TUTORIAL TALI TEMALI

TALI MINERAL - Tali jenis ini bahan dasar nyaterbuat dari benang / kabel dawai. Ada beberapa jenis mineral yang dipakai sebagaibahan pembuatan kabel kawat tadi contohnya :besi, kuningan, tembaga. Yangbanyak digunakan diatas kapal tali dawai dan tali kawat baja. 

Kelemahan menurut talikawat ini merupakan mudah tertombol (kink) serta sukar dikembalikan/diluruskan.daya renggangnya(elastisitas) kecil sehingga mudah putus apabila mendapat sentakan-sentakan dansangat licin.pelayanannya agak sulit, akan namun lebih tahan lama serta kekuatannyadapat dipercaya.

Tali kabel kawatini tersusun menurut benang-benang pejal dan jumlah benang untuktiap-tiap strandberkisarantara 19 – 61 benang. Tali dawai baja terdiri menurut 6 strand dan ditengahnya teras (hati) menjadi pengisi ronggadan mencegah tabrakan diantara strandserta mencegah kerusakan bagian dalam.teras darikawat baja buat tali-tali pintalan silang digunakan dikapal sebagai tali-tali tegak(laberang) karena lebih bertenaga serta kaku. 

TUTORIAL TALI TEMALI


Sedangkan teras dari serat yg bermutu rendah,jika di kehendaki tali dawai yang lebih lemas, menjadi tali jalan, pada teras inidiberikan pelumas, sehingga dapat menaruh pelumasan bagian dalam strandmencegahkarat.

Jenis tali ini dapat dipintal menggunakan pintalan sama/memanjang(Longlay) maupun pintalan silang (Crosslay) sinkron dengan kebutuhan. Jika dikehendakitali kawat baja yg lemas sebagai tali jalan contohnya maka benangnya harus kecil(halus) dipintal memanjang serta teras nya menurut serat.Dalam kapal perikanan,wire rope sering pada pakai dalam menarik trawl atau jala.

JenisWire rope berdasarkan Jenis Susunan Wire Rope

Pembahasankedua merupakan Jenis Wire rope menurut Jenis susunan wire. Wirerope Jenis susunan wirenya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

1.CrossLay : Standard

Aplikasiwire rope ini dipakai pada waktu Towing serta Mooring, dimana diharapkan kekuatanterhadap gentakan dankelemahan dariwire ini adalah cenderung kurang lentur

2.parallel Lay :Kombinasi Besar serta Kecil

Aplikasiwire rope ini dipakai pada saat Logging, Lifting, Rigging dan Gondola, dimanadibutuhkan kelenturan wire rope agar bisa mengatasi seringnya penekukan terhadapwire rope pada saat penggunaan di pelaksanaan ini.

Berikutadalah perbedaan gambar Susunan Wire Cross Lay dan Parallel Lay :

Comments