TRIK RESTART DAN SHUTDOWN MENGGUNAKAN SUARA DI WINDOWS 10


Asisten digital pada Windows 10, Cortana, mempunyai beberapa kemampuan yang menajubkan, galat satunya bisa restart dan shutdown menggunakan suara. Bahkan, keterangan terakhir cortana mempunyai kemampuan baru yaitu menjadi pengingat email. Microsoft waktu ini memang sedang genjar-genjarnya berbagi kemampuan berdasarkan si manis mbak cortana ini.

Selain Anda dapat menggunakannya buat membuka aplikasi dengan bunyi Anda, Anda jua sanggup menggunakan cortana ini buat melakukan fungsi sistem lain seperti restart atau mematikan PC Anda. Untuk sekedar informasi saja, terdapat beberapa hal yg mampu dilakukan sang Cortana, di antaranya:

Mengatur ataupun mengganti janji
Mengatur serta memperlihatkan reminder
Mengatur dan menunjukkan alarm
Memberi berita cuaca
Memberi warta tentang jadwal acara pengguna
Informasi mengenai status penerbangan
Menunjukkan jalan
Menunjukkan catatan
tidak hanya itu, Cortana pula dapat digunakan buat menjawab pertanyaan yang membutuhkan jawaban menurut pencarian online, misalnya:
Jam berapa kini pada Arab Saudi?
Berapa umur Leonardo DiCaprio?
Berapa lama durasi film Age of Ultron?

Cortana juga memiliki beberapa fitur terbaru misalnya Cortana Home, Cortana’s Notebook, Reminder, aktivasi bunyi, peningkatan pencarian, menciptakan email, Multi-device Syncing, Multitasking, Personality and Humor. Bisa dibilang output yg diberikan Cortana lebih seksama dibandingkan para pesaingnya. Hal ini dikarenakan Cortana berkolaborasi dengan Bing. Jadi tidaklah mengherankan bila hasil pencariannya jauh lebih akurat. Sekarang ini Cortana pula terintegrasi menggunakan browser Edge.

Trik dibawah ini akan membantu anda buat me-restart atau mematikan PC Anda hanya menggunakan menggunakan perintah bunyi melalui media cortana , jika  terdapat sahabat atau rekan kerja melihat anda me-restart atau mematikan PC dengan menggunakan perintah bunyi, saya jamin sahabat anda akan terkesan serta penasaran bagaimana Anda melakukannya!

Shutdown atau Restart Windows 10 dengan Cortana


Pertama, tekan secara bersamaan Windows Key + R buat membuka kotak dialog Run serta ketik perintah berikut:

% AppData% microsoft windows start menu program

alternatif lain, anda juga bisa memakai navigasi dibawah ini:

C: Users user_name AppData Roaming Microsoft Windows Start Menu Programs


Anda akan melihat layar seperti ditunjukkan dibawahi ini pada File Explorer. Klik kanan dan pilih New> Shortcut.

Selanjutnya akan ada jendela create Shortcut wizard.  pada kotak "type the location of item" ketik: C:windowssystem32shutdown.exe -s -t 60 dan tekan Enter atau klik Next. Kemudian beri nama shortcut tadi dengan nama Shutdown.

Sekarang Anda dapat membuka Cortana dan klik atau tekan tombol mikrofon dan mengungkapkan "Open shutdown dot exe". Atau, jika fitur Hey Cortana diaktifkan Anda tinggal berkata "Hey Cortana. Open shutdown dot exe". Anda akan melihat Cortana mengeksekusi dan menjalankan perintah.

Kemudian Anda akan melihat pesan yg memberitahukan bahwa komputer Anda akan melakukan perintah shutdown.

Jika fitur "hey cortana" anda belum aktif, berikut cara mengaktifkan fitur "hey, cortana" :

Cara mengaktifkan "Hey Cortana" dalam Windows 10 PC

-] Tekan tombol Windows + S secara bersamaan buat membuka Cortana.

-] Klik tombol Notebook. Ikon notebook terdapat di bawah ikon home pada sisi kiri layar Anda.
Klik Settings.

-] Klik dalam switch On / Off  pada bawah pos "Hey Cortana". Pilih "on".

Sekarang cortana anda sudah aktif.

Jika Anda ingin memakai bunyi Anda buat me-restart perangkat Windows 10 Anda, lakukan langkah-langkah yg sama pada atas buat menciptakan Shortcut wizard, tetapi tipe: -s -t 60 anda ganti dengan : -r -t 60 (Anda hanya menukar '-s' dengan 'r' dan beri nama Restart).

Oh ya, mungkin anda bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan kode "-r" serta "-s". Kode "-r" adalah kode buat menjalankan perintah restart, sedangkan kode "-s" buat menjalankan perintah shutdown. Nilai numerik adalah jumlah mnt sebelum dijalankan. Sebagai model, saya mengatur shortcut Restart aku buat '-r -t 30' karena aku lebih menentukan restart terjadi lebih cepat. Anda bisa mengganti delay waktunya, klik kanan shortcut dan pilih Properties. Buka tab Shortcut dan ubah nilai waktunya.
Dalam pengujian saya, Cortana kadang kadang rewel dan nir selalu melakukan apa yg saya inginkan. Misalnya, kadang-kadang aku menyampaikan buka browser microsoft edge, tapi yang keluar malah browser Bing. Juga, kadang-kadang aku berkata "Open shutdown dot exe" bukannya personal komputer aku shutdown malah nge-restart serta kadang-kadang aku nir perlu berkata "dot". Jadi, hanya perlu diingat bahwa antara jeda tempuh perintah Anda menggunakan yg diterima cortana bisa bervariasi tergantung dalam PC atau pengaturan berdasarkan perangkat komputer anda. Akan tetapi tidak terdapat salahnya anda buat mencobanya.

Satu lagi ketika aku memanfaatkan cortana buat membuka pelaksanaan atau menjalankan perintah restart dan shutdown menggunakan suara aku , saya memakai bahasa inggris, aku belum pernah mencobanya menggunakan bahasa indonesia. Sekian semoga berguna.

Comments