TV AKARI NEW DASILVA 21 SLIM TIDAK MENYIMPAN SIARAN


Topik kita kali ini mengenai TV Akari New Da-Silva 21" Slim dengan keluhan Tidak Menyimpan Siaran. Sebenarnya saya jua galau sebutannya apa buat kerusakan misalnya ini. Tetapi secara detail kerusakannya adalah apabila TV dinyalakan tekadang siaran bisa pribadi ada, tetapi hanya satu channel saja. Nah sehabis di pindah channel kemudian balik lagi ke channel sebelumnya, maka siaran tersebut jadi hilang. Bahkan auto search dan manual pula tidak bisa menangkap siaran satupun. Dari pengalaman aku sebelumnya, kasus pada siaran TV semacam ini mampu karena tuner, ic memory bahkan yang paling fatal IC chroma error. Kemungkinan yg lain adalah kesalahan setting pada mode factory.


TV Akari New Da-Silva 21" Slim ini memakai IC chroma NT111PC359AG, IC memory 2W0055L, Tuner EWE-5053-V8 dan lainnya misalnya IC vertikal CD7523CS, Hot D5032 dan HBT bsc 25-N0870.

Sebelumnya saya juga sempat bertanya dalam pemiliknya, kok bisa sampai TV akari ini error misalnya ini. Katanya karena tegangan listrik/PLN dirumahnya turun hanya sampai 160 volt yang seharusnya 220 volt. Sekarang sudah di betulin sama petugas PLN dan sudah stabil pada 210 volt. Pikirku benar saja TV jadi error seperti ini tidak mau nyimpan siaran.

Baca juga: TV Akari Sakura 14" Mati Standby
Dari pada banyak tanya, pribadi saya bongkar TVnya dan pemeriksaan saya awali berdasarkan cek tegangan suply ke tuner, memory serta chroma. Tapi ternyata seluruh tegangannya masih normal serta tidak terdapat perkara. Pemeriksaan berlanjut pada cek kondisi fisik komponen, siapa tau terdapat yg rusak. Tapi komponen masih indah, ya iyalah TV Akari Da-Silva 21" Slim ini kan model baru, jadi komponen masih terlihat mengagumkan.

1 jam berlalu masih tidak membuahkan hasil. Saya sempat menduga bahwa tuner telah rusak serta mau aku ganti. Kemudian saya berangkat cari tuner pada toko tempat langganan aku . Eh... Ternyata tuner EWE-5053-V8 nir terdapat dan cari pada toko lainpun pula sama, nihil. Akhirnya aku pun balik pulang serta di jalan saya sembari berfikir, kalau tuner susah didapat kayak gini bakalan repot nih... Karena sudah capek kesana-kemari. Akhirnya reparasi TV Akari ini aku cancel dulu dilanjut besok saja sambil servis TV yang lain saja dulu yg hampir terselesaikan.

Keesokan harinya saya lanjut lagi memperbaiki TV akari ini. Inspeksi kali ini penekanan dalam komponen pendukung tuner dan cek lagi tegangan IF, BL, BH, VT dan AGC. Nah... Disinilah ketahuan terdapat yg tidak beres pada jalur AGC. Setahu saya umumnya tegangan AGC normalnya sampai tiga,5 volt, akan tetapi disini hanya kurang dari 1 volt tidak mau naik sama sekali.

Akhirnya aku urut kenapa tegangan AGC sanggup drop seperti itu. Ketemulah si biang kerok yaitu hambatan di R726 nilainya 10 kΩ yang telah short. Setelah aku ganti pelawan R726 menurut cabutan mesin bekas dan coba hidupkan TV kemudian di auto search. Hasilnya siaran telah mampu timbul seluruh kurang lebih 20 channel serta tersimpan.
Untung saja nir jadi ganti tuner karena kemarin mau beli tuner pada toko langganan akan tetapi tidak ada. Ternyata yang rusak cuma resistornya bukan tuner hehehe... Sekedar saran sobat, jangan keburu ganti komponen jika belum di pastikan bahwa komponen tersebut memang rusak. Cek jua komponen-komponen pendukungnya siapa tau ada yg bermasalah misalnya pengalaman aku diatas.
Sekian dulu tips dan pengalaman aku tentang TV Akari New Da-Silva 21" Slim Tidak Menyimpan Siaran. Semoga bermanfaat.

Comments