TIPS SEDERHANA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF AGAR TETAP AWET

Tips sederhana memperbaiki speaker aktif agar tetap awet - Pernah beberapa kali memperbaiki speaker aktif yang cepat rusak, terutama dalam power amplfier nya. Sehingga, ini menyebabkan impak yg kurang baik menurut dapat dipercaya teknisi elektronik bila servisan kita cepat rusak. Oleh sebab itu saya pun mencari cara supaya ketika memeperbaiki sepaeker aktif itu, awet tahan banting heheh.

Berikut ini akan saya shere kepada rekan semuanya beberapa pengalaman yg aku lakukan yg mudah mudahan mampu bermanfaat ketika mengalmai konflik yg sama. Yaitu speaker aktif yg rewel. Daripada nanti kembali terdapat komplain menurut user lebih baik jika digarap menggunakan penuh kualitas, meskipun harga yg dibayar memang relatif mahal.
TRANSISTOR FINAL JEBOL TERUS

Pertama yg paling tak jarang rewel adalah speaker aktif yg memakai ampllifier jenis ocl 150 pada transistor final menggunakan tr 41 42. Kebanyakan kerusakan tak jarang terjadi dalam transistor final karena bnayak faktor. Misalnya lantaran kerja transistor panas tidak dibarengi pendingin yg sinkron. Sehingga transistor akan mudah sekali jebol.
Fakta yg pernah saya alami atau rekan sekalian pula pernah alami mungkin, saat mengganti transistor final dengan tipe yang sama akan menbalami jebol lagi selesainya berselang beberapa bulan atau bahka beberapa hari. Nah buat menangani hal ini yg kita butuhkan merupakan solusi bagaimana agar transistor final tetap kokoh meski dipakai dalam level power full.
1.menggunakan tranistor yang asli.
2.menggunakan heatsing/pendingin yang lebih besar .
3.apabila perlu gunakan trnasistor final dengan daya yang lebih tinggi agar permanen kokoh dihajar level power full.
4.ganti transistor driver bila ingin menggunakan transistor menggunakan daya yg lebih akbar. Misalnya:
Bawaan transistor final menggunakan tip 41 42,dan ingin mengganti dengan c5200 sa19… umumnya pada transsitor driver menggunakan transistor c945 dan a733. Maka wajib diganti menggunakan transistor tip 31 32 agar kinerja mengimbangi transistor final.
Kemudian sering jua menemui kerusakan dengan gejala kadang sesudah diservis tiba-tiba tewas. Hal ini aku sering menemui penyebabnya yaitu, kabel yang diguakan terlalu sedikit serabut. Sebagai akibatnya terkena getaran secara terus menerus akan mengkibatkan kabel terputus. Selain itu pula disebabkan sang kualitas timah yg tidak baik sebagai akibatnya soderan terlepas pada kaki komponen.
Penanganan pada pertarungan ini perlunya upgrade dalam seluruh kabel yang lebih akbar, lalu perbarui solderan dalam seluruh kaki kompoen. Agar speaker aktif permanen awet.
B. SPEAKER AKTIF IC MUDAH MATI
Kedua terjadi pada speaker aktif yg memakai ic sebagai amplifiernya. Ini tak jarang rusak pada bagian ic. Apabila dipandang secara akurat memang dalam bagian heatsing cukup minim sebagai akibatnya wajar bila terjadi kerusakan pada amplifier. Tidak hanya terjadi dalam amplifiernya saja namun pula terjadi pada power suplay yg menggunakan SMPS. Apabila memperbaiki smpsnya saja, umumnya akan cepa sekali rusak.
Untuk menangnai perkara speaker aktif menggunakan jenis ini, lebih simple menurut yg menggunakan ampli ocl 150.
1.jika ingin awet dalam bagian amplifiernya tambai heatsing.
2.pada bagian SMPS diganti menggunakan trafo.
Memang pada penerapan dalam menggunakan trafo agak lebih ribet tetapi akan lebih lumayan awet daripada memeperbaiki smps secara normal.
Selain itu, kita wajib memberitahukan penggunaan speaker aktif sinkron menggunakan normalnya. Misalnya pada satu insiden ada seseorang user bolak-pulang ke bengkel saya, lantaran speaker aktif rusak lagi serta lagi ternyata sehabis aku selidiki, user tadi memakai speaker aktif untuk menyuplay beberapa speaker tambahan. Ya jelas mudah sekali cepat rusak wong nir sinkron dengan kemampuan spesifikasi speaker aktif tersebut.
 Kemudian arahan dalam instalasi, yaitu ketika menyambung speaker jangan hingga kabel out sepeker + terhubung menggunakan ground. Lantaran speaker aktif waktu dalam keadaan menyala saat out spk terhubung ground transistor final akan jebol.
Itulah tips supaya memperbaiki speaker aktif permanen awet. Semoga berguna!!!

Comments