TUNTUTAN HIDUP SEORANG NELAYAN

Tuntutan hayati Seorang Nelayan
Tuntutan dunia.....
Tatkala aku hidup seseorang diri, tuntutan duniawiku hanyalah sekedar aku bisa makan sederhana, ngopi serta udud..... Hanya itu saja, tidaklah meminta apa apa lagi, dikarenakan terbatasnya kebutuhan dan nir memiliki asa macam macam......

Tatkala ada orang tua yang mesti aku biayai, maka tuntutan saya bertambah, yaitu agar mencukupi buat membiayai orang tua aku ......

Tuntutan Hidup Seorang Nelayan

Tatkala aku mempunyai keluarga, anak istri, maka tuntutan aku bertambah supaya mencukupi buat membiayai anak istri......

Tatkala terdapat berteman pada desa, maka tuntutan saya bertambah lagi, yaitu supaya bisa mencukupi memajukan desa......memakmurkan masjid serta madrasah,,memperhatikan para orang jompo dan para anak yatim.

Tuntutan duniawi aku sangat poly pada Allah, tetapi hal yang tidak pernah berubah adalah tuntutan untuk diri pribadi aku , sampai meninggal pula sama saja, yaitu cukup asal bisa makan sederhana, ngopi, udud..... Permanen itu itu saja..... Adapun tuntutan2 yg lain hanyalah menuntutkan buat orang2 saja......

Hidup poly tuntutan, tetapi menuntutkan buat kepentingan yg lebih luas...... Buat diri eksklusif, tuntutannya tetap sama saja....

Nelayan Yang mandiri dan mandiri adalah galat satu nelayan yg bisa memenuhi tuntutan keluarga , istri serta anak.


Kesejahteraan Nelayan wajib mampu pada tegakkan oleh nelayan sendiri. Nelayan harus pintar pada mengelola apa yang wajib di manfaatkan, Kekayaan laut yg begitu poly seharusnya bisa membarui alur bepergian hidup nelayan.



Tuntutan Hidup Seorang Nelayan

Comments