TUTORIAL CARA MENCEGAH TR HORIZONTAL JEBOL LAGI

Transistor horizontal jebol memang masih menjadi perseteruan yg sangat pelik dalam tv crt. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi teknisi tv. Lantaran pada beberapa peristiwa, teknisi kehilangan transistor horizontal baru bukan hanya satu kali, tetapi beberapa kali. Setiap ganti yg baru, jebol lagi. Oleh karena itu kali ini aku akan shere cara mencegah supaya transistor horizontal agar nir jebol lagi.
Pertama pemahaman menurut segi teknik pemugaran:
1.    Pertama, tanggal tr yang tewas, kemudian hidupkan tanpa tr horizontal. Ketika menemukan transistor horisontal mangkat , jangan eksklusif diganti. Ukur dulu tegangan b+ dalam suplay flyback 115volt. Karen penyebab transistor rusak mampu jadi b+ over.
2.    Cek dioda damper dalam transistor horizontal ini umumnya di paralel dengan colektor transistor horisontal Bersamaan capasitor resonant.
Cara pencegahan supaya tr tidak pribadi short:
1.    Nah buat uji coba dalam ketika memakai transistor horizontal baru, pakai bohlam berukuran 100 watt yang pada seri dengan kaki kolektor transistor horizontal sebelum menuju pcb untuk detail lihat gambar berikut ini:

2.    Pada termin uji coba biasanya apabila bohlam langsung menyala terang berarti ada perseteruan pada blog horisontal misalnya, capasitor resonant mengalami perubahan nilai. Terutama mengalami penurunan capacity. Hal ini akan lebih gampang jika kita memiliki esr meter. Karena sebelum menyalakan tv sanggup mengukur menggunakan pasti berapakah nilai kapasitas terdapat resistance capasitor resonant. Misalnya capasitor resonant pada keadaan normal atau malah sudah diganti dengan yg baru tetapi masih menyala terang. Ada kemungkinan terjadi kerusakan dalam flyback tv.
3.    apabila bohlam meredup, cek pada tegangan heater serta screen. Apakah ada tegangan. Jika flyback rusak output flyback tidak akan muncul dalam keduanya.
Cara ke 2 dengan menggunakan penahan 20ohm 20watt hambatan kapur. Atau sehabis memakai bohlam kurang konfiden. Cara kerja:
1.    Seperti penggunaan pada bohlam. Resistor ini diseri dengan kaki kolektor tr horisontal sebelum ke pcb.
2.    Gunakan satu hambatan. Hal ini dilakukan jika menggunakan bohlam sudah dilakukan sebagai akibatnya sahih benar aman.
3.    Untuk detail lihat gambar dibawah ini:

4.    Setelah beberapa waktu coba sentuh transistor horisontal. Jika panas berlebih berarti permasalahan pada bagian horisontal masih ada. Saat menyentuh tr, jangan syarat menyala ya!
5.    apabila panas normal coba menggunakan dua pelawan yg pada paralel sebagai akibatnya impedance lebih kecil. Terus monitor panas dalam transistor horizontal.
6.    Jika panas normal, serta sudah konfiden Silahkan pasang transistor secara pribadi.
Ini hanyalah menjadi pencegahan terhadap kerusakan transistor horizontal baru. Pada beberapa perkara hal ini tidak berlaku bila kerusakan dengan gejala. Misalnya: selesainya ganti transistor horizontal beberapa hari sudah dipakai, jebol lagi. Ini sebagai “PR” tersendiri bagi teknisi. Dari pengalaman saya ini ditimbulkan lantaran beberpa faktor:
a.    Transistor palsu
b.    Transistor diganti dengan seri yg tidak sinkron berdasarkan aslinya.
c.    Dan ditimbulkan sang dioda damper terdapat yg bocor
Semoga berguna!
Ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu cara mudah mengatasi tr horizontal jebol terus…….

Comments