TRIK MEMBUAT MASAKAN TETAP SEDAP DAN LEZAT TANPA MSG PART 3

Ini adalah bagian ketiga dari trik menciptakan kuliner tetap sedap serta enak tanpa MSG (Monosidum Glutamate). Bahan yang dipakai dalam trik bagian ketiga ini merupakan ikan.
Perlu diketahui, cita rasa ikan sebenarnya tidak kalah legit dibandingkan dengan daging atau 3 bumbu dasar misalnya, gula, garam serta merica.
Oleh sebab itu, ikan dapat jua digunakan menjadi bahan pengganti MSG yg berperan menaruh cita rasa legit yang kuat dalam setiap kuliner.


Tapi, ikan yang dapat diolah sebagai bahan pengganti MSG, tidak sembarang ikan. Pasalnya, nir semua jenis ikan mempunyai cita rasa gurih yang kuat, sebagai akibatnya bisa diolah sebagai bahan pengganti MSG.

Salah satu jenis ikan yg dapat diolah sehingga bisa dipakai menjadi bahan pengganti MSG adalah ikan teri. Sebenarnya, secara nir sadar, trik ini biasa digunakan sang ibu-ibu tempat tinggal tangga. Misalnya, saat mengolah tumis daun kangkung atau daun pepaya.
Mereka biasa mencampurkan ikan teri ke masakan yang tumis tersebut. Tanpa ditambah MSG, pun cita rasa beberapa masakan tumis tersebut sudah secara otomatis terasa lebih gurih ketimbang tidak diberi ikan teri. Sebab, ikan teri memang mengandung kegurihan cita rasa yang relatif pekat.

Yang jadi persoalan, bagaimana cara memanfaatkan ikan teri sehingga dapat digunakan menjadi bahan pengganti MSG pada setiap kuliner. Sepertinya tidak elok , apabila ikan teri dicampurkan ke dalam menu kuliner sup ayam, semur atau sup, bukan?
Nah, ini dia cara memasak ikan teri sebagai akibatnya bisa dijadikan sebagai bahan pengganti MSG pada setiap pilihan menu kuliner:
  1. Siapkan ikan teri sebesar 500 gr, cuci higienis, tiriskan sampai kering.
  2. Siapkan minyak goreng buat menggoreng, panaskan.
  3. Goreng ikan teri menggunakan minyak hingga sahih-benar kemarau, gunakan barah sedang. Angkat, tiriskan.
  4. Haluskan teri goreng dengan cara ditumbuk atau diblander sampai benar-sahih halus.
  5. Tuang ke pada wadah bertutup kedap udara.
  6. Bubuk ikan teri sudah dapat dipakai menjadi bahan pengganti MSG.
  7. Tambahkan serbuk ikan teri ke setiap masakan yg Anda untuk. Rasa legit ikan teri tidak kalah menggunakan MSG. Dan, yang paling krusial adalah serbuk ikan teri lebih kondusif dikonsumsi daripada MSG.

Sebelum mengakhiri, pertimbangkan juga buat menyimak trik membuat kuliner tetap sedap dan enak tanpa MSG (part dua). Demikian trik membuat kuliner tetap sedap dan lezat tanpa MSG (Part 3).

Comments