TIPS MUDAH AGAR PEPES BUATANMU LEBIH AWET ALIAS TAK GAMPANG BASI

Kalau Anda orang Jawa atau Sunda, niscaya sudah familier sekali dengan kuliner benama pepes. Bahan primer masakan ini umumnya merupakan ikan.
Adapun jenis ikan yg dipakai boleh disesuaikan kesukaan. Pasalnya semua jenis ikan mampu diolah menjadi pepes, baik itu ikan bahari juga ikan tawar.
Cara membuat pepes juga cukup mudah. Di beberapa kesempatan CARA FLEXI juga sudah mengulas beberapa macam resep pepes ikan.

Lantaran kuliner ini banyak mengandung air, tak heran apabila pepes lebih mudah basi. Tapi, ada loh beberapa cara yang dapat ditempuh ketika mengolah pepes supaya lebih awet alias tidak gampang basi.
Mau memahami? Yuk simak pelejalasan berikut adalah!
1. Matang sempurna

Lantaran bahan primer pepes merupakan ikan yg notabene mudah busuk, jadi saat memasak, Anda wajib memasak hingga matang paripurna. Caranya, pakai barah kecil-sedang saja saat mengukus pepes. Dengan begitu, taraf kematangan ikan pepes akan lebih sempurna.
2. Menumis bumbu

Saat menciptakan pepes, biasanya bumbu yg telah dihaluskan yang nantinya akan diselimutkan pada ikan tidak ditumis terlebih dahulu.
Tapi, cobalah menumis bumbu pepes terlebih dahulu sampai matang. Dengan begitu, pepes ikan akan menjadi lebih awat atau tahan lama .
3. Kurangi kadar airnya

Agar tak lekas basi, sehabis dikukus hingga matang paripurna, kadar airnya harus dikurangi terlebih dahulu. Jika kadar air terlalu banyak, maka pepes ikan sebagai lebih mudah basi. Cara yang paling mudah buat mengurangi kadar airnya adalah menggunakan membakarnya. Bakar pepes hingga daun pisang yang dijadikan sebagai pembungkusnya kering.
Nah, mudah kan? Semoga berguna!

Comments