TUTORIAL CONTOH SKEMA RANGKAIAN INVERTER UNTUK MERUBAH 12 VOLT DC KE 230 VOLT AC

(TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC. Inverter adalah suatu rangkaian elektronika yg berguna buat merubah (mengkonversi)  tegangan DC (searah) sebagai tegangan AC (bolak balik ).

Tegangan DC yang masuk ke rangkaian akan dikonversi menjadi tegangan AC serta mengeluarkan kekuatan Watt sesuai komponen serta jua skema rangkaiannya. Besarnya kekuatan Watt ini terlampau tergoda sang berukuran dan tipe komponen yg digunakan.

Apabila kami idamkan sebabkan inverter DC ke AC ini maka kami pun perlu skema yg akan kami menggunakan sebagai acuan didalam sebabkan inverter sendiri. Rangkaian inverter ini perlu tegangan input yakni 12 Volt DC yg biasa asal dari aki. 

Andai saja pada rumah kami sedang berlangsung pemadaman listrik oleh PLN maka inverter ini bisa kami jadikan cara lain cadangan pengganti listrik PLN. Cara membuatnya pun tidaklah sukar serta tentu saja bersama dengan porto yang terjangkau. Apabila kalian dambakan menciptakan inverter ini, maka tadi adalah daftar komponen yang wajib di persiapkan :

Bahan-Bahan Membuat Inverter 230 VAC.
  • 1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere.
  • 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin.
  • 2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt


Apabila bahan-bahan diatas sudah tersedia maka tadi ini adalah skema urutan inverter 12 VDC ke 230 VAC. 



Dari skema di atas hasil atau keluarnya tegangan AC merupakan 230 volt 300 watt. Jika inginkan tingkatkan volt serta watt nya maka mampu tingkatkan kuantitas transistor serta jua menggunakan trafo yang Ampere nya akbar.

Pada skema di atas terkandung Resistor menggunakan berukuran 690 Ohm dan kemungkinan kami kesusahan meraih Resistor tersebut pada toko elektro. Dengan ihwal tersebut maka kami mampu membarui Resistor 690 Ohm dengan ukuran 2k2 Ohm atau 2200 Ohm tiga butir serta disambung secara paralel.

Untuk 2 butir Resistor 690 Ohm maka Resistor 2k2 Ohm yang pada perlukan merupakan sebanyak 6 buah. Sementara cara menyambung paralel Resistor tadi sanggup perhatikam gambar pada bawah : 


Hati-hati di pada mengerjakan atau di pada coba rangkaian di atas sebab hasil nya merupakan tegangan tinggi 230 Volt. Jangan hingga kita menyentuh bagian hasil  atau nampak tegangan 230 Volt tadi.

Demikian pembahasan tentang (TUTORIAL) Contoh Skema Rangkaian Inverter Untuk Merubah 12 Volt DC ke 230 Volt AC. Semoga fakta kali ini bisa menaikkan wawasan kitadan pula dapat berfaedah buat kita seluruh. 

Comments