya saja alias standby. Tapi saya dengar terdapat suara ngiiiiiiik.... Mini sekali, ntah itu dari bagian mana, lantaran memang tv belum saya buka. Nggak gunakan lama tv pribadi aku bongkar.

Perbaikan awal TV Akari Sakura 14" yg Mati Standby ini aku mulai menurut pengecekan fisik komponen. Kemudian seperti biasa solderan komponen pun nir luput menurut pemeriksaan. Namun aku tidak menemukan kasus apapun serta terlihat terlihat masih baik-baik saja. 

Penelusuran berlanjut pada pengecekan tegangan B+, waduuuh.... B+ naik jadi 250 volt lebih yg seharusnya B+ hanya 95 volt  saja. Namun buat tegangan 5 volt dan yg lainnya masih stabil alias masih normal. Hmmm...kira-kira apanya ya...?Tanyaku dalam hati. Disini saya baru memahami bahwa bunyi ngiiiik... Tersebut berasal menurut flyback lantaran tegangan B+ terlalu tinggi.
Baca jua; Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Nyala
Kembali pada pengecekan komponen terutama elco, nah disini saya temukan kemungkinan yang jadi biang kerok yaitu elco160 volt/100mf yg sudah korosi dalam galat satu kakinya.seperti di gambar berikut adalah:

Setelah saya lakukan penggantian elco160 volt/100mf tadi, TV aku coba nyalakan, jbreeet....tv pribadi start di susul keluar OSD. Kemudian saya colokkan antena gambarnya pun paripurna. Saya nyalakan tv Akarinya sampai 30 mnt sambil nyervis TV yang satunya, nir terdapat kasus lagi.  Akhirnya saya casing belakang aku tutup serta saya SMS temenku tersebut untuk ngambil TVnya. Sekalian aku bilang jangan lupa bonusannya jika nggak bakal pulang rusak lagi nih... Dia bilang Iya... Tenang aja trus ongosnya berapa brow...?, sambil ketawa. Saya bilang udah 30 ribu aja. Pas beliau ngambil TVnya saya malah pada kasih 100 ribu + bonus ucapnya.

Alhamdulillah.... Pribadi gajian + dapet bonusan juga.

Itu tadi sekedar pengalaman aku mengenai  memperbaiki TV Akari Sakura 14" Mati Standby, semoga mampu bermanfaat buat anda.

Comments